Jangan Ulur Waktu, Ini 7 Tanda Masker Harus Segera Diganti

Foto: Jangan Ulur Waktu, Ini 7 Tanda Masker Harus Segera Diganti getty images
WowKeren dan Kanal247


Beberapa tanda-tanda ini menunjukkan jika kamu harus segera mengganti masker yang dikenakan karena sudah tidak lagi menghindari namun justru membuka jalan masuk penyakit.

Kanal247.com - Masker saat ini memang menjadi hal yang patut diperhatikan oleh semua orang saat ini. Pasalnya, mengenakan masker memang menjadi kewajiban setiap orang kala pandemi virus corona berlangsung.

Baca juga ...

Mengenakan masker dipercaya dapat menghindari penyebaran virus corona yang tak kasat mata saat ini. Tidak mengherankan jika kebersihan masker tentu harus diperhatikan.


Ini ciri-ciri masker harus segera diganti karena sudah tidak memiliki fungsi sebagaimana mestinya.

1. Masker Sudah Sobek Wajib Dibuang

Masker Sudah Sobek Wajib Dibuang

Masker berfungsi untuk melindungi virus dari dalam tubuh keluar jika dalam kondisi yang baik. Jika masker dalam kondisi yang rusak, entah itu kotor atau bahkan sobek tentu wajib langsung diganti.

Masker yang sobek tentu berartikan sudah tidak memberikan perlindungan seperti fungsi sebelumnya. Masker dalam kondisi tidak baik justru membuat virus lebih mudah keluar dari dalam tubuh atau masuk.

2. Menyentuh Masker Ketika Tangan Usai Memegang Benda-benda

Menyentuh Masker Ketika Tangan Usai Memegang Benda-benda getty images

Seperti yang kita tahu, virus corona lebih banyak menginfeksi orang karena tangan. Hal tersebut dikarenakan virus corona dapat hidup dalam permukaan benda dalam waktu beragam.

Tidak hanya dilarang meyentuh wajah ketika tangan kotor, tentu masker juga tak boleh. Jika kamu lupa dan menyentuh masker kala tangan kosong lebih baik membuangnya. Namun kalau kamu mengenakan masker kain tinggal dicuci.

3. Usai Merawat atau Menjenguk Orang Sakit

Usai Merawat atau Menjenguk Orang Sakit getty images

Orang yang tengah sakit sangat renta dengan virus, mereka lebih mudah terinfeksi. Sehingga, ketika kamu merawat atau menjenguk orang yang sakit pastikan untuk langsung mengganti masker.

Untuk masa pandemi saat ini, lebih baik menghindari bertemu orang yang tengah sakit jika memungkinkan. Kamu bisa menjenguk virtual dengan video call, bukan?

4. Kamu Punya Gejala-gejala Terinfeksi Virus Corona

Kamu Punya Gejala-gejala Terinfeksi Virus Corona getty images

Sebelumnya, World Health Organization (WHO) mewajibkan orang-orang yang tengah sakit mengenakan masker. Hal ini juga berartikan mengganti masker berkala ketika sakit.

Ketika kita sakit, virus-virus atau bakteri dalam tubuh bisa keluar dari mulut dan menempel di masker. Apalagi ketika kamu merasakan gejala-gejala terinfeksi virus corona. Tentunya, pastikan untuk tidak keluar rumah jika sakit ya!

5. Pastikan Ganti Masker Berkala Jika Bersin atau Batuk

Pastikan Ganti Masker Berkala Jika Bersin atau Batuk

Bersin atau batuk bisa disebabkan oleh bakteri atau virus, lho. Alasan mengenakan masker ketika suka bersin-bersin atau batuk adalah menghindari menularkan kepada orang lain.

Pastikan untuk selalu mengganti masker ketika kamu bersin-bersin atau batuk ya, karena virus telah menempel di masker. Lebih baik lagi jika selalu mengganti atau mencuci masker kain usai digunakan.

6. Masker Tidak Menutupi Hidung atau Mulut Secara Sempurna

Masker Tidak Menutupi Hidung atau Mulut Secara Sempurna instagram

Bukan hanya mulut saja yang harus ditutup oleh masker, namun hidup juga lho. Masker digunakan paling tepat adalah ketika menutupi hidung hingga dagu, sehingga menutup sempurna bagian mulut dan hidung.

Jika masker yang kamu gunakan tidak bisa menutupi hidung dan mulutmu dengan sempurna, lebih baik menggantinya dengan yang baru ya.

7. Masker Hanya Terbuat dari 1 Lapisan Kain

Masker Hanya Terbuat dari 1 Lapisan Kain getty images

Jika kamu mengenakan masker kain, maka pastikan terbuat dari beberapa lapisan kain ya. Pasalnya, jika satu lapisan kain saja ternyata tidak cukup ampuh untuk menanggal virus.

Jika terlanjur memiliki masker dengan satu lapisan, kamu bisa menambahkan tisu di dalamnya. Sehingga, perlindungan lebih ekstra.

Nah, pastikan untuk mengganti masker jika milikmu masuk ke salah satu poin di atas ya! Eiits, jangan panik juga selama pandemi virus corona. Yuk, hindari stres dan menjaga kesehatan mental selama karantina diri dengan langkah-langkah sederhana di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel