Banyak Fungsi, Kotak Kayu Bekas Buah dan Sayur Bisa Disulap Jadi 7 Benda Instagrammable Ini

Foto: Banyak Fungsi, Kotak Kayu Bekas Buah dan Sayur Bisa Disulap Jadi 7 Benda Instagrammable Ini pinterest
WowKeren dan Kanal247


Tidak sekadar berubah menjadi sampah ketika tak lagi digunakan oleh para penjual buah dan sayur, kotak kayu bekas bisa dimanfaatkan menjadi benda-benda unik yang Instagrammable banget!

Kanal247.com - Pernah melihat kotak kayu yang biasa ada di toko buah dan sayur? Kotak-kotak kayu tersebut biasanya mempunyai ciri agak renggang alias bolong-bolong.

Baca juga ...

Ternyata, kotak kayu tersebut bisa disulap menjadi dekorasi rumah yang cantik dan tentu Instagrammable! Cara membuatnya pun cukup mudah, lho.


Apa saja yang bisa kamu dapatkan dari kotak kayu bekas buah dan sayur? Coba cek di sini, deh!

1. Berubah Jadi Rak Buku atau Barang Koleksi yang Unik

Berubah Jadi Rak Buku atau Barang Koleksi yang Unik pinterest

Karena bentuknya kotak, bisa dimanfaatkan menjadi rak buku nih. Caranya pun cukup mudah, tinggal disusun sesuai selera. Bisa disusun menumpuk biasa, atau horizontal dan vertikal, bahkan membentuk tangga.

Jika ingin lebih unik, bisa dijadikan rak buku dinding. Cukup tempelkan saja kotak kayu di dinding dengan bantuan paku atau lem super dan susun. Tinggal dicat sesuai keinginan atau biarkan alami. Eiiits, ingat kamu perlu memastikan kekuatan kotak kayunya ya. Jika tidak terlalu tebal jangan isi dengan buku penuh, nanti roboh dong hehe.

2. Kursi Lucu Sekaligus Tempat Menyimpan Barang

Kursi Lucu Sekaligus Tempat Menyimpan Barang pinterest

Jika kamu menemukan kotak kayu bekas buah dan sayur cukup tebal, kenapa tidak dipungut? Ubah saja menjadi tempat duduk warna-warni. Tinggal beri busa di atasnya dilapisi kain sesuai motif favoritmu.

Bisa kamu tambahkan roda di bagian bawah agar mudah dipindah. Bagian dalam dari kotak kayu pun bisa dimanfaatkan lagi untuk memasukkan barang-barang.

Hal paling penting, kamu sudah memastikan kotak kayu tersebut bersih dan aman untuk digunakan. Lucu, kan?

3. Bisa Dimanfaatkan Jadi Meja Serba Guna Hingga Meja Belajar

Bisa Dimanfaatkan Jadi Meja Serba Guna Hingga Meja Belajar pinterest

Jika kotak kayu yang didapatkan cukup banyak, bisa diubah menjadi meja serba guna bahkan meja belajar lho. Setidaknya membutuhkan 4 kotak kayu bekas buah dan sayur untuk membuatnya.

Susun kotak saling membelakangi hingga membentuk persegi, paku dengan kuat. Jadi meja, deh! Kalau dijadikan meja belajar, kamu membutuhkan kayu tambahan. Tinggal susun 2 kotak kayu di dua sisi, atasnya diberi tambahan kayu tipis atau triplek.

Setiap sisi dari kotak kayu bekas yang sudah berubah jadi meja ini masih bisa diisi dengan barang-barang. Serba guna banget, kan?

4. Ubah Jadi Pot Tanaman Lucu atau Tempat Bunga Hiasan

Ubah Jadi Pot Tanaman Lucu atau Tempat Bunga Hiasan pinterest

Suka tanaman? Kotak kayu bekas buah dan sayur cocok banget dimanfaatkan, nih. Kotak tersebut bisa diganti menjadi pot tanaman kesayanganmu.

Pilih kotak kayu yang lebih rapat jika ingin meletakkan tanaman secara langsung. Jika kotak kayu renggang, tinggal masukkan tanaman di pot biasa ke dalamnya. Tinggal beri hiasan seperti tali, roda, hingga papan.

Buat yang tidak suka menanam, cukup membeli bunga-bunga plastik. Pilih saja bunga warna favoritmu. Bagian bawah bisa kamu beri busa atau gabus agar bunga tertancam sempurna. Cantik!

5. Rak Gantung atau Rak Dinding untuk Barang-barang Kecil

Rak Gantung atau Rak Dinding untuk Barang-barang Kecil pinterest

Rak gantung atau rak dinding memang cocok banget untuk yang merasa ruangan sudah penuh barang. Kotak kayu bekas buah dan sayur masih bisa dimanfaatkan, nih. Cukup tempelkan di dinding langsung dengan paku dan isi barang-barang kecil yang tak terlalu berat.

Jika ingin dibuat model gantung, kamu bisa memilih kotak kayu yang lebih kecil, Tali setiap sisinya, lalu gantung. Bisa juga kamu susun dari beberapa kotak kayu.

Untuk dekorasi rak gantung atau rak dinding, jelas tidak bisa diisi barang-barang berat ya. Mungkin kamu bisa meletakkan boneka, jam, atau kosmetik. Lucu!

6. Bakal Bantu Rapikan Sepatu Berserakan

Bakal Bantu Rapikan Sepatu Berserakan pinterest

Jika rak buku saja bisa, tentu rak sepatu juga bisa. Kamu hanya perlu mencari sekat tambahan agar setiap kotak bisa menampung lebih banyak sepatu. Bisa dari kayu, triplek, kardus tebal, bahkan kaca.

Susun kotak kayu bekas sesuai dengan selera, agar tidak mudah jatuh bisa dipalu terlebih dulu. Namun, jika ingin diubah sewaktu-waktu tidak perlu dipaku. Cukup pastikan seimbang agar tidak mudah jatuh.

Jaga kelembaban rak sepatunya dengan memberikan kamper atau silica gel. Atau cukup letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Fungsinya, agar sepatu tidak mudah bau.

7. Sulap Jadi Meja Lampu Sekaligus Rak Mini untuk Samping Tempat Tidur

Sulap Jadi Meja Lampu Sekaligus Rak Mini untuk Samping Tempat Tidur pinterest

Tim anti ribet mana suaranya? Dekorasi rak mini dari kotak kayu bekas ini paling cocok untuk kamu. Bahkan bisa memanfaatkan satu kotak kayu saja, lho.

Pastikan kotak kayu sudah bersih, tinggal letakkan samping tempat tidur. Jadi! Jika ingin lebih unik, beri roda di bawahnya agar mudah dipindah. Atau tumpuk 2 atau 3 kotak, selesai.

Bagian dalam kotak bisa diisi buku, kaset, hingga ornamen kecil. Bagian atas bisa diletakkan lampu dan pigura foto. Simpel tapi manis!

Gimana? Ingin coba? Kamar tidurmu juga bisa disulap jadi Instagrammable, lho. Murah lagi! Coba ikuti triknya di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel