Sering Merasa Lelah? Depresi Hingga Penyakit Tiroid Bisa Jadi Penyebabnya

Foto: Sering Merasa Lelah? Depresi Hingga Penyakit Tiroid Bisa Jadi Penyebabnya Getty Images
WowKeren dan Kanal247


Jika kalian merasakan lelah yang tidak wajar, mungkin 6 hal ini bisa jadi penyebabnya. Penasaran?

Kanal247.com -


Merasa lelah adalah hal yang wajar di alami seseorang. Apalagi jika anda memiliki segudang pekerjaan atau pun kegiatan setiap harinya.

Namun, apakah kalian pernah merasakan lelah saat tidak beraktivitas terlalu banyak? Mungkin hal tersebut dapat disebabkan beberapa alasan medis atau kebiasaan buruk kalian.

Baca juga ...

Berikut 6 alasan yang dapat menjadi alasan timbulnya rasa lelah terlalu sering. Yuk simak di sini.

1. Dehidrasi

Dehidrasi

Setiap fungsi tubuh selalu membutuhkan hidrasi. Ketika kalian tidak minum banyak air atau bahkan dehidrasi maka kerja tubuh akan melambat. Hal ini lah yang kemudian diterjemahkan oleh otak sebagai "kantuk".

Dilasir dari wolipop.detik, menurut studi The Journal of Nutrition pada tahun 2012, kalian akan mudah merasa kelelahan saat tidak memenuhi minimal 1,5% kebutuhan air. Tidak hanya kelelahan, kalian juga bisa mengalami perubahan mood atau biasa disebut mood swing.

2. Gangguan Tiroid yang Belum Terdeteksi

Gangguan Tiroid yang Belum Terdeteksi

Tiroid merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Tiroid terdapat di leher dan menghasilkan hormon yang mengontrol metabolisme pada tubuh kita.

Seseorang yang mengalami masalah tiroid seperti hyperthyroid (kelebihan hormon tiroid) atau hipothyroid (kekurangan hormon tiroid) mengalami gelaja yang sama yakni kelelahan. Jika kalian merasakan hal tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter ahli.

3. Sedang Diet

Sedang Diet

Saat sedang diet, kalian membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Itu artinya sama dengan membatasi energi yang kalian miliki.

Diet yang tak seimbang menjadi salah satu alasan seseorang mudah lelah dan mengantuk. Ketika menjalani diet, kalian tidak boleh melupakan kebutuhan karbohidrat, protein, serat, kalsium dan vitamin agar selalu bertenaga setiap harinya.

4. Kalian Orang yang Berantakan

Kalian Orang yang Berantakan

Sebuah penelitian menemukan bahwa lingkungan yang berantakan dan kacau membatasi kemampuan otak kalian untuk fokus, lho. Karena kalian harus bekerja lebih keras untuk memperhatikan apa pun dan semua hal yang terjadi sepanjang hari. Upaya ekstra yang dilakukan dapat menyebabkan kelelahan mental.

Kalian harus mulai merapikan barang-barang di sekitar. Misalnya meja kantor, meja rias di kamar dan masih banyak lagi. 10 menit untuk melakukan hal tersebut akan menghemat berjam-jam.

5. Depresi

Depresi

Depresi dapat berdampak pada banyak hal dalam kehidupan. Misalnya pola tidur, makan, motivasi dan masih banyak lagi. Depresi tidak hanya menyebabkan kelelahan mental, tetapi juga fisik.

Tiap orang memiliki gejala depresi yang berbeda-beda. Jika depresi itu mempengaruhi cara makan seseorang, tentunya akan berakibat ke pasokan energinya juga.

6. Tidak Sarapan

Tidak Sarapan

Makanan secara harfiah adalah bahan bakar kalian untuk beraktivitas. Jika kalian melewatkan makan, sama saja dengan tidak memberi tubuh bahan bakar.

Pastikan kalian memulai hari dengan menyantap sarapan yang bergizi yang penuh dengan karbohidrat, protein dan lemat. Agar tubuh tetap segar dan membantu kalian tetap fokus.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel