Perhatikan, 8 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Rambut Rusak

Foto: Perhatikan, 8 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Rambut Rusak Unsplash
WowKeren dan Kanal247


Tak banyak diketahui orang, ternyata kebiasaan-kebiasaan sederhana yang kerap dilakukan ini bisa menjadi penyebab rusaknya rambut. Apa saja hal-hal yang harus dihindari itu?

Kanal247.com - Merawat rambut adalah hal yang harus diperhatikan baik-baik. Pasalnya perawatan yang salah justru akan membuat rambut menjadi rusak. Bahkan kebiasaan sederhana pun bisa menjadi alasan permasalahan rambut.

Baca juga ...

Kebiasaan-kebiasaan itu bisa membuat rambut jadi kering, berminyak, hingga bercabang. Sehingga, hal-hal remeh pun harus diperhatikan jika mengharapkan rambut indah.


Apa saja kebiasaan yang harus kamu buang demi rambut indahmu? Cari tahu di sini.

1. Sisir Tidak Bersih

Sisir Tidak Bersih

Sisir tidak bersih ternyata bisa menjadi salah satu alasan rambutmu berminyak hingga berketombe, lho. Apalagi jika sisir itu digunakan bersama-sama.

Pastikan untuk selalu membersihkan sisir usai digunakan. Jika perlu bersihkan menggunakan air serta sabun agar kuman-kuman tersisa dalam sisir benar-benar hilang. Ingat, kuman juga sumber penyakit.

2. Pakai Pita Rambut Terlalu Kencang

Pakai Pita Rambut Terlalu Kencang

Siapa yang suka menguncir rambut? Jangan sampai terlalu kuat ya kala mengikat rambut. Pasalnya, menguncir terlalu kuat dapat menyebabkan rambut patah dan rontok nih.

Memilih kuncir rambut juga bisa dilakukan untuk menghindari terlalu kencang mengingat. Coba saja mencari jenis kuncir yang mudah molor ketika digunakan. Atau pakai japit jedai juga bisa.

3. Kerap Pakai Bahan Kimia untuk Rambut

Kerap Pakai Bahan Kimia untuk Rambut

Bukan rahasia lagi jika terlalu banyak menggunakan bahan kimia untuk rambut akan merusak. Pewarnaan rambut, mengeriting, hingga meluruskan semua akan membuat rambutmu mudah rusak.

Jika ingin memperindah rambut dengan memakai bahan-bahan kimia, pastikan untuk memberikan vitamin dan masker agar kesehatan tetap terjaga. Ribet, sih tapi berguna kok.

4. Gunakan Produk Perawatan Rambut Bermacam-Macam

Gunakan Produk Perawatan Rambut Bermacam-Macam pinterest

Pakai produk perawatan rambut memang bagus, tapi kalau terlalu berlebihan juga salah kaprah. Apalagi jika merek produk yang digunakan bermacam-macam. Jangan deh.

Pakai saja produk perawatan rambut yang benar-benar kamu butuhkan. Jika memang tidak ada masalah dengan rambutmu, lebih baik hanya menggunakan masker rambut atau vitamin saja. Jangan buang-buang uang untuk sesuatu yang tidak diperlukan rambutmu.

5. Tidak Ganti Sampo

Tidak Ganti Sampo

Setia dengan satu produk sampo ternyata tidak bagus, lho. Khususnya untuk kamu yang suka melakukan perubahan pada rambutmu. Misalnya melakukan pewarnaan dan meluruskan.

Pasalnya, setiap menanganan rambutmu usai "berubah" juga tentu berbeda. Pastikan untuk selalu mengubah sampomu sesuai dengan kondisi rambutmu yang berubah.

6. Jarang Potong Rambut

Jarang Potong Rambut

Nah, jarang potong rambut juga ternyata bisa menjadi sumber masalah. Memotong rambut justru memiliki banyak manfaat, lho.

Rambut tua yang berada di ujung biasanya tidak sehat, sehingga ketika dipotong justru akan mudah membuat rambutmu cepat panjang. Rambut bercabang dan patah juga bisa dihindari lewat metode ini. Cukup potong 1-2 cm saja kok.

7. Pakai Sisir dari Atas Rambut ke Bawah

Pakai Sisir dari Atas Rambut ke Bawah

Menyisir rambut dari atas (pangkal) ke bawah ternyata adalah hal yang salah, lho. Kebiasaan itu akan membuat rambut mudah patah, apalagi jika sedang kusut.

Hal yang benar adalah dengan menyisir rambut perlahan dari bawah kemudian ke atas. Caranya pegangi rambutmu setiap menyisir dari bawah, terus hingga naik ke atas.

8. Jangan Sisir Rambut Saat Basah

Jangan Sisir Rambut Saat Basah

Sisiran saat rambut basah sangat dilarang! Kala basah, rambut sedang ada di kondisi yang sangat rapuh. Sehingga, kesalahan sedikit saja bisa membuat rambutmu patah.

Meski kamu menyisir rambut secara perlahan pun bisa tetap membuat rambutmu rontok, lho. Bahkan menyisir dengan menggunakan tangan. Lebih baik tunggu hingga kering baru disisir. Berantakan sih, tapi daripada bikin rusak rambut?

Hayoo siapa yang kerap salah merawat rambut? Sulit, ya jadi cantik? Jika tidak ingin ribet dengan hal-hal di atas tak masalah kok. Asal kamu mencintai dirimu apa adanya. Penasaran cara menganggap diri berharga sesuai zodiakmu? Cari tahu di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...