Cuma 2 Bahan Utama, Yuk Ikuti Langkah Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri!

Foto: Cuma 2 Bahan Utama, Yuk Ikuti Langkah Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri! unsplash



Tidak perlu takut kehabisan dan mengeluarkan banyak uang demi membeli hand sanitizer untuk melindungi dari virus corona, ternyata bisa membuat sendiri dengan bahan serta langkah-langkah mudah.

Kanal247.com - Saat ini, hand sanitizer memang menjadi hal yang paling dicari oleh masyarakat di seluruh dunia. Hal tersebut tentu wajar mengingat penyebar virus corona paling tinggi adalah tangan. Pasalnya, virus corona diam di benda-benda mati yang ada di sekitar kita.

Baca juga ...

Kelangkaan hand sanitizer tentu membuat harga pembersih tangan tanpa bilas tersebut melonjak naik. Saat ini, hand sanitizer pun sulit didapatkan. Namun, jangan khawatir ternyata kita bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah.


Bahan-bahannya pun sedikit dan cukup mudah membuatnya, yuk ikuti langkahnya di sini!

1. Siapkan Alat dan Bahan untuk Proses Pembuatan Hand Sanitizer

Siapkan Alat dan Bahan untuk Proses Pembuatan Hand Sanitizer unsplash

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer sendiri adalah aloevera atau lidah buaya dan isopropil alkohol 91%. Namun, kamu bisa menambahkan minyak esensial agar harum.

Kemudian kamu memerlukan mangkuk dan sendok untuk mengaduk. Serta botol spray untuk memasukkan hand sanitizer buatanmu. Pastikan alat dan bahan dalam kondisi bersih, ya!

2. Campurkan Alkohol dan Aloevera Terlebih Dulu

Campurkan Alkohol dan Aloevera Terlebih Dulu

Setelah semua bahan-bahan siap, buat takarannya yakni 1/3 cangkir aloevera dan 2/3 gelas isopropil alkohol 91%.

Pertama, campurkan isopropil alkohol 91% dengan lidah buaya. Usahakan untuk menggunakan alkohol 90% ke atas, karena jauh lebih efektif untuk membunuh kuman. Sedang fungsi dari lidah buaya ini sebenarnya adalah untuk membantu agar tangan tidak kering karena kandungan alkohol.

3. Pastikan Alkohol dan Aloevera Tercampur Sempurna

Pastikan Alkohol dan Aloevera Tercampur Sempurna

Pastikan akohol dan alovera yang dicampurkan benar-benar merata, ya. Boleh kok diaduk cukup lama di mangkok dengan sendok untuk memastikan agar kedua bahan tersebut telah merata.

Kalau tidak merata takutnya nanti tak berfungsi dengan baik deh hand sanitizer-nya. Jangan sampai alovera masih ada gumpalan-gumpalan.

4. Masukkan Beberapa Tetes Minyak Esensial Favorit

Masukkan Beberapa Tetes Minyak Esensial Favorit

Masukkan beberapa tetes minyak esensial dengan wangi favorit. Jangan terlalu banyak karena minyak esensial dapat membuat kulit menjadi kering. Cukup campurkan 5-7 tetes saja dengan bahan-bahan utama.

Minyak esensial ini memilik sifat antimikroba yaitu dapat mengganggu metabolisme mikroorganisme. Sehingga, bisa dijadikan bahan tambahan untuk hand sanitizer buatan sendiri.

5. Pastikan Botol Spray yang Akan Digunakan Bersih

Pastikan Botol Spray yang Akan Digunakan Bersih

Setelah yakin semua bahan telah tercampur sempurna, kamu perlu menyiapkan tempat untuk meletakkan hand sanitizer buatanmu nih. Agar mudah digunakan kamu bisa memilih menggunakan botol spray kecil.

Namun, jika niat diletakkan di rumah kamu bisa memilih botol spray ukuran lebih besar. Bisa juga pakai botol bekas sabun cair, lho. Ingat, pastikan botol benar-benar bersih dan steril.

6. Masukkan Gel Hand Sanitizer Perlahan ke Botol Spray

Masukkan Gel Hand Sanitizer Perlahan ke Botol Spray unsplash

Jika sudah yakin botol yang akan digunakan benar-benar bersih, saatnya memasukkan racikan hand sanitizer buatanmu ke dalamnya. Masukkan perlahan menggunakan sendok. Kamu bisa juga menggunakan corong agar mempermudah pemindahannya.

Jangan sampai tumpah, ya. Sayang banget jika harus terbuang sia-sia bukan?

7. Hand Sanitizer Buatan Sudah Bisa Digunakan!

Hand Sanitizer Buatan Sudah Bisa Digunakan! unsplash

Yei, hand sanitizer sudah bisa digunakan untuk membersihkan tangan! Mudah banget, bukan? Kamu tak perlu lagi takut untuk kehabisan pembersih tangan, deh.

Namun, meski sudah mempunyai hand sanitizer bukan berarti benar-benar terlindung dari COVID-19. Lebih baik ikut gerakan #DiRumahAja untuk menghentikan penyebaran virus corona. Alasannya? Cek di sini, deh! Banyak untung banget!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel