Jangan Berlebihan, Kebanyakan Makan Kue Lebaran Munculkan 7 Dampak Ngeri!

Foto: Jangan Berlebihan, Kebanyakan Makan Kue Lebaran Munculkan 7 Dampak Ngeri! unsplash
WowKeren dan Kanal247


Jangan mengonsumsi terlalu berlebihan, ternyata kue Lebaran memberikan efek yang buruk bagi kesehatan hingga menimbulkan penyakit serius. Cek bahayanya di sini!

Kanal247.com - Kue-kue kering memang seakan menjadi tradisi di Lebaran. Tentu wajar mengingat hari Lebaran biasa diisi dengan saling berkunjung ke rumah untuk meminta maaf. Sehingga, sang pemilik rumah berusaha untuk menjamu tamu dengan berbagai pilihan kue kering.

Baca juga ...

Meski Lebaran tahun ini berjalan di tengah pandemi, kue-kue kering pun tetap menghiasi rumah. Namun, mengonsumsi kue-kue kering khas Lebaran ternyata tidak boleh berlebihan lho. Banyak sekali masalah kesehatan yang muncul akibat kebanyakan mengonsumsi kue Lebaran.


Apa saja? Cari tahu di sini, yuk!

1. Gampang Terkena Jerawat

Gampang Terkena Jerawat unsplash

Kandungan mentega yang cukup banyak di kue kering dapat mempengaruhi aktivitas hormon. Pasalnya, mentega mengandung IGF-1 yang fungsinya hampir mirip dengan insulin yang mengatur hormon. Jerawat diketahui muncul karena aktivitas hormon, sehingga makan kue kering berlebihan dapat memunculkan jerawat baru di wajah. Mau?

2. Bikin Lemot dan Mudah Capai

Bikin Lemot dan Mudah Capai unsplash

Menurut penelitian Oxford University, konsumsi lemak berlebih seperti mentega bisa mempengaruhi kesehatan otak dan kemampuan fisik tubuh. Penelitian itu didukung oleh ahli nutrisi Elizabeth Somer yang bilang bahwa makanan dengan tingkat lemaka cukup tinggi mendorong lebih banyak aliran darah ke perut daripada ke otak demi proses pencernaan. Akibatnya otak bakalan kekurangan asupan oksigen. Kue kering yang mengandung banyak oksigen tentu juga bisa membuat kemampuan otak melemah, nih.

3. Picu Kenaikan Berat Badan

Picu Kenaikan Berat Badan unsplash

Seperti yang kita tahu, terlalu banyak mengonsumsi gula menjadi salah satu alasan berat badan naik. Kue-kue kering dikenal dengan rasa yang manis dan tentunya menggandung banyak gula.

Belum lagi karena kue kering dibuat dari olahan tepung yang merupakan karbohidrat. Tepung lebih cepat diserap tubuh dan menaikkan gula darah sehingga meningkatkan lemak dalam tubuh. Akhirnya, berat badan cepat naik deh.

4. Kue Berpengawet Timbulkan Alergi

Kue Berpengawet Timbulkan Alergi unsplash

Kue kering yang dijual dipasaran bisa jadi ada bahan pengawet, lho. Tentu saja bahan pengawet akan menimbulkan permasalahan kesehatan. Salah satunya yakni, alergi. Kue kering yang memakai obat pengawet biasanya mempunyai aroma obat dan rasanya cenderung menyengat. Hati-hati, ya!

5. Kolesterol Meningkat dengan Mudah

Kolesterol Meningkat dengan Mudah unsplash

Kalori dalam kue-kue kering itu sangat tinggi, lho. Bahkan 3 buah nastar disebut setara dengan 1 piring nasi. Apalagi banyak kue-kue kering yang dibuat dengan mentega, yang sangat memengaruhi kadar kolestrerol. Sehingga, kue kering patutnya tidak terlalu berlebihan dikonsumsi. Keseimbangan konsumsi dengan menggerakkan tubuh seperti olahraga patut untuk dilakukan juga, nih.

6. Meningkatkan Risiko Diabetes

Meningkatkan Risiko Diabetes unsplash

Risiko mengidap diabetes memang semakin meningkat jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Apalagi jika mempunyai keturunan pengidap diabtes, tentu patut untuk memperhatikan konsumsi gula.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi kue-kue kering saat Lebaran agar risiko terkena diabetes menurun ya!

7. Berisiko Terserang Tumor dan Kanker

Berisiko Terserang Tumor dan Kanker unsplash

Terlalu banyak mengonsumsi kue kering bahkan menaikkan persentase kemungkinan menginap tumor dan kanker, nih. Sebuah penelitian menunjukkan jika banyak wanita yang mengonsumsi kue kering berlebihan mengidap kanker rahim.

Hal ini terjadi karena makanan ringan seperti kue kering mengandung gula tinggi. Sebab kelebihan gula dapat membuat tubuh melepaskan banyak insulin yang menstimulasi pertumbuhan sel berlebih di endometrium, lapisan rahim. Kondisi ini juga meningkatkan kadar hormon estrogen yang telah terbukti memicu pertumbuhan sel tak terkendali yang menjadi karakteristik utama kanker.

Duh, seram banget bukan bahaya terlalu banyak makan kue Lebaran. Waspada dengan banyaknya kue yang telah dikonsumsi, ya! Cek juga cara aman selama Lebaran agar terhindar dari virus corona di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel