7 Cara Alami Tak Terduga Ini Bisa Bantu Atasi Flu Tanpa Obat, Yuk Coba!

Foto: 7 Cara Alami Tak Terduga Ini Bisa Bantu Atasi Flu Tanpa Obat, Yuk Coba!



Tidak banyak diketahui oleh banyak orang, ternyata menyembuhkan flu bisa dilakukan tanpa mengonsumi obat-obatan. Beberapa cara alami ini bisa membantu mengatasi flu tanpa obat dan dokter, yuk coba.

Kanal247.com - Musim hujan memang mudah membuat seseorang terserang penyakit flu. Perbedaan suhu yang mudah berubah di musim hujan memang membuat banyak virus dan bakteri berkembang secara cepat. Tidak heran jika flu menjadi mudah menyerang.

Baca juga ...

Namun, ternyata menyembuhkan flu bisa dilakukan tanpa mengonsumsi obat-obatan lho. Pasalnya, meminum obat memang terkadang membuat kita menjadi mengantuk dan menghambat kegiatan sehari-hari. Cara-cara alami mengatasi flu bisa dipilih, lho.


Apa saja cara-cara sederhana mengatasi flu tanpa obat? Yuk, ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Sering Buang Ingus

Sering Buang Ingus

Setiap kita flu memang identik dengan pilek dan hidung tersumbat. Nah, ternyata sering membuang ingus bisa membantu mengatasi flu. Membuang ingus ternyata penting untuk membuang virus-virus dan mungkin bakteri yang ada di hidung.

Namun, ingat lakukan secara perlahan dengan bergantian, yakni tutup salah satu lubang hidung lalu sisikan, demikian pula sebaliknya. Jangan terlalu keras ketika membuang ingus lantaran justru tidak baik.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur dengan Kandungan Vitamin C

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur dengan Kandungan Vitamin C unsplash

Flu memang dipercaya muncul karena tubuh kekurangan vitamin C. Jadi ketika flu usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah yang mengandung vitamin C, ya.

Kandungan vitamin C buah-buah itu akan membantu menghilangkan flu. Selain itu kamu juga bisa diet sehat, karena buah tidak mempunyai banyak kalori. Tertarik?

3. Terapi Uap Air Hangat Rempah-rempah

Terapi Uap Air Hangat Rempah-rempah

Terapi uap rempah-rempah dipercaya bisa menyembuhkan flu sejak zaman dulu, lho. Caranya mudah cukup mencampurkan air panas dengan jahe, kunyit, atau kayu putih. Kemudiana, tuangkan semua campuran itu ke dalam baskom, kemudian menggunakan handuk sebagai tudung kepala dan dekatan wajah Anda ke baskom.

Jika tidak mempunyai bahan-bahan di atas, air panas saja juga sudah cukup lho. Uap rempah-rempah ini bisa membuatmu merasa lebih rileks juga, nih. Jadi bisa kamu lakukan kapan saja jika merasa stres.

4. Sering Kumur dengan Larutan Teh dan Garam

Sering Kumur dengan Larutan Teh dan Garam

Berkumur juga bisa membantu menyembuhkan flu, nih. Apalagi jika kumur-kumurnya menggunakan larutan teh yang dicampur dengan garam. Rutin berkumur dengan teh garam 4 kali sehari dipercaya meredakan flu bahkan batuk berdahak, lho.

Jika kamu merasa tenggorokan gatal kala flu, teh juga bisa membantu meredakan nih. Teh diketahui mempunyai kandungan tanin yang berfungsi mengencangkan membran. Teh bisa diminum sekalian, tenang untuk kasus tenggorokan gatal tak harus teh garam.

5. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan Air Hangat unsplash

Mandi dengan air hangat memang mempunyai banyak manfaat. Tak hanya membantu merilekskan otot-otot tegang, mandi air hangat juga membantu untuk meredakan flu.

Mandi air hangat bertujuan untuk menjaga tubuh terus hangat. Pasalnya, flu biasanya terjadi karena suhu dingin bukan? Nah, jangan minum air dingin juga ketika flu agar suhu tubuhmu tetap hangat, ya.

6. Tidur dengan Bantal Tinggi dan Istirahat Cukup

Tidur dengan Bantal Tinggi dan Istirahat Cukup unsplash

Sudah deh, paling penting ketika sakit adalah tidur dengan cukup setidaknya 8 jam per hari. Tidur cukup akan membantu tubuhmu menyembuhkan penyakit otomatis.

Ketika flu, kamu bisa menggunakan bantal lebih tinggi dari biasanya agar pilek tidak menyumbat hidung. Hal ini berfungsi agar pernapasan tidak terganggu. Sehingga, tidur akan lebih nyenyak.

7. Banyak Minum Air Putih, Usahakan Hangat

Banyak Minum Air Putih, Usahakan Hangat unsplash

Minum air putih sekitar 8 gelas sehari memang akan membantu tubuh lebih sehat, lho. Air putih akan membantu memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak minum air putih akan membantu mengencerkan dahak, atau ingus, sehingga tidak menyumbat hidung. Usahakan ketika flu minum air putih hangat dan tentu menghindari kafein agar cepat sembuh. Sederhana, bukan?

Jika kamu flu karena musim hujan tiba, pastikan makanan-makanan ini juga tidak dimakan ya. Bukan cuma flu yang bisa menyerangmu di musim hujan tapi penyakit lainnya. Apa saja makanannya? Cari tahu di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel