Enak Berkhasiat, 7 Teh Ini Bisa Atasi Insomnia Sekaligus Bantu Tidur Nyenyak

Foto: Enak Berkhasiat, 7 Teh Ini Bisa Atasi Insomnia Sekaligus Bantu Tidur Nyenyak unsplash



Beberapa teh yang berasal dari bunga hingga rempah-rempah ini dapat membantu mengatasi insomnia dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak, rasanya enak lho!

Kanal247.com - Susah tidur atau insomnia memang suatu penyakit yang ingin disembuhkan oleh banyak orang. Pasalnya, kurang tidur memang bisa menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga ...

Obat untuk mengatasi insomnia pun banyak dicari oleh banyak orang. Salah satu yang dipercaya dapat mengatasi insomnia yakni beberapa jenis teh.


Apa saja teh yang dapat mengatasi insomnia bahkan bisa membantu tidur lebih nyenyak? Cek di sini, ya!

1. Teh Kayu Manis

Teh Kayu Manis unsplash

Cinnamon atau kayu manis mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk tubuh, salah satunya yakni mengatasi insomnia. Selain itu kayu manis juga dapat mengatur gula darah, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebaiknya.

Kamu bisa menyeduh 2-3 tangkai kayu manis ukuran kecil dalam satu cangkir. Satu cangkir teh kayu manis akan membantu tidur lebih cepat dan dipercaya membuat kualitas tidur lebih baik, lho.

2. Teh Bunga Chamomile

Teh Bunga Chamomile

Chamomile dikenal sebagai bunga yang bisa membantu tidur. Seduhan teh chamomile bisa membantu mengatur pola tidur.

Minum teh chamomile 30 menit sebelum tidur akan menimbulkan efek menenangkan. Chamomile pun bekerja sebagai antiinflamasi yang bisa meredakan radang tenggorokan, lho. Tenang, kamu tidak harus mencari bunganya. Saat ini sudah banyak produk teh chamomile yang bisa dipilih.

3. Teh Bunga Lavender

Teh Bunga Lavender

Bunga lavender memang dipercaya memberikan ketenangan. Wanginya yang enak membuat lavender kerap dijadikan parfum. Ternyata, bunga lavender juga bisa dikonsumsi sebagai teh.

Satu cangkir teh lavender dapat membantu meringankan tubuh, pikiran dan membuat mudah tertidur. Teh lavender juga bisa diaplikasikan di dada untuk membantu meringankan efek bronkitis, asma, dan pilek.

4. Teh Peppermint

Teh Peppermint

Minum teh peppermint sebelum tidur dapat membantu tidur lebih baik, terutama ketika sedang sakit perut atau mual. Teh peppermint juga dikenal sebagai teh anti-stres dan mengandung sifat anti-inflamasi yang bisa menenangkan otot dan membuatm tubuh menjadi lebih tenang serta meringankan pikiran.

Aroman teh peppermint yang harum dapat membantu pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, juga membuat lebih segar dan mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bugar. Teh peppermint juga dapat juga membantu memaksimalkan gaya hidup sehat, lho.

5. Teh Lemon Balm

Teh Lemon Balm

Sekilas, lemon balm terlihat mirip dengan daun mint karena memang berada dalam satu rumpun yang sama. Dedaunan herbal ini biasa digunakan untuk mengatasi insomnia dan kecemasan yang mengganggu kualitas tidur.

Komposisi dalam teh lemon balm dapat mengurangi stres dan membuat otot rileks, sehingga kamu akan tidur dengan lebih nyenyak. Teh ini bisa kamu kombinasikan dengan bunga chamomile dan lavender untuk rasa yang lebih enak, nih.

6. Teh Bunga Passion atau Passionflower

Teh Bunga Passion atau Passionflower

Teh ini dibuat dari kelopak bunga passionflower yang telah dikeringkan. Teh ini biasanya punya warna hijau pucat atau sedikit keunguan. Rasanya seperti sayuran, manis, serta memiliki wangi yang harum.

Teh passionflower mengandung flavone, yakni zat yang bisa menenangkan dan merelaksasi otot. Penelitian menyebutkan, orang yang minum teh passionflower setiap hari selama seminggu secara signifikan memiliki kualitas tidur yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh herbal ini.

7. Teh Serai

Teh Serai

Serai ternyata tidak hanya digunakan untuk memasak saja, lho. Serai juga bisa dijadikan teh yang bisa membantu mengatasi insomnia. Teh lemongrass alias serai adalah teh herbal yang ampuh memancing hormon yang membuat tubuh jadi mengantuk.

Hormon serotonin juga akan terpancing saat kamu minum teh serai. Hormon serotonin merupakan hormon yang bisa meningkatkan mood bahagia. Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2009, terbukti bahwa teh serai membantu meregulasi siklus tidur, meningkatkan kualitas tidur, dan membuat lebih lelap. Teh serai bisa kamu kombinasikan dengan kayu manis, jahe, dan jeruk nipis untuk membuat rasanya lebih enak.

Nah, semoga teh-teh di atas bisa kamu coba dan menyembuhkan insomnia ya. Eiiitss, tapi jangan kebanyakan tidur juga ya. Terlalu banyak tidur justru menunjukkan ada yang salah dengan tubuhmu. Cek dampak tidur lebih dari 10 jam sehari di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel