7 Makanan Ini Ternyata ‘Sumber’ Perut Buncit, Apa Saja?

Foto: 7 Makanan Ini Ternyata ‘Sumber’ Perut Buncit, Apa Saja? unsplash



Ternyata beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari ini bisa menjadi sumber masalah perut buncit. Apa saja makanan-makanan yang harus diawasi ini? Cek di sini, ya.

Kanal247.com - Perut buncit memang menjadi masalah sebagian orang. Hal tersebut tentu bisa membuat tingkat kepercayaan diri berkurang lantaran merasa lebih berisi.

Baca juga ...

Ternyata, beberapa makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi penyebab perut buncit. Sehingga, harus selalu mendapatkan pengawasan jika tidak ingin berakhir dengan perut buncit.


Apa saja makanan-makanan tersebut? Yuk, pastikan awasi ketika mengonsumsinya.

1. Junk Food Memang Selalu Jadi Sumber Banyak Penyakit, Deh!

Junk Food Memang Selalu Jadi Sumber Banyak Penyakit, Deh! unsplash

Makanan cepat saji alias junk food memang tidak diperkenankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, banyak sekali penyakit yang ditimbulkan karenanya. Mulai dari perut buncit hingga penyakit serius seperti diabetes hingga gagal jantung.

Ingat, sesuai namanya junk food yang berartikan "makanan sampah". Sebutan tersebut dibuat karena junk food biasanya dibuat dari bahan-bahan makanan murah seperti seperti daging berlemak tinggi, biji-biji olahan, tambahan gula dan lemak. Junk food mengandung jumlah lemak yang besar, rendah serat, banyak mengandung garam, gula, zat aditif dan kalori tinggi tetapi rendah nutrisi, rendah vitamin, dan rendah mineral. Intinya satu: tak sehat!

2. Makanan dengan Lemak Tinggi Bisa Bikin Ukuran Celana Naik

Makanan dengan Lemak Tinggi Bisa Bikin Ukuran Celana Naik unsplash

Makanan lemak tinggi atau mengandung lemak jenuh tinggi seperti makanan yang digoreng, daging olahan, hingga es krim mudah sekali membuat perut buncit lho. Makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi memang enak bukan main, tapi dampaknya juga tidak bagus.

Meski begitu, bukan berarti harus dihindari sepenuhnya kok. Kamu tetap bisa mengonsumsi makanan lemak tinggi dengan kadar maksimal 13 gram atau sekitar 5-6 persen dari jumlah total kalori harian. Selamat menghitung, ya! Hehe.

3. Semua Jenis Olahan Susu Ternyata Bikin Buncit

Semua Jenis Olahan Susu Ternyata Bikin Buncit unsplash

Saat ini, produk olahan susu memang mudah sekali ditemui. Mulai dari susu botol, keju, mentega, yogourt, es krim, dan banyak lagi. Produk olahan susu ini ternyata bisa membuat perut buncit.

Susu bisa dibilang berkontribusi pada terbentuknya lemak perut tergantung pada jenisnya. Jenis susu yang mengandung banyak lemak seperti susu murni (tanpa tambahan bahan apa pun) dapat memicu penumpukan lemak sehingga membuat perut buncit. Susu kental manis juga membuat buncit karena mengandung gula tinggi. Jadi, jika ingin anti buncit meski minum susu silakan coba susu rendah lemak atau susu berbahan kacang seperti susu kedelai.

4. Soda dan Hampir Semua Minuman Olahan Bikin Buncit

Soda dan Hampir Semua Minuman Olahan Bikin Buncit unsplash

Sudah tahu kandungan dalam minuman olahan? Hampir semua minuman dalam botol atau kaleng itu mempunyai kandungan gula sangat tinggi.

Kadar gula yang terlalu tinggi, ketika masuk dalam tubuh akan meningkatkan lingkar pinggang kita alias perut menjadi buncit. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas mengonsumsi gula per hari adalah 50 gram gula. Terlalu banyak gula juga memungkinkan banyak penyakit mengerikan seperti obesitas hingga diabetes, lho. Ngeri!

5. Snack Favorit Bisa Jadi Masalah Perut Buncit

Snack Favorit Bisa Jadi Masalah Perut Buncit unsplash

Siapa suka snack? Memang enak banget, apalagi banyak sekali jenisnya. Mulai dari kripik kentang, ubi, tempe, hingga biskuit. Jenis makanan ini dapat memicu peradangan dalam tubuh, sementara lemak membandel pada perut erat kaitannya dengan peradangan.

Makanya, ketika makan snack kamu akan langsung merasa perut jadi lebih berisi dibanding sebelumnya. Jika memang ingin banget makan snack, usahakan mengimbangi dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Buah dan sayur akan membantu mengurangi lingkar perutmu, lho.

6. Makanan dengan Kandungan Tepung Tinggi Ternyata Banyak Lemak

Makanan dengan Kandungan Tepung Tinggi Ternyata Banyak Lemak unsplash

Makanan dengan kandungan tepung tinggi seperti roti ternyata sama sekali tidak cocok jika ingin diet. Makanan jenis ini justru menjadi salah satu sumber perut buncit. Pasalnya, makanan dengan tepung yang berwarna putih jika dikonsumsi secara terus menerus bisa menjadi lemak pada perut dan membuat perut buncit.

Jika ingin makan roti, mungkin kamu bisa mencari alternatif dengan memilih roti yang terbuat dari gandum. Roti yang terbuat dari gandum mempunyai lemak tidak terlalu tinggi.

7. Nasi Hingga Kacang-kacangan Juga Bisa Mengubah Lingkar Perut

Nasi Hingga Kacang-kacangan Juga Bisa Mengubah Lingkar Perut unsplash

Makanan berkalori tinggi seperti nasi hingga kacang-kacangan memang harus dibatasi banget ketika dikonsumsi. Apalagi untuk kamu yang ingin diet atau mengecilkan lingkar pinggang.

Namun, ketika mengurangi makanan dengan kalori tinggi pastikan untuk tidak terlalu berlebihan ya. Pasalnya, kalori yang dikonsumsi terlalu sedikit tubuhmu akan kekurangan nutrisi.

Nah, gimana sudah siap membatasi makanan yang membuat perut buncit di atas? Coba juga mencari tahu mengenai bahaya terlalu banyak minum air putih di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel