Hingga Ratusan Juta, Begini Penghasilan Para Penulis Lagu Kpop Jika Sukses Duduki Chart MelOn

Foto: Hingga Ratusan Juta, Begini Penghasilan Para Penulis Lagu Kpop Jika Sukses Duduki Chart MelOn Instagram



Cosmic Sound Kim Ki Hyun dan mantan anggota RaNia dan Cosmic Girl Yoo Joo Yi buka-bukaan dalam akun YouTube AYO membahas soal penghasilan penulis lagu Kpop jika sukses masuk chart MelOn.

Kanal247.com - Jika para pencinta Kpop pernah bertanya-tanya berapa penghasilan seorang penulis lagu dengan karyanya, kini tidak perlu penasaran lagi. Penulis lagu profesional Cosmic Sound Kim Ki Hyun dan mantan anggota RaNia dan Cosmic Girl Yoo Joo Yi melakukan wawancara dengan saluran YouTube AYO untuk membahas tentang profesi mereka.

Salah satu komentar bertanya langsung tentang royalti yang mereka peroleh dan keduanya pun menjawab dengan gamblang. "Berapa banyak yang akan mereka hasilkan jika itu adalah lagu solo No. 1 MelOn yang ditulis? Aku hanya akan merasa cemburu. Mereka tidak akan khawatir selama empat tahun ke depan jika satu lagu menjadi hit," jawabnya.

Sedangkan Cosmic Sound tidak dapat disangkal adalah orang terbaik untuk menjawab pertanyaan tersebut. Apalagi beberapa lagu yang diciptakannya seperti "A Midsummer Night’s Sweetness" yang dinyanyikan San E dan "Me You", "Bad Year" dan "Mohae" mendapatkan tempat pertama.

Cosmic Sound mengklarifikasi bahwa mencapai puncak tangga lagu bukanlah hal yang membuat penulis lagu menghasilkan begitu banyak. "Jika kalian hanya memuncaki grafik dan kembali, jumlahnya tidak terlalu besar," ujar Cosmic Sound. Menurutnya, uang riil berasal dari tetap konsisten di grafik. Cosmic Sound juga tidak segan-segan memberikan kisaran berapa sebenarnya penghasilan mereka.

Baca juga ...

"Setiap lagu bisa berbeda, tetapi jika kalian No 1, kalian akan menghasilkan sekitar 20-30 juta KRW (sekitar USD 16.843- 25.264)," lanjutnya. Sedangkan jika dikurskan dalam rupiah bisa mencapai Rp 248, 6 hingga 372,8 jutaan.

Cosmic Sound lalu menjelaskan bahwa lagu yang dia tulis untuk San E, "A Midsummer Night’s Sweetness", menempati peringkat kelima di MelOn. Dari pengalaman ini dia belajar bahwa bertentangan dengan apa yang diharapkan komentar itu, penghasilannya tidak cukup untuk bertahan selama empat tahun. Namun, jumlahnya masih cukup besar.

Cosmic Sound dan Cosmic Girl kemudian mengakhiri tanggapannya dengan memberikan penafian bahwa penghasilan seorang penulis lagu sangat bergantung pada keadaan. "Tentu saja, ini bisa berbeda untuk setiap orang, jadi kami tidak dapat berbicara atas nama semua penulis lagu," pungkas keduanya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel