Sembunyikan Rasa Sedih Bisa Beri 7 Dampak ‘Seram’ Ini, Percaya?

Foto: Sembunyikan Rasa Sedih Bisa Beri 7 Dampak ‘Seram’ Ini, Percaya? unsplash
WowKeren dan Kanal247


Tidak banyak diketahui oleh orang-orang, ternyata menyembunyikan perasaan sedih justru tidak dianjurkan lantaran mempunyai cukup banyak dampak buruk. Apa saja?

Kanal247.com - Banyak orang beranggapan, jika menyembunyikan kesedihan adalah yang benar. Pasalnya, kesedihan yang dirasakan dianggap bisa menghilang dengan sendirinya.

Baca juga ...

Namun, ternyata menyembunyikan kesedihan di depan orang lain ternyata bukanlah hal yang tepat dilakukan. Rasa sedih itu disebut-sebut justru akan sulit menghilang jika tidak dilontarkan terus terang bahkan mempunyai dampak buruk, lho.


Penasaran apa dampak yang bisa didapat jika berusaha menyembunyikan rasa sedih? Cari tahu di sini.

1. Masalah Akan Jadi Berlarut-larut

Masalah Akan Jadi Berlarut-larut unsplash

Terkadang rasa sedih muncul karena masalah yang terjadi di kehidupan kita. Sehingga, jika rasa sedih itu dipendam tanpa solusi tepat akan membuat masalah itu tak kunjung selesai.

Berbeda jika berbagi dengan orang lain. Solusi-solusi tidak terpikirkan oleh diri sendiri mungkin akan muncul dan membantu masalah cepat selesai. Bukankah lebih baik?

2. Bikin Terus Kepikiran

Bikin Terus Kepikiran unsplash

Tak hanya membuat masalah tak kunjung selesai, kamu juga akan terus kepikiran dan selalu sedih jika tidak bercerita ke orang lain. Seperti yang kita tahu, kesedihan adalah beban pikiran.

Jika beban itu terus menumpuk, akan membuat kesehatan mental terganggu. Tak cuma bakal sedih terus, kamu juga bisa depresi. Mau?

3. Bohong dengan Diri Sendiri

Bohong dengan Diri Sendiri unsplash

Berusaha menutupi kesedihan yang dirasakan, secara tidak langsung memaksa diri sendiri "baik-baik saja". Percayakah kamu jika cara itu lain menyembunyikan rasa kecewa?

Rasa kecewa tidak mudah hilang, lho. Semakin berlarut-larut dan membuat dirimu sendiri tidak tenang. Terkadang, ketika sedih yang perlu dilakukan hanya ikhlas dan memaafkan kesalahan diri sendiri. Berani coba?

4. Bisa Berujung Jadi Penyakit Hati

Bisa Berujung Jadi Penyakit Hati unsplash

Pernah dengar jika rasa sedih bisa membuat diri kita tidak bersyukur? Hal itu benar, lho. Semakin kita berusaha menyembunyikan kesedihan dan tidak memaafkan kesalahan, membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Iri, dengki, hingga membenci orang lain akan muncul semakin banyaknya rasa sedih yang kita simpan. Duh, ngeri!

5. Berusaha Jadi Orang Lain

Berusaha Jadi Orang Lain unsplash

Tak cukup jadi iri, kesedihan yang berlarut-larut juga akan membuatmu berusaha "meniru" orang lain. Kamu berharap jika seperti orang lain akan menyingkirkan kesedihanmu dengan sendirinya.

Namun, anggapan itu justru salah besar. Berusaha menjadi orang lain dan mengubur diri sendiri justru akan membuatmu semakin tertekan. Kamu tidak akan terhibur dengan melihat sosok orang lain dalam diri sendiri, setuju?

6. Merasa Sendiri di Tengah Keramaian

Merasa Sendiri di Tengah Keramaian unsplash

Jika kamu merasa menjadi "orang lain" membuatmu mendapatkan banyak teman yang mengelilingi sehingga kesedihan berkurang, maka kamu salah besar. Ketika melakukan hal-hal tidak dari diri sendiri, kamu akan merasa orang lain perbuat serupa.

Kamu akan sulit percaya kepada orang lain, hingga terus menaruh kecurigaan. Sikap takut ditinggal ketika jadi diri sendiri juga akan muncul. Bukankah hal itu justru akan membuatmu semakin sedih?

7. Hidup Tidak Bahagia

Hidup Tidak Bahagia unsplash

Kesedihan yang terus dipendam akan membuatmu merasa orang paling tidak beruntung, tak mendapatkan kasih sayang, hingga hidup sia-sia. Berbeda ketika kamu berusaha berbagi kesedihanmu, nih.

Ketika kamu berbagi kesedihan dan orang lain itu membantumu, ada semangat tersendiri yang akan muncul. Semangat itu akan jadi kebahagiaan baru, lho. Berani coba?

Berbagi kesedihan ke orang lain bukan berarti kamu lemah, kok. Jangan berpikir kesedihanmu akan menjadi beban orang lain, deh. Teman baik pasti akan lebih senang jika kamu bersedia berbagi rasa sedihmu, benar bukan?

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel