Selain Mengobati Mimisan, Ini 7 Manfaat Daun Sirih yang Bisa Kalian Dapatkan

Foto: Selain Mengobati Mimisan, Ini 7 Manfaat Daun Sirih yang Bisa Kalian Dapatkan
WowKeren dan Kanal247


Manfaat daun sirih yang paling terkenal adalah mengobati mimisan. Padahal banyak khasiat lainnya, lho. Simak di sini.

Kanal247.com - Daun sirih merupakan tanaman yang kerap digunakan dalam pengobatan tradisional. Kalian pasti sudah mengetahui bahwa daun sirih dapat menyembuhkan mimisan. Atau kalian sudah pernah mencobanya?

Baca juga ...

Sebelum beralih ke manfaat daun sirih lainnya, perlu kalian tahu bahwa tanaman ini mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air sehingga daun sirih rendah lemak dan kalori.


Nah, berikut 7 manfaat daun sirih selain mengobati mimisan. Simak di bawah ini, yuk!

1. Daun Sirih dapat Menyembuhkan Diare

Daun Sirih dapat Menyembuhkan Diare

Kalian mungkin tidak banyak yang tahu bahwa daun sirih dapat menyembuhkan diare. Tanaman ini memiliki davikol yang dapat membunuh bakteri lima kali lipat dari fenol biasa. Kandungan taninnya juga baik untuk mencegah penyakit diare.

Selain itu, daun sirih dapat mengatasi masalah pencernaan lain seperti mengurangi nyeri lambung, meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun serta radikal bebas yang berbahaya. Tanaman herbal satu ini juga akan menormalkan kembali pH untuk meredakan maag dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

2. Menyembukan Luka dengan Cepat

Menyembukan Luka dengan Cepat

Daun sirih dapat mempercepat penyembuhan suatu luka, terutama luka bakar ringan. Hal ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Saat seseorang mengalami luka bakar, maka stres oksidatif akan meningkat. Hal tersebut yang menyebabkan proses penyembuhan menjadi terhambat.

Tak hanya itu, manfaat ini juga didapatkan lantaran daun sirih memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Kandungan tersebut membuatnya menjadi antiseptik yang luar biasa.

3. Gejala Depresi dapat Diatasi dengan Daun Sirih

Gejala Depresi dapat Diatasi dengan Daun Sirih

Menurut penelitian, daun sirih dapat membantu mengendalikan gejala depresi. Kalian dapat meminum air daun sirih atau meminum rebusannya. Daun sirih akan memicu untuk memproduksi hormon bahagia serototonin yang lebih banyak.

Depresi merupakan penyakit mental yang tidak boleh diabaikan. Penderitanya mengalami perasaan murung, gelisah, kesal dan emosi lain yang tak stabil. Parahnya, penyakit ini bisa saja memicu seseorang melakukan bunuh diri.

4. Daun Sirih dapat Menurunkan Kolesterol Dan Tekanan Darah

Daun Sirih dapat Menurunkan Kolesterol Dan Tekanan Darah

Daun sirih cocok bagi kalian yang menderita kolesterol tinggi dan hipertensi. Tanaman ini memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif sehingga akan menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL atau yang biasa disebut lemak jahat.

Untuk memanfaatkan daun sirih, kalian dapat merebut tiga hingga empat lembar daun sirih merah dan meminum air rebusan tersebut. Lakukan secara rutin dua kali sehari hingga tekanan darah menurun, ya.

5. Hilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih

Hilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih

Buat kalian yang memiliki masalah bau badan, coba manfaatkan daun sirih. Tanaman herbal satu ini dapat mengusir bau badan yang tak sedap. Hal tersebut lantaran daun sirih mengandung eogenol, kavinol dan zat samak.

Caranya mudah, kalian dapat merebus beberapa lembar daun sirih untuk diminum. Tambahkan madu untuk mengurangi rasa ketir yang dihasilkan rebusan daun sirih tersebut.

6. Turunkan Gula Darah

Turunkan Gula Darah

Selain penderita hipertensi, penderita diabetes juga wajib mencoba daun sirih sebagai obat alternatif. Penelitian menemukan bahwa seseorang yang meminum air rebusan air sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Antioksidan tinggi di dalamnya yang berfungsi mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Namun, bagi kalian yang menderita diabetes wajib mengonsultasikan hal ini kepada dokter, ya. Pasalnya, dikhawatirkan akan ada resiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan obat.

7. Daun Sirih dapat Menghilangkan Kutu

Daun Sirih dapat Menghilangkan Kutu

Untuk kecantikan, daun sirih dapat membantu membasmi kutu di rambut, lho. Cara penggunaannya juga mudah, Kalian hanya perlu merebus daun sirih kemudian balurkan ke seluruh rambut. Diamkan beberapa jam kemudian bilas hingga bersih.

Selain itu, kalian dapat menghaluskan daun sirih kemudian campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Ratakan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut. Bilas hingga bersih setelah sebelumnya didiamkan beberapa jam. Simak bahan alami lainnya yang dapat membasmi kutu di sini.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...