Bahaya, Pastikan Tidak Merawat 8 Tanaman Ini Jika Memiliki Hewan Peliharaan

Foto: Bahaya, Pastikan Tidak Merawat 8 Tanaman Ini Jika Memiliki Hewan Peliharaan
WowKeren dan Kanal247


Pastikan untuk menghindarkan hewan-hewan peliharaan dengan berbagai tanaman ini lantaran memiliki dampak yang sangat serius. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kanal247.com - Memelihara hewan-hewan manis memang kerap dilakukan oleh sebagian orang. Anjing, kucing, hingga kelinci biasanya kerap dijadikan peliharaan lantaran sangat menggemaskan.

Baca juga ...

Untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan di rumah, ada beberapa tanaman berbahaya dan harus dihindari. Pasalnya tanaman-tanaman ini memiliki kandungan mematikan. Sehingga, akan lebih baik jika menghindari daripada hewan-hewan kesayanganmu tidak sengaja memakannya.


Penasaran apa saja tanaman-tanaman itu? Simak di sini!

1. Jangan Tertipu dengan Kecantikan Bunga Azalea

Jangan Tertipu dengan Kecantikan Bunga Azalea

Bunga azalea atau yang memiliki nama latin rhododendron spp ini ternyata sangat berbahaya. Pasalnya, semua bagian dalam bunga azalea dari mulai batang hingga daun memiliki racun yang tidak boleh dimakan.

Sakit perut, kesulitan bernapas, lumpuh, koma, hingga bahkan kematian dapat menjadi dampak bunga cantik ini. Bunga ini bahkan tidak boleh dimakan oleh manusia, lho. Jadi, tentu hewan pun juga dilarang memakannya.

2. Bunga Rhododendron Miliki Dampak Bak Azalea

Bunga Rhododendron Miliki Dampak Bak Azalea

Bunga rhododendron tentu memiliki efek yang sama dengan azalea lantaran masuk dalam kelompok genus yang sama. Nama ilmiah bunga-bunga cantik ini bahkan sama yakni rhododendron spp.

Segala masalah yang disebabkan oleh bunga rhododendron atau azalea bahkan hanya membutuhkan hitungan jam saja lho. Menakutkan, bukan?

3. Bunga Lily of The Valley yang Imut tapi Seram

Bunga Lily of The Valley yang Imut tapi Seram

Bunga lily menjadi salah satu tanaman paling digandrungi di Indonesia, namun siapa sangka jika salah satu jenisnya amat berbahaya? Bunga lily of the valley yang memiliki bentuk imut dan berwarna putih ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Bunga ini benar-benar berbahaya, khususnya untuk kucing yang masuk dalam genus hemerocallis. Tidak sengaja mengonsumsi sedikit saja sudah bisa membuat kucing itu gagal ginjal hingga menyebabkan kematian.

4. Bunga Lily Air Alias Autumn Crocus Juga Harus Dihindari

Bunga Lily Air Alias Autumn Crocus Juga Harus Dihindari

Wah, sepertinya lebih baik benar-benar menghindari semua jenis bunga lily nih jika kamu merawat hewan peliharaan. Pasalnya bunga lily air atau dikenal juga dengan nama autumn crocus juga berbahaya.

Bunga yang memiliki nama ilmiah colchicum autumnale ini akan menyerang hati hingga masalah pernapasan untuk hewan yang tidak sengaja memakannya. Hati-hati, ya!

5. Tanaman Jarak Miliki Banyak Manfaat tapi Bukan Untuk Dimakan

Tanaman Jarak Miliki Banyak Manfaat tapi Bukan Untuk Dimakan

Tanaman jarak atau yang dikenal juga dengan nama castor oil plant adalah tumbuhan mengerikan jika dikonsumsi. Pasalnya, tanaman satu ini memiliki kandungan glikoprotein yang mengandung racun tinggi.

Namun, selama tidak dikonsumsi tanaman jarak bisa bermanfaat. Buah tanaman ini biasanya dijadikan minyak yang bermanfaat untuk mengatasi kerusakan rambut dan merawat kulit.

6. Bunga Lakspur yang Mematikan

Bunga Lakspur yang Mematikan instagram

Tampaknya bunga-bunga cantik memang tak banyak yang memiliki kandungan baik. Bunga lakspur yang kerap dijadikan hiasan kebun ini juga amat menakutkan.

Bunga yang dikenal juga dengan nama delphinium atau dolphin memiliki kandungan alkaloid delphinine yang beracun dan bisa mengakibatkan muntah-muntah jika dimakan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian jika dikonsumsi pada jumlah yang banyak.

7. Bunga Jepun Mirip Kamboja yang Beracun

Bunga Jepun Mirip Kamboja yang Beracun

Sekilas, bunga jepun ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bunga kamboja. Bahkan daunnya juga mirip. Perbedaannya terletak di bunganya yang jauh lebih rapuh.

Bunga jepun atau netrium oleander ini benar-benar memiliki dampak mematikan jika dikonsumsi. Mengonsumsi sedikit bunga-bunga kecil yang biasa tumbuh dalam warna putih, pink, atau merah ini bisa berakibat fatal. Satu daunnya saja bisa sangat berbahaya. Gejala keracunan yang timbul berupa detak jantung lambat, mengantuk, dan gemetar. Duh, seram!

8. Tanaman Kuping Gajah yang Mudah Dirawat tapi Jangan Pernah Dimakan

Tanaman Kuping Gajah yang Mudah Dirawat tapi Jangan Pernah Dimakan

Tanaman kuping gajah ini menjadi hal yang paling mudah ditemui di rumah-rumah. Pasalnya, tanaman satu ini memang sangat mudah perawatannya. Namun jika memiliki hewan peliharaan di rumah, akan lebih baik jika tidak terlena menjadikan tanaman kuping gajah hiasan.

Tanaman dengan nama latin dieffenbachia ini bisa berakibat fatal bila tak sengaja tertelan. Daun kuping gajah bisa menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak dan tertutup jalan udara. Bahkan hanya menggosok daunnya saja bisa menyebabkan sensasi terbakar atau gatal.

Wah, seram sekali bukan dampak-dampak dari bunga-bunga cantik di atas? Karena hewan memiliki organ yang hampir sama dengan manusia, dapat dipastikan tanaman-tanaman itu juga memiliki dampak serupa untuk kita nih. Hati-hati, ya!

Hati-hati juga jika tergoda dengan makanan-makanan yang disebut-sebut sehat. Pasalnya bisa jadi memiliki dampak mengerikan. Penasaran apa saja makanan "sehat" yang patut kamu hindari? Baca di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...