7 Tradisi Khas Idulfitri Ini Tetap Bisa Dilakukan Meski Lebaran #diRumahAja

Foto: 7 Tradisi Khas Idulfitri Ini Tetap Bisa Dilakukan Meski Lebaran #diRumahAja unsplash



Tradisi-tradisi khas yang hanya terlihat di Hari Raya Idulfitri tetap bisa dilakukan meski saat ini patut untuk merayakan Lebaran di rumah karena pandemi virus corona berlangsung.

Kanal247.com - Hari Raya Idulfitri sudah tinggal menghitung hari, sayang Lebaran tahun 2020 akan terasa berbeda karena adanya pandemi virus corona yang tengah berlangsung. Pemerintah pun mengimbau untuk merayakan Lebaran di rumah saja.

Baca juga ...

Upaya tersebut tentu patut dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona yang masih mengancam. Namun, jangan khawatir beberapa tradisi Lebaran tetap bisa dilakukan meski melakukan karantina diri di rumah kok.


Bagaimana caranya tetap menghidupkan tradisi Lebaran di tengah pandemi COVID-19? Cek di sini, yuk!

1. Makan Opor Ayam dan Ketupat

Makan Opor Ayam dan Ketupat resep koki

Opor ayam dan ketupat menjadi makanan paling identik dengan Lebaran. Kamu tentu tetap bisa merasakannya, bukan? Kamu bisa memasak sendiri atau pesan via daring.

Untuk kamu yang tidak bisa mudik tahun ini, mungkin rasa opor ayam akan berbeda. Namun, yang terpenting adalah perasaan lega karena bisa makan opor ayam di Lebaran.

2. Foto Bareng Keluarga Kenakan Baju Seragam

Foto Bareng Keluarga Kenakan Baju Seragam instagram

Untuk kamu yang bisa merasakan di rumah saja dengan keluarga, tentu patut disyukuri bukan? Kamu bisa melakukan foto bersama dengan pakaian kembaran kala Lebaran seperti tahun biasanya. Tak perlu baju baru, pakaian Idulfitri tahun lalu juga tidak masalah.

Untuk kamu yang jauh dari keluarga karena tidak bisa mudik, tetap bisa foto bareng kok. Janjian mengenakan pakaian senada, usai itu foto di tempat masing-masing. Bisa manfaatkan aplikasi edit foto agar tampak seperti bersama-sama. Tertarik?

3. Saling Memaafkan Manfaatkan Video Call

Saling Memaafkan Manfaatkan Video Call unsplash

Meski tak bisa mudik, perkembangan teknologi benar-benar membantu untuk tetap saling silaturahmi Lebaran. Kamu tetap bisa melakukan panggilan video dengan keluarga dan saling meminta maaf seperti tradisi Idulfitri pada umumnya.

Mungkin kamu tidak bisa melakukan sungkem, namun permintaan maaf tulus melalui video call patut dicoba bukan? Cukup disiapkan kuota untukmu dan keluargamu.

4. Adakan Pertemuan Keluarga Besar dengan Aplikasi Zoom

Adakan Pertemuan Keluarga Besar dengan Aplikasi Zoom unsplash

Perkembangan teknologi juga bisa membantumu untuk mengadakan pertemuan keluarga besar melalui daring, kok. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Zoom yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dengan banyak orang sekaligus.

Pertemuan online bareng keluarga besar melalui daring akan menjadi kenangan tersendiri di masa depan, lho. Ketika berjumpa secara langsung kamu bisa nostalgia. Terdengar manis, bukan?

5. Kirimkan Parcel Lebaran Andalkan Ojek Online dan Ekspedisi

Kirimkan Parcel Lebaran Andalkan Ojek Online dan Ekspedisi

Mengirim dan menerima parcel Lebaran juga menjadi tradisi yang selalu terjadi setiap tahun. Lagi-lagi, atas bantuan teknologi kamu tetap bisa melakukannya meski tengah karantina diri di rumah kok.

Cukup telepon jasa pembuat parcel Lebaran dan minta tolong untuk dikirimkan ke alamat orang-orang yang ingin kamu berikan. Kamu juga bisa membuat sendiri kemudian menggunakan jasa ojek online untuk mengirimkan. Saling membantu itu keren!

6. Makan Kue Khas Lebaran Sambil Janjian Nonton Film

Makan Kue Khas Lebaran Sambil Janjian Nonton Film

Karantina di rumah memang membuat kita menjadi serba memanfaatkan jasa online, deh. Kue Lebaran pun juga bisa dibeli via daring atau buat sendiri dengan melihat resep di YouTube atau blog.

Meski berjauhan ketika Idulfitri, kamu bisa merasakan kebersamaan dengan janjian nonton film yang sama sambil makan kue Lebaran. Terdengar asyik, kan?

7. Bagi Angpau dengan Manfaatkan Transfer Via M-Banking atau Digital Money

Bagi Angpau dengan Manfaatkan Transfer Via M-Banking atau Digital Money

Bagi-bagi angpau Lebaran juga menjadi tradisi yang tetap bisa dijaga meski berjauhan, lho. Kamu bisa memanfaatkan transfer melalui m-banking atau aplikasi digital money di ponsel. Lebih hemat karena tidak harus membeli amplop Lebaran!

Semoga tradisi Lebaran keluargamu tetap bisa berjalan mulus di tengah pandemi COVID-19, ya. Eiiits, ingat ketika beli segalanya via daring kamu harus pastikan barang yang diterima aman. Pasalnya, virus corona bisa hidup di permukaan benda lho. Cek masa hidup virus corona di permukaan berbagai benda di sini, ya! Dan cek juga cara aman buka paket selama pandemi di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel