6 Cara Mudah dan Efektif Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Foto: 6 Cara Mudah dan Efektif Meningkatkan Metabolisme Tubuh
WowKeren dan Kanal247


Mau kurus? Yuk intip 6 cara gampang untuk meningkatkan metabolisme.

Kanal247.com - Metabolisme merupakan sebuah proses alami tubuh. Proses satu ini juga penting bagi kalian yang ingin memiliki masalah kenaikan berat badan.

Baca juga ...

Dalam tubuh seseorang, proses metabolisme memang tidaklah sama. Ada yang proses metabolismenya cepat, ada juga yang lambat. Namun, kalian dapat mengatur metabolisme tubuh dengan beragam cara, lho. Mulai dari makanan, pola diet, aktivitas fisik dan masih banyak lagi.


Ini dia 6 cara efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh kalian. Gampang dan mudah ditiru, lho. Yuk intip.

1. Perbaiki Waktu Tidur

Perbaiki Waktu Tidur

Bagi kalian yang ingin mempercepat metabolisme tubuh, jangan pernah sepelekan waktu tidur. Pasalnya, waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membakar kalori.

Selain itu, kondisi kurang tidur dapat memunculkan hormon ghrelin yang memicu rasa lapar. Maka, sebaiknya orang dewasa tidur selama 6-8 jam per hari.

2. Minum Teh Hijau

Minum Teh Hijau

Teh hijau terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4-5 persen berkat kandungan senyawa aktif catechin. Sebuah penelitian menerangkan bahwa jika seseorang meminum lima cangkir teh hijau setiap hari, kalian bisa meningkatkan pembakaran energi tubuh hingga 90 kalori.

Efeknya memang terbilang kecil dan mungkin hanya berlaku untuk sebagian orang, namun teh hijau mampu mengubah lemak yang tersimpan dalam tubuh menjadi asam lemak bebas. Hal itu dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10-17 persen.

3. Minum Kopi

Minum Kopi

Khasiat kopi memang sudah tidak diragukan lagi. Selain enak, minuman satu ini bermanfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh, lho.

Kafein dalam kopi terkenal dapat meningkatkan konsentrasi kita. Rupanya kandungan ini juga terbukti meningkatkan metabolisme seseorang secara temporer antara satu hingga 25 persen.

Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 400 miligram atau empat cangkir kopi per hari bagi kalian yang ingin mendapatkan khasiat ini. Namun, bagi yang hamil tidak disarankan untuk meminum lebih dari tiga cangkir per hari.

4. Perbanyak Asupan Protein

Perbanyak Asupan Protein

Jika kalian memiliki asupan protein yang cukup dalam tubuh dapat meningkatkan metabolisme hingga 35 persen. Protein terbukti tiga kali lebih efektif meningkatkan metabolisme tubuh dibandingkan karbohidrat dan lemak.

Konsumsi protein saat sedang diet juga dapat membantu kalian mengatasi rasa lapar berlebihan dan mencegah hilangnya massa otot. Maka, jangan potong asupan protein saat sedang diet, ya.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Air dibutuhkan dalam proses pembakaran kalori menjadi energi agar proses metabolisme pun bekerja dengan baik. Jika kalian kekurangan cairan atau yang dikenal dengan dehidrasi, maka hal itu akan mengambat proses metabolisme juga.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dewasa yang meminum delapan atau lebih gelas air putih per hari membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang hanya meminum empat gelas. Selain itu, meminum air putih sebelum makan akan membuat kalian lebih cepat kenyang, sehingga lebih mudah untuk mengontrol porsi makan.

6. Hindari Diet Cepat Tak Sehat

Hindari Diet Cepat Tak Sehat

Jika kalian saat ini tengah melakukan diet cepat atau ketat sebaiknya segera hentikan. Diet satu ini memang ampuh untuk menurunkan berat badan secara cepat, tetapi efeknya tentu buruk bagi tubuh.

Diet cepat hanya akan mengorbankan nutrisi yang baik untuk tubuh. Cara satu ini juga menghilangkan otot sehingga memperlambat proses metabolisme dalam tubuh.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...