7 Cara Ini Efektif Atasi Insomnia, Mudah Banget!

Foto: 7 Cara Ini Efektif Atasi Insomnia, Mudah Banget! unsplash
WowKeren dan Kanal247


Beberapa langkah mudah ini bisa dilakukan setiap hari untuk menghindarkan dari bergadang dan bisa membantu menyembuhkan insomnia. Yuk, coba buktikan cara di sini.

Kanal247.com - Insomnia atau penyakit sulit tidur memang terkadang mengganggu banyak orang. Apalagi jika tidak bisa tidur hingga tengah malam padahal perlu bangun pagi karena pekerjaan atau bahkan sekolah.

Baca juga ...

Ternyata banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan insomnia tanpa ribet. Cara-cara menyembuhkan insomnia dapat dilakukan setiap hari dan bermanfaat, lho.


Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia? Cek di sini, ya!

1. Berusaha Lakukan Banyak Kegiatan agar Merasa Lelah

Berusaha Lakukan Banyak Kegiatan agar Merasa Lelah unsplash

Salah satu cara termudah untuk lebih cepat tidur adalah mempunyai kegiatan melelahkan setiap harinya. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan setiap hari, tubuh aka menjadi mudah lelah dan letih. Sehingga, otomatis tubuh akan berusaha untuk memulihkan diri yakni dengan mengantuk. Tidur adalah cara ampuh untuk memulihkan tenaga, bukan?

2. Mandi Air Hangat Bantu Relaksasi

Mandi Air Hangat Bantu Relaksasi unsplash

Mandi air hangat sangat membantu untuk membuat kita mudah mengantuk, lho. Mandi air hangat sebelum tidur akan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Otot-otot tegang juga akan hilang dengan mandi air hangat sebelum tidur, lho. Jika tubuh lebih rileks dipercaya membantu untuk membuat kita tidak terlalu banyak berpikir. Terlalu banyak pikiran itu alasan terkena insomnia, lho.

3. Naik ke Tempat Tidur Lebih Cepat

Naik ke Tempat Tidur Lebih Cepat unsplash

Cara lain untuk menyembuhkan insomnia yakni dengan berusaha untuk mengembalikan jam biologis tubuh kita. Kamu bisa mencoba siap tidur di waktu yang lebih cepat dibandingkan biasanya. Berbaring lebih cepat akan membantu untuk lebih mudah terlelap juga. Lakukan setiap hari, setidaknya 2 minggu berturut-turut untuk mengembalikan jam tidur biologis tubuhmu.

4. Matikan atau Jauhkan Gadget

Matikan atau Jauhkan Gadget unsplash

Tahukah kamu, ternyata radiasi dari gadget itu membuat tidur kita menjadi terganggu. Sehingga, biasakan untuk tidak menyentuh gadget apa pun ketika akan tidur. Laptop, ponsel, dan lainnya patut diletakkan jauh dari tubuh agar lebih nyenyak. Kalau perlu matikan gadget sebelum tidur. Toh, saat tidur gadget tidak akan digunakan bukan. Sulit memang, tapi kalau menyembuhkan insomnia kenapa tidak?

5. Baca Buku Sulit Dipahami atau Dengarkan Lagu Klasik

Baca Buku Sulit Dipahami atau Dengarkan Lagu Klasik unsplash

Jika tak kunjung tidur meski sudah menjauhkan gadget, kamu tentu akhirnya tergoda untuk bermain ponsel bukan? Jangan dilakukan! Ganti pikiran tersebut dengan membaca buku, deh. Kalau bisa bukunya yang tidak begitu kamu suka hingga akan lebi cepat mengantuk. Atau bisa juga dengan mendengarkan lagu-lagu klasik, kamu bisa memutar dari ponsel walau jaraknya jauh kok. Lagu klasik akan membantu untuk lebih rileks dan tidur lebih nyenyak, lho.

6. Hindari Kafein serta Perbanyak Sayur dan Buah

Hindari Kafein serta Perbanyak Sayur dan Buah unsplash

Kalau sudah tahu jika sulit tidur, pastikan untuk benar-benar menghindari kafein. Entah itu teh, kopi, atau bahkan makanan dan minuman lain yang mengandung kafein. Seperti yang kita tahu, kafein justru akan membantu lebih "melek". Pilih makanan yang lebih bernutrisi, perbanyak makan sayur dan buah ternyata membantu kita untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus lho.

7. Minum Teh Berkhasiat Atasi Insomnia

Minum Teh Berkhasiat Atasi Insomnia unsplash

Minum teh biasa memang dilarang, namun jika teh tersebut tidak mengandung kafein atau terbuat dari bunga boleh. Ada beberapa jenis bunga yang bisa dibuat teh dan sangat membantu untuk mengatasi insomnia. Teh yang terbuat dari bunga akan membantu lebih rileks dan membuat mengantuk seketika. Rasanya bahkan enak, lho! Juga mempunyai banyak khasiat baik untuk tubuh. Cek beberapa teh yang bisa kamu minum sebelum tidur di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel