Puasa #diRumahAja Jangan Cuma Tidur, 7 Masalah Kesehatan Ini Bisa Menimpa

Foto: Puasa #diRumahAja Jangan Cuma Tidur, 7 Masalah Kesehatan Ini Bisa Menimpa unsplash
WowKeren dan Kanal247


Terlalu banyak tidur selama #dirumahaja ternyata bukanlah langkah yang benar lantaran justru menimbulkan banyak permasalahan kesehatan hingga berujung kematian.

Kanal247.com - Tidur memang hal yang dibutuhkan oleh manusia setiap harinya. Setiap manusia disarankan untuk tidur setidaknya 8 jam sehari untuk memulihkan energi mereka.

Baca juga ...

Namun, ternyata terlalu lama tidur mempunyai dampak buruk tak kalah seram dibandingkan kurang tidur. Terlalu banyak tidur disebut-sebut sebagai "peringatan" tubuh jika ada yang salah dengan kondisinya.


Berikut adalah dampak-dampak buruk orang-orang yang terlalu lama tidur sekitar lebih dari 10 jam setiap harinya.

1. Daya Konsentrasi Berkurang dan Suka Lupa

Daya Konsentrasi Berkurang dan Suka Lupa unsplash

Studi pada tahun 2012 menemukan bahwa diantara wanita usia lanjut, tidur terlalu lama memperburuk fungsi otak pada jangka waktu 6 tahun. Hal ini membuat konsentrasi kita akhirnya berkurang hingga cenderung suka lupa.

Tidur panjang yang kronis bisa membuat otak menjadi lebih dua tahun dari usia sebenarnya, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society. Mau?

2. Berat Badan Lebih Mudah Naik Hingga Obesitas

Berat Badan Lebih Mudah Naik Hingga Obesitas unsplash

Dilansir dari laman lifestyle.kompas.com, banyak studi menunjukkan, bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung kelebihan berat badan atau obesitas. Ternyata, risiko ini tidak cuma terkait dengan kurang tidur. Kelebihan tidur juga bisa memicu risiko serupa.

Teori mengatakan, jika Anda terlalu lama tidur, Anda menjadi lebih sedikit bergerak dan metabolisme juga jadi lebih lambat, sehingga tubuh jadi lebih mudah menyimpan lemak. Ingat, kelebihan berat badan memunculkan banyak penyakit mematikan.

3. Suasana Hati Jadi Mudah Berubah-ubah Hingga Depresi

Suasana Hati Jadi Mudah Berubah-ubah Hingga Depresi unsplash

Kamu merasa suasana hatimu berubah-ubah dengan cepat? Bisa jadi salah satu alasannya adalah kamu tidur terlalu lama, nih. Banyak studi yang mempelajari masalah ini, bahkan para ahli menyebutkan 15% penderita depresi suka tidur terlalu lama.

Beberapa di antaranya menyatakan penderita depresi cenderung tidur lebih lama daripada orang normal. Sayangnya, tidur terlalu lama juga memperburuk masalah depresi orang tersebut. Ngeri!

4. Perubahan Hormon Hingga Akan Sulit Hamil

Perubahan Hormon Hingga Akan Sulit Hamil

Terlalu lama tidur, ternyata sangat mempengaruhi hormon wanita. Perubahan hormon ini akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak beraturan. Tahun 2013 lalu, sebuah tim riset asal Korea menganalisis kebiasaan tidur pada 650 wanita yang mengikuti perawatan kesuburan.

Hasilnya, jumlah kehamilan tertinggi ditemukan pada kelompok wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan jam per malam, dan terendah pada kelompok wanita yang tidur lebih dari sembilan jam. Waktu tidur memang mempunyai pengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

5. Kemungkinan Terserang Diabetes Lebih Tinggi

Kemungkinan Terserang Diabetes Lebih Tinggi

Tak hanya keturunan, masalah diabetes bisa menyerang seseorang yang mempunyai waktu tidur terlalu lama. Dalam sebuah penelitian dari Quebec, tim riset menemukan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari delapan jam per malam memiliki risiko terkena diabetes tipe dua dibanding mereka yang lebih singkat waktu tidurnya. Risiko ini bisa semakin tinggi ketika kamu mempunyai keturunan penderita diabetes juga.

6. Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung

Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung unsplash

Menurut riset yang dilakukan oleh American College of Cardiology tahun 2012 lali, tidur lebih dari delapan jam per malam mempunyai kaitan dengan meningkatnya resiko masalah jantung. Riset itu mengumpulkan lebih dari 3000 orang dan menemukan bahwa mereka yang tidur lama memiliki resiko terkena angina dua kali lebih banyak.

Sebuah penelitian Studi Kesehatan Perawat melibatkan sekitar 72.000 wanita. Analisis tersebut memperlihatkan bahwa dari wanita yang tidur 9-11 jam per malam, 38% di antaranya akan menderita penyakit jantung koroner, dibandingkan wanita yang tidur 8 jam per malam. Namun, para peneliti belum bisa mengidentifikasi alasan atas hubungan penyakit jantung dengan terlalu banyak tidur

7. Memungkinkan Adanya Risiko Kematian Dini

Memungkinkan Adanya Risiko Kematian Dini unsplash

Dirangkum dari 16 studi berbeda pada tahun 2010, riset menunjukkan ada peningkatan resiko kematian lebih awal, dari keseluruhan kasus, pada mereka yang tidur terlalu sedikit atau terlalu banyal. Tidur lebih dari 8 jam per malam diasosiasikan dengan 1,3 kalo resiko kematian lebih banyak diantara 1.382.999 partisipan.

Waduh, ngeri banget ya ternyata dampak dari terlalu banyak tidur setiap harinya. Usahakan untuk tidur sekitar 7-8 jam sehari, ya. Agar tidak ingin tidur terus selama karantina diri di rumah, kamu bisa mencoba membaca beberapa karya dari penulis novel romantis best seller. Karyanya terbukti keren! Cek siapa penulis best seller tersebut di sini, yuk!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel