New Normal Bakal Digelar, Ikuti 7 Tips Aman dari Virus Corona Kala Main di Mal

Foto: New Normal Bakal Digelar, Ikuti 7 Tips Aman dari Virus Corona Kala Main di Mal unsplash
WowKeren dan Kanal247


Pergi ke mal bukan lagi halangan di era new normal yang akan berlangsung sebentar lagi, yuk ikuti 7 tips aman dari penyebaran virus corona meski bertemu dengan banyak orang.

Kanal247.com - New normal saat ini memang menjadi pilihan hampir seluruh negara di dunia untuk mengembalikan kondisi perekonomian di tengah pandemi virus corona. Pasalnya, pandemi virus corona memang tidak dapat dipastikan akan berhenti dalam waktu dekat mengingat masih banyak korban baru setiap harinya.

Baca juga ...

Meski begitu, protokol kesehatan tetap dijalankan di era new normal untuk menghindari penyebaran virus corona. Namun, segala sektor kehidupan akan mulai dibuka seperti sebelumnya. Mal tentu menjadi salah satunya.


Yuk, ikuti protokol kesehatan kala di mal demi menghindari virus corona di bawah ini.

1. Pakai Masker Hukumnya Wajib Banget!

Pakai Masker Hukumnya Wajib Banget! twitter

Kala pandemi virus corona berlangsung, hal yang paling penting dilakukan yakni menggunakan masker! Semua orang tanpa terkecuali patut menggunakan masker, jika perlu mengenakan shield face atau pelindung wajah. Masker terbukti membantu untuk menahan tetesan air liur yang keluar dari mulut sehingga saling menjaga satu sama lain dari penyebaran COVID-19. Eiiits, pastikan selalu ganti masker atau cuci berkala ya jika sudah menunjukkan tanda-tanda rusak atau tidak layak. Cari tahu kapan harus ganti masker di sini!

2. Pastikan Selalu Bawa Hand Sanitizer Saat ke Mal

Pastikan Selalu Bawa Hand Sanitizer Saat ke Mal instagram

Selain masker, menjaga kebersihan tangan juga menjadi kunci penting menghindari virus corona nih. Hal tersebut tentu membuat hand sanitizer patut dimiliki setiap orang yang memutuskan untuk pergi ke mal. Pasalnya, tentu akan sulit untuk rajin cuci tangan di mal bukan? Bersihkan tangan setidaknya setelah menyentuh benda-benda tertentu atau melakukan pembayaran. Jangan khawatir harga hand sanitizer yang mahal, lantaran sekarang kamu bisa membuat sendiri. Hanya 2 bahan lho yang dibutuhkan, ikuti tata cara membuat hand sanitizer di sini, yuk.

3. Selalu Jaga Jarak Aman Minimal 1 Meter dari Orang Lain

Selalu Jaga Jarak Aman Minimal 1 Meter dari Orang Lain instagram

Jaga jarak dengan orang lain juga akan menghambat penyebaran virus corona. Sehingga, setiap orang diharapkan mematuhi untuk tidak berkerumun dan membatasi jarak setidaknya 1 meter dari orang lain. Jika melihat toko di mal penuh, pastikan mengantre jika ingin memasukinya. Jaga jarak ini diharapkan memperkecil penularan melalui tetesan air liur yang tidak sengaja keluar dari seseorang. Sehingga, menghindari penularan lantaran COVID-19 diketahui ditularkan melalui tetesan air liur.

4. Tubuh Harus Sehat Kala Putuskan Main ke Mal

Tubuh Harus Sehat Kala Putuskan Main ke Mal

Selama pandemi virus corona berlangsung, setiap mal atau pusat pembelanjaan lainnya wajib melakukan tes suhu badan sebelum masuk kepada pengunjung. Pemilik suhu tubuh lebih dari 37,3 tidak diperkenankan untuk masuk. Nah, pastikan untuk memahami kesehatan pribadi ya. Jangan paksa diri sendiri dan membahayakan orang lain dengan tetap pergi ke mal saat sakit. Kamu bukan hanya bisa menularkan COVID-19 tapi juga virus lainnya. Tetap di rumah ya saat sakit.

5. Hindari Menggunakan Lift Karena Memungkinkan Berkerumun

Hindari Menggunakan Lift Karena Memungkinkan Berkerumun

Hindari penggunaan lift ketika berada di mal saat penyebaran virus corona masih mengancam, ya. Seperti yang kita tahu, lift selalu identik berukuran kecil dan membuat orang bisa berdesak-desakan di dalam. Belum lagi tombol lift yang telah dipegang oleh banyak orang. Lebih baik menahan diri dan menggunakan elevator atau tangga saja. Tetap jaga jarak juga sekitar 1 meter dengan orang di depan dan belakang elevator, ya.

6. Lebih Baik Tidak Gunakan Uang Tunai sebagai Alat Pembayaran

Lebih Baik Tidak Gunakan Uang Tunai sebagai Alat Pembayaran unsplash

Tangan dianggap menyebarkan virus corona dengan mudah. Pasalnya, tangan dipakai untuk menyentuh banyak hal yang bisa jadi terdapat virus corona. Uang tunai menjadi alat paling mudah untuk menyebarkannya, lho. Jadi, lebih baik memilih menggunakan kartu atm yang bisa dibersihkan dengan mudah atau memakai uang digital saja. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi uang digital, bukan? Bahkan, jauh lebih menguntungkan menggunakan uang digital karena banyak promo dan cashback? Tak percaya? Cek keuntungan dari uang digital di sini, deh!

7. Jangan Terlalu Sering Sentuh Barang Jika Sekadar Ingin Lihat-lihat Saja

Jangan Terlalu Sering Sentuh Barang Jika Sekadar Ingin Lihat-lihat Saja unsplash

Kebiasaan lihat-lihat barang di sebuah toko dalam mal dengan menyentuh harus dihilangkan, nih. Virus corona bisa menempel di permukaan benda bisa sampai lebih dari satu minggu, lho. Lebih baik benar-benar menyentuh barang yang ingin kamu beli saja, ya. Cari tahu usia virus corona di permukaan benda tertentu di sini, ya!

Nah, bagaimana? Sudah siap masuk ke mal lagi?

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel