Lakukan Sederet Persiapan Ini Saat Musim Hujan Agar Aktivitas Tak Terhambat

Foto: Lakukan Sederet Persiapan Ini Saat Musim Hujan Agar Aktivitas Tak Terhambat
WowKeren dan Kanal247


Meski banyak yang menyepelekan, menghadapi musim hujan membutuhkan persiapan yang matang, lho.

Kanal247.com -


Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim yakni panas dan hujan. Nah, saat ini musim hujan tengah dirasakan hampir seluruh bagian Indonesia. Bahkan beberapa daerah mengalami angin kencang disertai hujan deras.

Meski banyak yang menyepelekan, menghadapi musim hujan membutuhkan persiapan yang matang, lho. Jika tidak, kalian akan kewalahan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Lebih parahnya, tubuh bisa saja terserang penyakit musim pancaroba.

Baca juga ...

Nah, ini dia 6 persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi musim hujan. Ketahui di bawah ini.

1. Siapkan Payung dan Jas Hujan Setiap Saat

Siapkan Payung dan Jas Hujan Setiap Saat

Desember memang bulan yang paling tepat untuk mengeluarkan perlengkapan hujan seperti payung dan jas hujan. Seperti diketahui, turunnya hujan tidak dapat diprediksi kecuali kalian memiliki aplikasi yang dapat memperkirakan cuaca, itu pun terkadang masih salah. Daripada kehujanan saat di perjalanan, ada baiknya kalian selalu membawa payung dan jas hujan di dalam tas atau jok motor.

Mungkin akan sedikit merepotkan membawa payung di dalam tas. Namun, kalian harus memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Siapa tahu hujan datang saat kalian sedang terburu-buru menuju suatu tempat. Kalian enggak mau basah-basahan saat akan bertemu dengan orang lain, kan?

2. Siapkan Baju Hangat

Siapkan Baju Hangat

Satu hal yang juga diperlukan saat musim hujan adalah baju hangat. Ekstremnya cuaca tidak dapat diperkirakan. Maka, selalu siapkan baju yang tebal untuk berjaga-jaga karena cuaca yang akan semakin dingin.

Selain pakaian hangat, sepatu yang pas saat musim hujan juga sangat diperlukan. Beberapa orang mungkin memilih menggunakan sandal agar sepatu kesayangannya tidak rusak. Padahal hal itu cukup berbahaya di jalanan yang licin. Sebaiknya, kalian memiliki sepatu bot yang digunakan saat musim hujan. Sepatu bot juga dapat melindungi bagian bawah celana kalian dari cipratan air.

3. Konsumsi Makanan Sehat Agar Tubuh Tetap Fit

Konsumsi Makanan Sehat Agar Tubuh Tetap Fit

musim hujan merupakan saatnya penyakit-penyakit berdatangan. Sebut saja flu, batuk, diare bahkan demam berdarah menjadi penyakit yang umum saat musim ini tiba. Maka, kalian memerlukan makanan yang sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti 7 makanan berikut, simak di sini.

Selain makanan sehat, suplemen tambahan juga diperlukan untuk saat-saat seperti ini. Jangan lupa persiapkan obat-obatan sehingga saat diperlukan kalian tidak kerepotan mencarinya.

4. Waspada Nyamuk saat Musim Hujan

Waspada Nyamuk saat Musim Hujan

Serangga akan mulai bermunculan saat musim hujan mulai dari laron hingga nyamuk. Kalian perlu menyiapkan obat anti nyamuk atau losion untuk menghindari gigitan serangga tersebut. Pasalnya, gigitan nyamuk aedes aegeypti dapat menyebabkan demam berdarah.

Selain itu, kalian juga harus membersihkan tempat-tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk. Pastikan tidak ada genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

5. Infeksi Jamur Rentan Terjadi saat Musim Hujan

Infeksi Jamur Rentan Terjadi saat Musim Hujan

Tak hanya nyamuk, kalian juga harus waspada terhadap infeksi jamur. Saat musim hujan, tak jarang kaki harus melangkah di genangan air. Jika tidak segera dicuci bersih dan dikeringkan, kaki bisa saja menjadi tempat berkembangnya jamur. Kalian juga bisa menghangatkan diri sekaligus menyingkirkan semua kotoran dan mikroba dengan main menggunakan air hangat.

6. Sempatkan untuk Berolahraga Meski Sebentar

Sempatkan untuk Berolahraga Meski Sebentar

Meski musim hujan, tidak ada alasan untuk malas berolahraga. Menggerakkan tubuh secara aktif selama sekitar 30 menit hingga satu jam setiap hari sudah cukup untuk membuat tubuh fit. Kalian tidak perlu melakukan olahraga di luar ruangan, kok. Lakukan gerakan sederhana di dalam rumah, saja.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel