7 Makanan Ini Bakal Bantu Memperkuat Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Foto: 7 Makanan Ini Bakal Bantu Memperkuat Kekebalan Tubuh di Musim Hujan
WowKeren dan Kanal247


Ayo konsumsi 7 makanan ini agar aktivitas tidak terganggu karena daya tahan tubuh yang lemah.

Kanal247.com - Perubahan cuaca dari panas ke hujan saat ini tengah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Setelah mendapat musim kemarau yang cukup panjang, akhirnya hujan turun membasahi beberapa daerah di Tanah Air.

Baca juga ...

Saat musim hujan, biasanya sistem imun tubuh akan melemah. Virus dan bakteri akan mudah menyerang dan menyebabkan seseorang jatuh sakit. Hal ini tentunya berdampak pada kegiatan sehari-hari, kan?


Nah, agar dapat terus beraktivitas dengan tenang, kalian wajib mengonsumsi 7 makanan yang dapat meningkatkan imunitas ini. Simak di bawah ini, ya.

1. Bawang Putih Dapat Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih

Bawang Putih Dapat Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih

Kalian pasti sudah tidak asing dengan bawang putih. Bumbu dapur satu ini dikenal memiliki aroma yang kuat. Sebagian orang tidak menyukai aroma tersebut. Namun, bumbu ini tak pernah ketinggalan dalam setiap masakan.

Bawang putih rupanya mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng dan kalsium yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kalian dengan menambah jumlah sel darah putih dalam darah. Seperti diketahui, sel darah putih berguna untuk mengatasi bakteri dan virus yang menyerang.

2. Mengonsumsi Cabai Akan Memperkuat Sistem Imun

Mengonsumsi Cabai Akan Memperkuat Sistem Imun

Cabai merupakan salah satu bahan makanan yang tidak dapat dipisahkan dari makanan Indonesia. Masyarakat Tanah Air sering mengonsumsi cabai dengan mengolahnya menjadi aneka varian sambal. Mulai dari sambal tomat, sambal terasi, sambal mangga, sambal korek dan masih banyak lagi.

Nah, cabai rupanya dapat bermanfaat bagi kekebalan tubuh, lho. Kandungan vitamin C di dalamnya yang berlimpah berkontribusi dalam hal ini. Maka, tidak masalah sering mengonsumsi cabai, namun harus tetap dalam porsi yang wajah, ya.

3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Makanan yang Mengandung Vitamin E

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti menghilangkan bekas luka, membuat wajah mulus, mengatasi bekas cacar air, mengatasi tumis pecah-pecah hingga menebalkan mulu mata, lho.

Selain untuk kecanitkan, vitamin E juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Vitamin E dapat membalikkan kerusakan karena penuaan yang terjadi akibat sistem melemah. Nah, kalian dapat mendapatkan vitamin E dengan mengonsumsi brokoli, almond, alpukat, bayam dan masih banyak lagi.

4. Makanan yang Mengandung Beta Karoten

Makanan yang Mengandung Beta Karoten

Beta karoten merupakan prekursor antioksidan vitamin A yang ada dalam buah-buahan dan sayuran. Beta katoren dapat meningkatkan sel pembunuh dan sel pelawan, memperkuat kekebalan tubuh serta dapat menghalangi sel-sel kanker dalam tubuh.

Nah, kandungan satu ini cocok banget kan buat dikonsumsi di musim hujan. biasanya beta karo ten dan karotenoid lain ditemukan dalam jeruk berwarna terang dan buah-buahan berwarna kuning seperti ubi, labu, wortel dan blewah. Selain itu, bayam juga memiliki beta karoten, lho.

5. Vitamin C dalam Jeruk Memperkuat Imut Tubuh

Vitamin C dalam Jeruk Memperkuat Imut Tubuh

Sama seperti cabai, jeruk merupakan buat yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini akan meningkatkan sel darah putih yang berfungsi melawan bebagai infeksi penyakit. Selain itu, vitamin c juga dapat berguna sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan mempercepat penyembuhan. Jadi, ketika musim hujan datang, konsumsi buah jerus atau lemon setiap hari agar tidak mudah terserang penyakit, ya.

6. Manfaat Bayam untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Bayam untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh lainnya adalah bayam. Sayuran hijau satu ini memiliki kandungan folat yang sangat baik untuk mencegah kerusakan DNA dan juga pembuluh darah yang berdampak pada kekebalan tubuh.

Mengonsumsi bayam setiap hari akan membuat produksi sel baru meningkat karena vitamin C yang berperan sebagai antioksidan di dalamnya. Tak hanya itu, bayam akan membuat pencernaan kalian lancar lantaran kandungan serat tinggi di dalamnya.

7. Saat Musim Hujan, Minum Jahe Hangat Adalah Pilihan Tepat

Saat Musim Hujan, Minum Jahe Hangat Adalah Pilihan Tepat

Musim hujan merupakan saat yang tepat untuk minum yang hangat-hangat. Untuk meningkatkan ketahanan tubuh, sebaiknya kalian mengonsumsi minuman dengan bahan dasar jahe, seperti wedang jahe.

Kandungan jahe yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun terbilang lengkap. Bahan dapur ini memiliki vitamin C, beta karoten dan juga capsaicin di dalamnya.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...