Bukan Cuma Kebanyakan Makan, Ternyata 7 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Bikin Gendut

Foto: Bukan Cuma Kebanyakan Makan, Ternyata 7 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Bikin Gendut



Beberapa kebiasaan sederhana yang kerap dilakukan setiap hari ini ternyata tanpa disadari bisa membuat berat badan bertambah. Yuk, cari tahu dan jangan dilakukan lagi.

Kanal247.com - Berat badan ideal memang menjadi keinginan banyak orang. Bahkan tak sedikit yang akhirnya melakukan usaha keras demi mendapatkan berat badan idaman.

Baca juga ...

Mulai dari olahraga hingga menjaga pola makan dilakukan demi mendapatkan berat badan yang diinginkan. Namun, ternyata beberapa kebiasaan sehari yang tanpa disadari membuat berat badan bertambah lho.


Apa saja? Cari tahu di sini, yuk!

1. Tidur Terlalu Malam dan Terlalu Sering Bergadang

Tidur Terlalu Malam dan Terlalu Sering Bergadang unsplash

Tidur cukup tidak hanya bertujuan untuk mengembalikan energi dengan baik keesokan harinya, namun ternyata membantu perut tetap kencang lho. Penelitian membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari 8 jam sehari mempunyai berat badan mencapai 2,5 lebih tinggi dibandingkan yang tidur 6-8 jam sehari. Untuk kamu yang mempunyai kesulitan tidur, bisa mencoba mengatasinya dengan cek artikel di sini. Meski begitu, tidur lebih dari 8 jam sehari juga tidak baik untuk kesehatan, lho. Cek dampak bahayanya di sini, deh.

2. Air Minum Tak dalam Jangkauan

Air Minum Tak dalam Jangkauan

Penelitian menyebutkan jika 60% orang tidak bisa membedakan antara haus dan lapar, lho. Sehingga, lebih baik memastikan untuk menyediakan air mineral dalam jangkauan setiap waktu. Kamu juga bisa memilih teh yang tidak mempunyai banyak kalori. Teh dipercaya bisa mengatasi rasa lapar, lho. Air mineral selalu ada dalam jangkauan juga memungkinkan untuk minum lebih banyak. Minum air mineral cukup baik banget untuk kesehatan.

3. Terlalu Lama Duduk

Terlalu Lama Duduk unsplash

Terlalu lama duduk tanpa bergerak berjam-jam bisa membuat tubuh menjadi gendut, lho. Pasalnya, tubuh kita tidak bergerak sama sekali sehingga memungkinkan lemak mengendap lebih cepat. Orang yang terlalu lama duduk tanpa menggerakkan badan apa pun bahkan disebut-sebut bisa menyimpan 100 kalori dalam tubuh setiap harinya nih. Pastikan untuk bergerak setiap jam dan tidak sekedar duduk ketika kerja atau melakukan kegiatan lain, ya.

4. Selalu Gunakan Lift

Selalu Gunakan Lift

Ketika berada di mal atau gedung dengan lantai tinggi, banyak orang memilih untuk menggunakan lift agar menghemat waktu. Ini adalah kebiasaan yang membuat kita akhirnya malas bergerak, nih. Kalori dari makanan yang kita konsumsi tidak akan hilang dengan cepat jika selalu memilih menggunakan lift. Elevator pun juga mempunyai dampak sama. Meski begitu, elevator masih memungkinkan kita bergerak jika menggunakannya seperti tangga biasa. Yuk, coba.

5. Olahraga Kala Perut Kosong

Olahraga Kala Perut Kosong unsplash

Olahraga memang menjadi cara untuk menurunkan berat badan, namun jika dilakukan kala perut kosong hasilnya justru kebalikannya nih. Makan sebelum berolahraga justru membantu tubuh menghindari kehilangan massa otot, tetapi juga memiliki banyak energi untuk berolahraga. Sehingga, selepas berolahraga kamu nggak akan kalap atau mengonsumsi makanan lebih banyak daripada biasanya. Nah, kalau perut kosong otomatis membuat kita makan lebih banyak usai olahraga. Sama saja bohong, deh.

6. Suka 'Rapel' Waktu Makan

Suka 'Rapel' Waktu Makan unsplash

Menggabungkan waktu makan akan membuat berat badan lebih cepat naik, lho. Misalnya menggabungkan waktu sarapan dan makan siang. Itu bukan cara yang benar untuk diet. Menggabungkan waktu makan justru akan membuat kita mengonsumsi lebih banyak dibandingkan seharusnya karena tubuh merasa sangat lapar. Lebih baik makan 3 kali sehari dengan porsi kecil saja atau diatur kalori yang dikonsumsi agar diet berhasil.

7. Terlalu Banyak Pikiran Hingga Stres

Terlalu Banyak Pikiran Hingga Stres unsplash

Stres ternyata bisa memicu berat badan naik, lho. Pasalnya, ketika stres dapat mengacaukan tubuh sehingga membuat lebih sering lapar. Meski tidak selalu makan besar, kebanyakan orang mengatasi rasa lapar akibat stres tersebut dengan mengonsumsi camilan. Ingat, camilan mempunyai kalori tinggi yang memungkinkan untuk menaikkan berat badan lho.

Jadi, penting untuk berusaha menjaga kesehatan mental dengan baik agar jangan sampai stres. Apalagi di tengah pandemi virus corona seperti saat ini. Coba deh ikuti langkah-langkah di sini untuk menghindari stres.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel