Waspada, Ternyata 7 Makanan Ini Lebih Baik Dihindari di Musim Hujan

Foto: Waspada, Ternyata 7 Makanan Ini Lebih Baik Dihindari di Musim Hujan https://www.travelandleisure.com/
WowKeren dan Kanal247


Beberapa makanan ini ternyata patut untuk tidak dikonsumsi ketika musim hujan lantaran mempunyai dampak kurang baik bagi kesehatan. Cari tahu alasannya di sini.

Kanal247.com - Musim hujan memang patut untuk membuat waspada bagi sebagian orang. Bukan hanya mudah terserang penyakit ketika terkena hujan. Namun, beberapa makanan pun ternyata tidak baik dikonsumsi saat hujan.

Baca juga ...

Makanan ini ternyata mempunyai dampak yang cukup menyeramkan jika dikonsumsi secara asal kala musim hujan. Penyakit mengerikan bahkan bisa dimunculkan jika mengonsumsi makanan itu.


Makanan apa yang lebih baik dihindari di musim hujan? Cari tahu di sini.

1. Soda Semakin Patut Dihindari Kala Musim Hujan

Soda Semakin Patut Dihindari Kala Musim Hujan unsplash

Sudah bukan rahasia lagi jika minuman bersoda membawa pengaruh tidak baik untuk kesehatan. Namun, di musim hujan efeknya bisa berkali-kali lipat.

Kala musim hujan, lambung disebut-sebut akan lebih sensitif. Sehingga, minuman bersoda yang keras bisa mengganggu pencernaan. Aktivitasmu tentu akan terganggu kan jika pencernaan tidak beres, mau?

2. Metabolisme Bakal Turun Jika Makan Fastfood

Metabolisme Bakal Turun Jika Makan Fastfood unsplash

Makanan cepat saji alias fastfood memang sangat enak dan mudah didapatkan. Bahkan dampak buruk yang bukan lagi rahasia tak membuat orang-orang berhenti makan fastfood.

Namun, harus berpikir ulang nih jika tidak ingin kekebalan tubuh menurun kala musim hujan gara-gara mengonsumsi fastfood. Pasalnya, akan menyebabkan penurunan metabolisme sehingga tubuh akan mudah terserang infeksi dan virus. Seram!

3. Pikir Ulang Jika Makan yang Digoreng

Pikir Ulang Jika Makan yang Digoreng unsplash

Suhu lingkungan kala musim hujan bisa mengakibatkan lambatnya pencernaan. Hal itu mengakibatkan makanan yang digoreng tidak cocok dikonsumsi kala musim hujan.

Makanan yang digoreng juga mengandung garam tinggi yang menyebabkan retensi (penahanan terus-menerus zat dalam tubuh yang secara normal seharusnya dikeluarkan) air. Diare dan perut kembung bisa jadi efek makanan gorengan di musim hujan.

4. Jajan Pinggir Jalan Semakin Seram Dikonsumsi Kala Musim Hujan

Jajan Pinggir Jalan Semakin Seram Dikonsumsi Kala Musim Hujan unsplash

Suka jajan di pinggir jalan? Agaknya, kebiasaan ini harus dihilangkan di musim hujan nih. Pasalnya, makanan pinggir jalan yang terpapar udara tentu rentan terkontaminasi oleh bakteri.

Saat musim hujan, disarankan memilih makanan segar dan dikonsumsi secara langsung. Hal ini bertujuan untuk menghindari udara lembab di musim hujan yang kerap "dihuni" bakteri.

5. Jus Buah Kaki Lima Juga Tidak Sehat

Jus Buah Kaki Lima Juga Tidak Sehat unsplash

Jus buah memang menyehatkan tapi jika beli di pinggir jalan? Udara lembab di musim hujan akan mudah membuat buah-buahan terkena bakteri.

Pasalnya, para penjual jus biasanya sudah mengupas buah-buahan sebelum dijadikan jus bukan? Duh, bikin jus di rumah saja deh. Lebih hemat dan sehat!

6. Seafood Kemungkinan Besar Tidak Segar

Seafood Kemungkinan Besar Tidak Segar unsplash

Udara lembab musim hujan juga membuat para pecinta makanan laut harus bersabar untuk tidak mengonsumsi, nih. Pasalnya, makanan laut alias seafood akan kurang segar ketika musim hujan.

Ketidaksegaran seafood ini akan mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan diare. Jangan coba-coba deh, ya!

7. Sayur Warna Hijau Menakutkan Jika Tidak Bersih Sempurna

Sayur Warna Hijau Menakutkan Jika Tidak Bersih Sempurna unsplash

Sayur-sayur berdaun hijau memang sangat banyak mengandung vitamin dan mineral. Namun, perlu diingat jika sayur-sayur berdaun hijau ini biasanya mengandung kotoran dan kelembaban tinggi sehingga rentan terkontaminasi bakteri.

Namun, jika kamu bisa memastikan jika mencucinya dengan sangat bersih maka tidak ada salahnya dikonsumsi. Jika tidak? Pilih sayur lain saja, ya.

Sudah siap meninggalkan makanan-makanan di atas? Eiiits, jangan lupa membawa benda-benda ini kala musim hujan. Bukan cuma payung dan jas hujan saja, benda-benda ini juga wajib. Apa saja? Cari tahu di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...