7 Trik Sederhana Simpan Uang Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Gagal Menabung, Yuk Coba!

Foto: 7 Trik Sederhana Simpan Uang Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Gagal Menabung, Yuk Coba! unsplash
WowKeren dan Kanal247


Suka gagal menabung meski berusaha keras untuk tidak boros? Yuk, ikuti beberapa taktik sederhana untuk menyimpan uang agar usaha menabung berjalan lancar.

Kanal247.com - Menabung memang hal yang mudah dilakukan, apalagi bagi orang-orang boros. Meski begitu, menabung adalah hal yang harus dicoba agar mempunyai dana darurat di masa depan.

Baca juga ...

Uang tabungan juga bisa dipakai untuk membeli atau melakukan kegiatan yang mungkin sulit dilakukan dengan alasan "pendapatan pas-pasan", lho. Bahkan menyimpan uang bisa dilakukan dengan cara sederhana dan tidak sulit untuk dicoba.


Penasaran apa saja tips menabung simpel yang bisa kamu coba agar sukses menyimpan uang? Yuk, ikuti taktik di bawah ini.

1. Coba Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran Lewat Aplikasi Ponsel

Coba Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran Lewat Aplikasi Ponsel unsplash

Sudah pernah mencoba menggunakan aplikasi pembukuan di ponsel atau bahkan melakukan manual? Itu bisa dijadikan trik untuk melancarkan usaha menabung, lho.

Catatan pemasukan dan pengeluaran akan membantu agar mengetahui kemana larinya uangmu. Sehingga, kamu akan mulai mengetahui seberapa banyak uang yang terbuang sia-sia dan mulai memahami mengenai skala prioritas. Mau coba?

2. Pisah Uang untuk Kebutuhan Tertentu

Pisah Uang untuk Kebutuhan Tertentu unsplash

Memisahkan uang untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu juga bisa dilakukan, nih. Kamu bisa mengira-ngira uang yang kamu butuhkan untuk hal-hal tertentu. Misalnya, uang khusus transportasi, makan, dan sebagainya.

Sehingga, penggunaan uang itu akan sesuai dengan budget yang kamu tentukan di awal. Sisa uang dari penggolongan ini akhirnya bisa ditabung, deh. Asyik, kan?

3. Simpan Uang Nominal Tertentu

Simpan Uang Nominal Tertentu unsplash

Ada yang pernah sulit mendapatkan uang dengan nominal tertentu? Nah, coba deh selalu simpan uang nominal itu sebagai dengan niat "harus ditabung". Contohnya, setiap mendapatkan uang nominal 20 ribu akan disimpan.

Tak perlu nominal besar, coba saja dulu dengan uang pecahan kecil. Jika rutin dilakukan, pasti tidak sadar akan terkumpul banyak. Asyik!

4. Jangan Bawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Jangan Bawa Uang Tunai Terlalu Banyak unsplash

Biasanya terlalu banyak membawa uang tunai membuatmu akan mudah "kalap". Sehingga, akan lebih baik jika tidak membawa banyak uang tunai ketika bepergian. Kemudian menjadikan kartu ATM untuk keperluan darurat saja.

Jika kamu tipe yang tak bawa uang tunai, coba membawa 2 ATM. Satu untuk jajan dengan batasan tertentu, sisanya ATM khusus keperluan darurat. Ribet sih, tapi kalau sukses bukankah menyenangkan?

5. Jangan Remehkan Uang Receh

Jangan Remehkan Uang Receh unsplash

Hayoo, siapa yang menganggap uang koin alias recehan pengganggu? Yuk, ubah pemikiran itu. Uang receh bisa juga dijadikan uang darurat di masa depan lho. Coba saja kumpulkan setiap uang receh yang kamu punya dalam wadah.

Lebih baik memilih wadah yang gelap dan tidak memungkinkan untuk dilihat dari luar. Tanpa kamu sadari, uang-uang koin ini akan berkembang semakin banyak. Suatu saat bisa kamu tukar ke bank, deh.

6. Kunci Tabungan atau Titipkan Kartu ATM

Kunci Tabungan atau Titipkan Kartu ATM unsplash

Kamu tipe yang suka menabung di celengan atau bank, nih? Jika suka menabung manual dengan celengan atau sekadar menyisihkan uang di dompet tertentu, maka coba deh memakai sistem kunci. Gembok celengan dan jika perlu titipkan kunci ke orang lain agar kamu sulit mengambil.

Jika lebih suka menabung di bank, kamu bisa menggunakan rekening khusus menabung. Kartu ATM bisa kamu titipkan orang yang dipercaya juga, jadi tidak bisa kamu tarik tunai deh. Cara nabungnya gimana dong? Gampang, tinggal transfer dari rekeningmu lainnya. Berani coba?

7. Manfaatkan Diskon dan Cashback dengan Baik

Manfaatkan Diskon dan Cashback dengan Baik unsplash

Siapa yang suka dengan diskon? Nah, ini juga bisa dijadikan trik menabung paling jitu. Usahakan selalu menyimpan uang potongan diskon yang kamu dapatkan.

Bisa juga memanfaatkan cashback yang didapatkan menggunakan aplikasi uang digital, seperti OVO, Go-Pay, Dana, dan lain sebagainya. Jadi hasil cashback itu bakal jadi tabungan tersendiri. Asyik, bukan?

Bukan cuma memungkinkanmu dapat potongan harga, lho. Uang digital juga mempunyai banyak manfaat lainnya, coba deh cari tahu di sini.

Ada tips menabung lain yang kamu tahu? Bagi tipsnya di kolom komentar, ya!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel