Rasisme Masih Jadi Momok, CL Bongkar Pengaruh 'Budaya Hitam' di Industri K-Pop

Foto: Rasisme Masih Jadi Momok, CL Bongkar Pengaruh 'Budaya Hitam' di Industri K-Pop Instagram



Belakangan ini isu rasisme kembali disorot karena adanya penyerangan terhadap warga kulit hitam. Bak memberi dukunga, CL akhirnya membongkar bahwa industri musik K-Pop malah sering terinpirasi dari budaya mereka.

Kanal247.com - CL adalah penyanyi-penulis lagu dan penyanyi rap yang memulai debutnya pada tahun 2009 sebagai pemimpin kelompok gadis legendaris 2NE1. Di atas banyak pencapaian grup, ia juga satu-satunya solois wanita Korea yang masuk dalam daftar Billboard Hot 100 pada tahun 2015 dengan lagu "Lifted".


Baca juga ...

Sebagai salah satu penyanyi asal Korea Selatan yang cukup sukses dan tahu betul seluk-beluk industri K-Pop, CL baru-baru ini ikut bersuara tentang budaya rasisme yang masih saja mengancam warga kulit hitam. Ia menulis surat yang menyerukan kesadaran lebih besar tentang bagaimana semua aspek industri K-pop telah terinspirasi oleh budaya hitam.

CL juga mendorong semua orang untuk peduli dan mendukung gerakan #BlackLivesMatter. Pada Kamis (4/6), CL berbagi tentang inspirasi para musisi kulit hitam yang ternyata berpengaruh terhadap karirnya sebagai seorang solois K-Pop populer. Ia berharap jika para seniman tak tutup mata karena banyak mereka para artis kulit hitam yang secara tak langsung telah berpengaruh terhadap karya-karya yang ditelurkan.

"'Mis The Miseducation of Lauryn Hill' adalah album pertama yang dibeli ayah saya. 'DANGEROUSLY IN LOVE' Beyonce Knowles adalah CD pertama yang saya beli untuk diri saya sendiri. Janet Jackson mengajari saya kekuatan gerakan tarian dan ekspresi," tulis CL. "Missy Elliott adalah mengapa saya sangat terobsesi dengan visual video saya. Lil Kim adalah salah satu pelopor Fashion yang mengajari saya bagaimana menjadi berani dalam cara saya menceritakan kisah melalui pakaian."

"Ini hanyalah beberapa contoh dari wanita inti yang telah menginspirasi saya selama bertahun-tahun," sambungnya. "Artis, sutradara, penulis, penari, desainer, produser, stylist di industri K-pop semuanya terinspirasi oleh budaya hitam baik mereka mengakuinya atau tidak."

"Saya ingin mendorong semua penggemar K-pop untuk memberikan kembali dan menunjukkan cinta dan dukungan mereka untuk semua yang kami terima dari artis yang berasal dari ras kulit hitam," tegasnya. "Saya ingin menjelaskan kepada semua penggemar K-pop, sesama orang Asia dan non-Amerika yang merasa bahwa mereka memiliki sedikit atau tidak ada hubungan dengan apa yang terjadi bahwa kita semua terhubung pada akhir hari."

CL mengajak semua kalangan untuk berdiri bersama dalam melawan rasisme dan ketidak adilan. "Kita harus berdiri bersama sebagai orang yang membantu mereka memperjuangkan keadilan. Tidak ada kata terlambat," harap penyanyi cantik itu.

Komentar Anda

Tags

cl

Rekomendasi Artikel