7 Cara 'Gratis' Ini Bakal Bantu Rambut Tidak Mudah Lepek atau Berminyak, Yuk Ikuti!

Foto: 7 Cara 'Gratis' Ini Bakal Bantu Rambut Tidak Mudah Lepek atau Berminyak, Yuk Ikuti!
WowKeren dan Kanal247


Rambut cepat lepek memang selalu membuat kesal, ternyata cara mengatasinya cukup mudah. Bahkan taktik-taktik tidak terduga justru sanggup membantu mengurangi minyak di rambut.

Kanal247.com - Rambut berminyak atau lepek memang selalu membuat kesal banyak orang. Apalagi jika harus pergi ke suatu acara tertentu, rambut lepek tentu akan membuat merasa tidak percaya diri.

Baca juga ...

Sekarang jangan khawatir, ternyata cara mengatasi rambut lepek bisa dilakukan dengan sederhana. Bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali alias gratis. Taktik menghindari rambut cepat berminyak pun lebih mudah dari bayangan kita, lho.


Penasaran cara-cara sederhana apa yang bisa membantu rambut tidak mudah lepek? Ikuti tipsnya di bawah ini, ya!

1. Keramas Terlalu Sering Sebenarnya Tidak Boleh

Keramas Terlalu Sering Sebenarnya Tidak Boleh

Siapa yang setiap hari keramas? Nah, ternyata kebiasaan ini harus dipikirkan masak-masak. Pasalnya, keramas rutin setiap hari justru membuat kulit kepala lebih cepat memproduksi kelenjar minyak.

Sehingga, jangan membiasakan untuk keramas setiap hari ya. 2-3 hari sekali membersihkan rambut biasanya sudah cukup, kok.

2. Usahakan Tidak Menyentuh Rambut dengan Tangan Kosong

Usahakan Tidak Menyentuh Rambut dengan Tangan Kosong unsplash

Hal lain yang bisa membuat rambut cepat lepek adalah sering menyentuh dengan tangan, lho. Seperti yang kita tahu, tangan kita gunakan untuk menyentuh banyak hal. Sehingga kuman-kuman tentu akan melekat di tangan.

Jika nekat menyentuh rambut dengan tangan yang tidak bersih tentu kuman-kuman akan menempel di rambut juga. Nah, berusaha untuk tak "gemas" dengan rambut sendiri jika tidak diperlukan ya.

3. Jangan Ikat Rambut Jika Masih Basah

Jangan Ikat Rambut Jika Masih Basah unsplash

Tak hanya membuat rambut mudah patah, mengingat rambut ketika masih basah juga bikin minyak cepat muncul. Rambut juga membutuhkan udara segar untuk berkembang, lho.

Jika rambut basah diikat maka akan semakin lama kering dan keringat-keringat malah mudah muncul di kulit kepala. Rambut jadi cepat lepek, deh. Sia-sia keramas, kan?

4. Rambut Terlalu Panjang Bisa Jadi Penyebab Cepat Lepek

Rambut Terlalu Panjang Bisa Jadi Penyebab Cepat Lepek unsplash

Apakah kamu pernah memperhatikan perbedaan rambut lepek di rambut panjang dan pendekmu? Biasanya, rambut panjang lebih cepat lepek lho.

Jika kamu merasa tidak suka dengan rambut panjang yang lepek, sepertinya perlu ganti model rambut nih. Banyak kok model rambut pendek yang bakal tetap membuatmu cantik dan manis, berani coba?

5. Keramas dengan Air Hangat Agar Rileks dan Angkat Minyak di Rambut

Keramas dengan Air Hangat Agar Rileks dan Angkat Minyak di Rambut

Pernah mencoba keramas dengan menggunakan air hangat? Bagaimana sensasinya? Lebih nyaman dan membuat tubuh rileks, bukan? Nah, selain itu juga membantu mengurangi produksi kelenjar minyak di kulit kepala lho.

Jika kelenjar minyak berkurang, tentu rambutmu jadi tidak mudah lepek. Asyik!

6. Coba Ubah Arah Belahan Rambut Lebih Sering

Coba Ubah Arah Belahan Rambut Lebih Sering unsplash

Siapa yang selalu setia dengan arah belahan rambut? Sepertinya, memang banyak banget orang yang jarang mengubah arah belahan rambut.

Nah, siapa sangka jika mengubah arah belahan rambut rutin justru membantu mengatasi permasalahan rambut lepek? Rambut yang terlihat mudah lepek biasanya bagian yang lebih sering terekspos dengan lingkungan. Dengan mengubah arah belahan rambut, masalah rambut lepek yang dialami akan tersamarkan. Simpel, bukan?

7. Keringkan Rambut Sebelum Tidur Itu Wajib!

Keringkan Rambut Sebelum Tidur Itu Wajib! unsplash

Terkadang mencuci rambut sebelum tidur memang membantu agar istirahat lebih nyenyak. Namun, jangan sampai tidur ketika rambut masih basah ya.

Rambut basah akan mudah patah ketika kamu biarkan dan kelenjar minyak juga akan berkembang lebih cepat saat kamu tidur. Duh, mending pastikan tidur dengan rambut kering biar tidak kena flu juga!

Simpel bukan cara mengatasi rambut lepek? Nah, ada juga nih kesalahan sederhana yang justru membuat rambut cantik kita malah rusak. Coba baca di sini, deh.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel