Ikuti 7 Langkah Pamungkas Ini Demi Hindari Stres Selama Karantina Diri Kala Pandemi Corona

Foto: Ikuti 7 Langkah Pamungkas Ini Demi Hindari Stres Selama Karantina Diri Kala Pandemi Corona unsplash
WowKeren dan Kanal247


Beberapa langkah pamungkas ini untuk menghindari stres dan tetap membuat kesehatan mental terjaga dengan baik meski melakukan karantina diri di rumah selama pandemi virus corona.

Kanal247.com - Stres memang bisa menghampiri seseorang dalam waktu yang tidak bisa dipastikan. Masa karantina diri di rumah karena pandemi virus corona tentu menjadi salah satu yang mudah membuat sebagian orang stres.

Baca juga ...

Kegiatan yang berubah drastis bahkan hilang membuat banyak orang mempunyai waktu lebih banyak memikirkan hal-hal tertentu. Sehingga, membuat stres muncul tanpa aling-aling.


Namun, tampaknya stres dan kesehatan mental tetap terjaga selama karantina diri bisa dihalau dengan cara sederhana. Ikuti cara di bawah ini, yuk!

1. Jangan Ragu Ucapkan Emosi yang Dirasakan

Jangan Ragu Ucapkan Emosi yang Dirasakan unsplash

Ketika merasa sedih, cemas, gelisah, atau sebagainya jangan pernah ragu untuk mengungkapkannya secara langsung. Tak harus kepada orang lain, cukup kepada diri sendiri. Penelitian menyebutkan, ketika seseoran memberikan "nama" atas emosi yang dirasakan membantu lebih baik.

Ketika berkata "aku sedih" ketika perasaan itu muncul, maka kesedihan akan berkurang. Memang tidak mudah jika perasaan campur aduk, namun dengan mencoba bisa membantu. Ingin buktikan sendiri?

2. Ketika Muncul Kengerian Efek Corona, Coba Pikirkan Sebaliknya

Ketika Muncul Kengerian Efek Corona, Coba Pikirkan Sebaliknya unsplash

Dampak yang ditimbulkan virus corona memang mengerikan, mulai dari kehilangan pekerjaan hingga kematian. Namun, terlalu memikirkan dampak negatif dari virus corona bukanlah hal yang patut dilakukan.

Cobalah untuk belajar memikirkan sisi positif, misalnya polusi menjadi berkurang drastis, mempunyai banyak waktu dengan keluarga karena karantina diri di rumah, dan mencoba kegiatan baru di tengah pandemi. Yuk, berpikir positif!

3. Saat Merasa Sedih, Cari Hal yang Bisa Bikin Kamu Bahagia

Saat Merasa Sedih, Cari Hal yang Bisa Bikin Kamu Bahagia unsplash

Terkadang, rasa sedih bisa tiba-tiba muncul menghampiri bukan? Ketika sedih, jangan biasakan untuk membuka media sosial karena itu justru akan membuat perasaanmu semakin buruk.

Lebih baik pikirkan hal-hal yang biasanya membuatmu bahagia. Tak perlu yang heboh, sederhana saja. Misalnya memilih memutar lagu-lagu ceria favoritmu, mencoba makanan yang kamu suka, atau lebih baik tidur. Terdengar asyik, kan?

4. Kala Malas Tiba-tiba Melanda, Janjikan Diri Kerjakan 10 Menit Saja

Kala Malas Tiba-tiba Melanda, Janjikan Diri Kerjakan 10 Menit Saja unsplash

Pernah mendengar jika paksaan bisa menjadi kebiasaan? Itulah yang dimaksud dengan memaksa diri melakukan pekerjaan selama 10 menit saja. Ketika kamu tiba-tiba malas namun masih harus kerja dari rumah, coba pikirkan "aku cuma akan kerja 10 menit, setelah itu istirahat".

Ucapan itu semacam membantumu untuk memaksa diri bekerja. Setelah 10 menit, bisa jadi kamu akan tetap bekerja lantaran sayang karena sudah setengah jalan. Bisa juga kamu memang akan istirahat sejenak. Hal terpenting, kamu berani mencobanya. Kamu keren!

5. Belajar Beri Waktu Khusus Khawatirkan Segala Hal

Belajar Beri Waktu Khusus Khawatirkan Segala Hal unsplash

Rasa khawatir dan cemas karena pandemi virus corona memang tidak bisa dihindarkan. Apalagi setiap harinya muncul banyaknya orang yang berpulang karena virus corona. Namun, khawatir sepanjang waktu tentu tidak ada fungsinya bagi kehidupanmu bahkan orang lain.

Tidak pernah ada salahnya khawatir, kok. Tidak ada salahnya juga membuat waktu khusus mengkhawatirkan sesuatu. Misalnya saja kamu memilih 10-15 menit waktu dalam sehari untuk mengkhawatirkan segala hal. Setelah waktu habis, kamu harus berjanji tidak memikirkannya lagi. Banyak yang akhirnya berhenti khawatir karena tidak mendapatkan jawaban apa pun dan memilih bertahan serta melakukan kegiatan lain. Tertarik?

6. Jangan Hanya Kritik Orang Tak Peduli Corona, tapi Lakukan Usaha Maksimal

Jangan Hanya Kritik Orang Tak Peduli Corona, tapi Lakukan Usaha Maksimal unsplash

Saat pandemi virus corona seperti sekarang, tentu mudah bagi kita membenci orang-orang yang tampak tidak peduli. Seperti mengabaikan pemerintah, tak menggunakan masker, tetap berkeliaran di luar rumah, dan sebagainya. Mengkritik orang-orang tidak membantu apa pun, lho.

Lebih baik kamu menjadi salah satu yang berusaha maksimal menghentikan virus corona. Bisa jadi apa yang kamu lakukan dicontoh oleh banyak orang di sekitarmu, sehingga tak ada lagi yang memandang remeh virus corona. Jangan lupa juga untuk sering memberikan semangat kepada semua orang. Suntikan semangat akan membuat kita lebih bahagia di tengah pandemi corona, setuju?

7. Berhenti Merasa Situasi Tidak Adil, Mulai Ucapkan Syukur

Berhenti Merasa Situasi Tidak Adil, Mulai Ucapkan Syukur unsplash

COVID-19 memang membuat banyak orang kehilangan banyak hal. Suntuk di rumah hingga kehilangan pekerjaan bisa didapatkan banyak orang saat ini. Meski begitu, berusaha untuk tidak menyalahkan keadaan adalah hal yang diperlukan.

Semakin kita merasa keadaan menyulitkan, kita justru akan semakin terpuruk dan sedih. Coba buat daftar hal-hal yang patut kamu syukuri selama pandemi virus corona ini berlangsung. Hal paling pertama tentu rasa syukur karena diberikan kesehatan. Semakin kita bersyukur, pandemi virus corona akan lebih mudah dijalani walau sebenarnya sulit.

Gimana? Siap mempraktikkan hal-hal di atas untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona? Coba juga belajar untuk lebih hemat selama karantina diri di rumah, ya? Caranya cukup mudah, ikuti tipsnya di sini ya!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel