Anti Lemas, Ini 7 Trik Kuat Puasa Meski Tak Makan Sahur

Foto: Anti Lemas, Ini 7 Trik Kuat Puasa Meski Tak Makan Sahur healthline
WowKeren dan Kanal247


Jangan khawatir ketika tidak makan sahur akan menghalangi menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, yuk ikuti trik tetap kuat menahan lapar seharian di sini.

Kanal247.com - Puasa di bulan Ramadan memang diketahui adalah kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia. Menahan lapar lebih dari 10 jam sehari tentu bukanlah perkara yang mudah.

Baca juga ...

Makan sahur pun diharapkan akan membantu untuk mengurangi rasa lapar dan haus selama menjalani puasa. Sayang, terkadang banyak yang tidak bisa menyantap makanan sahur karena banyak hal.


Jangan khawatir, ternyata ada trik untuk tetap kuat puasa meski tidak sahur. Coba ikuti tips-tips di bawah ini ya!

1. Semangati Diri Sendiri dengan Pikirkan Manfaat Puasa

Semangati Diri Sendiri dengan Pikirkan Manfaat Puasa instagram

Seperti yang kita tahu, bahwa ibadah puasa adalah kewajiban masing-masing orang dan langsung dipertanggungjawabkan kepada Sang Pencipta. Ketika kamu merasa lapar karena tidak sahur, coba ingatkan diri sendiri mengenai kewajiban puasa. Memikirkan jika batal puasa maka harus membayar di bulan lain cukup membantu, lho.

Coba juga memikirkan manfaat-manfaat luar biasa yang kamu dapatkan karena tetap bertahan menahan lapar hingga waktunya berbuka. Pahala selama menjalankan puasa di depan mata, lho.

2. Mandi Air Dingin Akan Membuat Tubuh Lebih Segar

Mandi Air Dingin Akan Membuat Tubuh Lebih Segar unsplash

Mandi menggunakan air dingin dipercaya akan langsung membuat tubuh kita terasa lebih segar secara otomatis, lho. Kamu bisa menyegarkan diri dengan mandi ketika merasa mulai tidak kuat menahan lapar.

Eiiiits, namun jangan terlalu sering mandi juga ya. Mandi berulangkali akan membuat kulit kering, lho. Mandi 3-5 menit sudah cukup untuk membuat tubuhmu kembali segar dan tidak lemas.

3. Tidur Siang Sangat Membantu untuk Hilangkan Lapar

Tidur Siang Sangat Membantu untuk Hilangkan Lapar twitter

Pernah mendengar jika selama puasa, tidur siang pun mendapatkan pahala? Nah ketika kamu tidak sahur dan merasa lemas, kamu bisa istirahatkan tubuhmu dengan tidur siang. Tidur siang selama 30 menit saja sudah mampu untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, lho.

Namun, jangan hanya sekadar menanti waktu berbuka puasa dengan tidur saja ya. Sayang bukan jika pahala dari kegiatan lain berkurang karena cuma tidur?

4. Jangan Lakukan Pekerjaan Berat yang Kuras Tenaga

Jangan Lakukan Pekerjaan Berat yang Kuras Tenaga twitter

Jika kamu merasa tidak kuat dan lemas karena tak menyantap sahur, jangan memaksakan diri untuk melakukan kegiatan yang menguras tenaga. Misalnya saja olahraga atau kegiatan lain yang membuatmu mengeluarkan banyak tenaga atau berkeringat.

Pilih kegiatan-kegiatan lain yang tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menantikan waktu berbuka puasa. Kamu bisa mencoba melakukan hobimu, seperti main game hingga membuat TikTok, bisa juga video call dengan teman-teman. Terdengar menyenangkan, bukan?

5. Hindari Tempat Panas Jika Memungkinkan

Hindari Tempat Panas Jika Memungkinkan unsplash

Berada di tempat yang panas akan membuat kira merasa lebih cepat haus. Sehingga, ibadah puasa akan semakin "terancam" ketika berada di tempat panas kala tidak makan sahur.

Saat melakukan karantina di rumah karena pandemi virus corona tentu adalah keuntungan lantaran kamu jadi jarang keluar rumah, bukan? Jika terpaksa keluar rumah di tengah terik matahari, usahakan kenakan pakaian yang akan menghalau panas ya.

6. Baca Buku atau Nonton Film Bakal Alihkan Fokus dari Keinginan Makan

Baca Buku atau Nonton Film Bakal Alihkan Fokus dari Keinginan Makan unsplash

Baca buku atau nonton film bakal menjadi cara paling mudah untuk melupakan rasa lapar ketika melaksanakan ibadah puasa, lho. Apalagi ketika buku atau film yang kamu pilih cukup bagus tentu kamu tidak akan terasa telah menghabiskan beberapa jam tanpa makan atau minum.

Namun, jangan membaca atau menonton film yang berhubungan dengan makanan ya. Hal tersebut tentu akan membuatmu jadi semakin ingin makan, bukan?

7. Perbanyak Kegiatan Ibadah untuk Ngabuburit

Perbanyak Kegiatan Ibadah untuk Ngabuburit unsplash

Nah, bulan puasa diketahui berlimpah dengan pahala berlipat ganda bukan? Ini saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah di bulan suci Ramadan. Tidak makan sahur bukan halangan untuk melakukan ibadah, lho.

Kegiatan ibadah pun tak mengharuskan kamu mengeluarkan banyak tenaga. Kamu bisa melakukan salat sunah, membaca Al-Quran, mendengarkan kajian melalui daring atau YouTube. Lebih bermanfaat dan mendatangkan pahala.

Mudah bukan menghindari rasa lapar selama puasa meski tidak sahur? Semoga berhasil dan puasa tetap lancar hingga Ramadan usai, ya! Amin!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel