Analisis Kekuatan & Kelemahan Agensi Hallyu Wave: SM, JYP, YG Entertainment

Foto: Analisis Kekuatan & Kelemahan Agensi Hallyu Wave: SM, JYP, YG Entertainment
WowKeren dan Kanal247


Simak secara lengkap informasi tentang kekuatan dan kelemahan dari 3 agensi besar artis Korea itu di bawah ini.

Kanal247.com - Demam Hallyu Wave masih terus terasa. Ketiga agensi pelopornya; SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment masing-masing memiliki kemiripan dan perbedaan.

Baca juga ...

SM Entertainment didirikan pada tahun 1995, YG Entertainment pada tahun 1996, dan JYP Entertainment pada tahun 1997. Sementara masing-masing perusahaan berbagi ancaman umum dari larangan Hallyu di China, mereka juga memiliki banyak kekuatan dan kelemahan yang berbeda, yang akan mempengaruhi bisnis mereka di tahun 2017.


Baru-baru ini, Newsis merilis sebuah laporan ekstensif yang menguraikan kekuatan dan kelemahan dari 3 Agensi terbesar di Korea Selatan tersebut. Masing-masing dari tiga perusahaan besar ini memiliki kekuatan dan kelamahannya sendiri, tapi siapa kelompok yang berpotensi menjadi kekuatan di agensi besar itu?

1. Kekuatan SM Entertainment

Kekuatan SM Entertainment

SM Station adalah sebuah proyek yang memamerkan kemampuan tim produksi SM Entertainmnet. Proyek ini dimulai pada tanggal 3 Februari 2016 dengan merilis "Rain" oleh Taeyeon, dan tidak mungkin perusahaan lain kecuali SM. Kolaborasi dengan MBC "Infinity Challenge", JTBC "Knowing Brothers", Yoon Mirae, dan proyek lainnya menjadikan SM Station sebagai proyek yang sukses dan unik.

Kekuatan lain dari SM Entertainment terletak pada Girl's Generation, yang akan merayakan 10 tahun ulang tahun mereka tahun ini. Mereka masih dianggap sebagai ikon girlband K-Pop, dan akan tetap menjadi titik kuat bagi SM.

Kembalinya TVXQ adalah alasan lain mengapa SM begitu kuat, karena Yunho telah menyelesaikan wajib militernya pada bulan April dan Changmin pada bulan Agustus. Member Super Junior Eunhyuk, Donghae, dan Siwon semua akan kembali tahun ini.

2. Kelemahan SM Entertainment

Kelemahan SM Entertainment

NCT belum tampil sebaik yang diharapkan setelah pengumuman grup anak baru dari SM Entertainment. Konsep NCT berkisar pada member yang membuat baru debut atau comebacks berdasarkan konsep kelompok atau lokasi promosi mereka. Sayangnya untuk SM Entertainment, NCT belum cukup menemukan pijakan mereka, namun ada banyak waktu untuk memperbaiki diri.

3. Peluang Baru Untuk SM Entertainment

Peluang Baru Untuk SM Entertainment
Ada harapan yang sangat tinggi untuk Red Velvet, yang melakukan comeback mereka pada 1 Februari dengan "Rookie". Comeback Red Velvet mungkin bisa tumpang tindih dengan Twice, namun masih ada potensi besar bagi mereka untuk menancapkan diri sebaga girlband K-Pop papan atas.

4. Kekuatan YG Entertainment

Kekuatan YG Entertainment

Penambahan Sechs Kies, yang merayakan ulang tahun 20 tahun mereka tahun ini, telah menjadi tambahan besar bagi perusahaan tersebut. Sementara member Big Bang mungkin tidak melakukan promosi sebagai grup dengan formasi yang lengkap untuk sementara karena ditinggal T.O.P untuk melakukan wajib militer, namun para member yang lain akan merilis album solo.

YG Entertainment juga telah memperluas produksi kontennya, dimulai dengan SBS "Flower Crew" dan merekrut banyak produsen.YG juga memiliki label independen "The Black Label", yang didirikan oleh produser andalan YG Entertainmenet, Teddy.

5. Kelemahan YG Entertainment

Kelemahan YG Entertainment
Kelemahan terbesar YG Entertainment pada tahun ini terjadi karena hilang beberapa bintang dari perusahaan tersebut. Big Bang tidak akan melakukan promo dengan yang member lengkap lagi selama beberapa tahun karena wajib militer, dan girlband andalannya, 2NE1 resmi bubar pada bulan November 2016.

6. Peluang Baru Untuk YG Entertainment

Peluang Baru Untuk YG Entertainment
Pembubaran 2NE1 dan member Big Bang yang satu per satu bersiap diri untuk menjalani wajib militernya membuka lebih banyak kesempatan bagi kelompok muda YG. Black Pink, Winner, dan iKON semuanya diharapkan bisa melakukan promosi tahun ini.

7. Kekuatan JYP Entertainment

Kekuatan JYP Entertainment
JYP Entertainment akan merayakan ulang tahun 20 tahun perusahaan ini tahun ini. Twice menjadi salah satu girlband yang sedang mencuri perhatian seluruh pecinta K-Pop dan menjadi kesuksesan besar bagi JYP Entertainment sejak didirikan 20 tahun silam. Jumlah penghargaan dan rekor yang diterima Twice membuktikan kemampuan JYP dalam mengarahkan girlbandnya dengan sangat baik.

8. Kelemahan JYP Entertainment

Kelemahan JYP Entertainment

Twice mungkin merupakan wajah baru JYP Entertainment namun masih disayangkan bahwa grup ikonik Wonder Girls dibubarkan.Yeeun dan Sunmi juga meninggalkan perusahaan tersebut, memilih untuk masuk ke tempat lain sementara Yubin dan Hyelim tinggal dengan JYP Entertainment.

2PM juga diharapkan dapat melakukan promosi terakhir mereka sebagai grup penuh pada bulan Maret dengan memuaskan karena mengingat sebentar lagi mereka akan segera mendaftarkan diri untuk menjalani wajib militer. Aktivitas Miss A sebagai grup penuh sepertinya tidak akan datang dalam waktu dekat.

9. Peluang Baru JYP Entertainment

Peluang Baru JYP Entertainment

GOT7 akan menjadi grup yang bertugas menutup celah yang akan ditinggalkan 2PM. Meskipun GOT7 tidak menarik tanggapan eksplosif dari masyarakat, namun mereka terus meningkatkan popularitasnya.

Poin penting untuk JYP Entertainment adalah Day6. Day6 akan merilis lagu baru setiap bulannya, dan dengan setiap rilis mereka, adalah kesempatan untuk mendapatkan penggemar baru.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel