Patut Hati-Hati, 8 Label Sehat Makanan Ini Ternyata ‘Topeng Jahat’ Semata

Foto: Patut Hati-Hati, 8 Label Sehat Makanan Ini Ternyata ‘Topeng Jahat’ Semata
WowKeren dan Kanal247


Banyak produk makanan yang mulai melabeli dengan kata 'sehat' atau lebih aman bagi tubuh, hal itu ternyata bukan berartikan benar-benar tidak memiliki dampak negatif.

Kanal247.com - Produk makanan instan memang menjadi hal yang paling digemari oleh orang-orang masa kini. Mudah didapatkan di supermarket terkedekat pun menjadi alasan makanan-makanan instan digemari.

Baca juga ...


Label "sehat" atau aman bagi tubuh pun kerap terlihat di beberapa produk makanan. Misalnya label rendah gula, terbuat dari bahan-bahan alami, jauh dari kimia, hingga kemasan ramah lingkungan pun mulai muncul di produk-produk makanan tertentu.

Sayang, ternyata label-label seperti itu bukan berartikan produk-produk instan makanan tidak memiliki dampak negatif. Produk-produk itu justru memiliki dampak tak kalah bahaya bagi kesehatan seperti makanan instan lainnya.

Penasaran produk makanan label "sehat" apa yang patut diperhatikan? Simak di sini!

1. Yogurt

Yogurt Shutterstock

Yogurt memang disebut-sebut memiliki dampak positif untuk menambah bakteri di usus, sehingga membantu melancarkan pencernaan. Namun, tampaknya terlalu banyak mengonsumsi yogurt juga tidak baik. Khususnya untuk yogurt kemasan.

Produk yogurt diketahui memiliki bahan campuran lain yang tidak bagus dikonsumsi terlalu banyak. Kebanyak produk yogurt bahkan menjadikan gula sebagai bahan dasar. Perasa buah-buahan yang kerap dipakai di yogurt pun bisa menjadi masalah kesehatan di kemudian hari. Jadi lebih baik memilih yogurt tanpa rasa dan warna. Kemudian dikreasikan sendiri dengan buah atau kacang. Lebih sehat, bukan?

2. Diet Soda atau Rendah Gula

Diet Soda atau Rendah Gula pinterest

Wah, jangan sampai tertipu dengan label diet soda atau rendah gula ya. Pasalnya seminimal mungkin gula yang ada di kandungan minuman bersoda tetap tidak bagus dikonsumsi bagi tubuh. Jadi meskipun ada embel-embel tidak memiliki kalori sehingga tak menyebabkan berat badan meningkat bukan berarti sehat.

Sederhananya, minuman bersoda meskipun rendah gula pun pasti akan terasa manis. Rasa manis itu tentu patut dicermati, dari manakah produsen mendapatkannya? Hayo, hati-hati!

3. Produk Olahan dari Kacang

Produk Olahan dari Kacang pinterest

Kacang memang sangat sehat, tapi lain halnya jika dijadikan produk makanan instan tertentu. Mulai dari trail mix atau kacang dicampur dengan permen, selai, hingga sereal tampaknya benar-benar harus diperhatikan ketika dikonsumsi.

Patut diingat, setiap produk makanan instan memiliki bahan-bahan tambahan yang bisa jadi tidak sehat. Lebih baik langsung menjadikan kacang sebagai makanan ringan langsung. Dikreasikan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumahmu. Lebih murah!

4. Segala Minuman dalam Botol

Segala Minuman dalam Botol pinterest

Siapa sangka jika produk minuman dalam botol pun juga harus dicermati? Sama seperti makanan, minuman-minuman yang tampak sehat seperti jus, teh, susu, bahkan air putih tidak mungkin benar-benar alami.

Gula yang dipakai untuk menjadikan minuman-minuman dalam botol manis, perasa buah-buahan pun belum tentu alami. Pastikan untuk mengubah kegemaranmu minum produk-produk instan dikurangi. Duh, jangan sampai menyesal di kemudian hari!

5. Snack Bar

Snack Bar pinterest

Jangan sampai mengira jika snack bar yang selalu identik dengan label nol kalori adalah makanan sehat, ya! Snack bar juga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Seorang pakar diet di salah satu rumah sakit di New York, Stephanie Schiff bahkan menyebutkan snack bar dipenuhi bahan-bahan kimia.

"Snack bar cenderung memiliki banyak bahan kimia tambahan, yang tidak dibutuhkan tubuh," ucapnya seperti yang dikutip dari laman The Daily Meal.

6. Oatmeal Instan

Oatmeal Instan pinterest

Oatmeal memang dikenal sebagai makanan kaya serat bahkan bisa menjadi menu paling cocok untuk sarapan. Sayang, produk-produk instan oatmeal justru bahaya nih.

Lagi-lagi karena banyak bahan-bahan tambahan lain seperti perasa buah-buahan dan gula berlebihan. Sehingga, lebih baik memilih oatmeal tanpa rasa tertentu. Lalu diberi tambahan buah-buahan dan tata apik bak oatmeal di restoran. Nah, justru bisa kamu pamerkan di Instagram bukan?

7. Susu Kedelai dengan Rasa Buah-Buahan

Susu Kedelai dengan Rasa Buah-Buahan pinterest

Susu kedelai memang sangat menyehatkan, bahkan dianggap jauh lebih baik daripada yang berasal dari susu. Namun, lain halnya jika susu kedelai itu diberi perasa-perasa tertentu dari sirup atau produk instan pemanis lainnya.

Gizi sehat yang harusnya didapatkan lantaran mengonsumsi susu kedelai justru akan berdampak sebaliknya. Perlu dicatat, pemanis buatan tentu memiliki kandungan gula berlebihan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

8. Sushi

Sushi pinterest

Siapa yang mengira jika sushi juga termasuk makanan dengan label sehat tapi patut diwaspadai? Makanan dari negara Jepang ini memang dikenal dengan memakai ikan mentah. Meskipun sushi yang dijual di Indonesia lebih variatif dan terkadang dipastikan kematangannya tetap harus diwaspadai.

Ternyata yang ditakutkan dari sushi ternyata bukan masalah makanannya tapi kecap asinnya dan saus lainnya. Sushi memang kerap dihidangkan dengan tambahan kecap asin, saus tiram, hingga mayones. Bahan-bahan pendaping itulah yang harus diawasi ketika dikonsumsi. Jangan sampai terlalu banyak, pasalnya bahan-bahan itu mengandung garam berlebihan.

Nah, pastikan untuk selalu memperhatikan makanan-makanan yang kamu beli jika ingin terhindar dari penyakit. Eits, tak cuma makanan yang patut diperhatikan loh. Kebiasaan sehari-hari seperti nonton televisi juga bisa memiliki dampak buruk. Penasaran alasannya? Baca di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...