Melanie Subono Kritik Pemerintah Soal Pemeriksaan Kesehatan di Bandara Hingga Desak Lakukan Lockdown

Foto: Melanie Subono Kritik Pemerintah Soal Pemeriksaan Kesehatan di Bandara Hingga Desak Lakukan Lockdown Instagram
WowKeren dan Kanal247


Penanganan virus corona di Indonesia menjadi perhatian banyak kalangan. Melanie Subono melayangkan kritik kepada pemerintah soal cek kesehatan yang dilakukan di bandara karena dianggap terlalu sembrono.

Kanal247.com - Menyikapi perkembangan penularan virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia saat ini sudah banyak kepala daerah yang melakukan langkah cepat. Seolah tak mau kebobolan beberapa wilayah sudah mengutus para siswa untuk melakukan belajar jarak jauh.


Baca juga ...

Bahkan sejumlah perusahaan juga sudah melakukan sistem work from home guna mengurangi dampak penyebaran virus corona tersebut. Meskipun pemerintah telah melakukan tanggap bencana terhadap kasus ini, namun mereka tak luput dari kritikan banyak kalangan.

Terbaru ada Melanie Subono yang dengan cepat menanggapi penanganan virus corona di Indonesia. Ia mengkritik perihal cek kesehatan yang dilakukan di bandara. Melanie menilai jika hal tersebut dilakukan dengan sangat sembrono. Dilansir dari Suara.com pada Senin (16/3), ia menceritakan apa yang ia alami selama di bandara.

Seperti diketahui, Melanie memang baru saja pulang dari Spanyol. Negara tersebut baru saja mengumumkan lockdown karena menjadi negara terbesar terpapar virus corona di Eropa setelah Italia. Menurut Melanie setibanya dia di Indonesia, pihak bandara cuma memeriksa suhu tubuhnya.

"Yang bilang bandara diperiksa detail dll, no. Sekalipun lo dari negara top ten Corona, gue buktinya," jelas Melanie. "Contoh gue berhasil keluar dari Spanyol kemarin, sampe sini? Mereka cuma periksa temperatur. Padahal penyakit baru akan ketauan setelah inkubasi 14 hari loh. Jelaslah hari pertama nggak ada demam."

Selanjutnya, Melanie menceritakan apa yang dilakukan pihak bandara. Ia hanya diminta mengisi formulir tanpa pengawasan. Sehingga bisa saja seseorang mengisi formulir tersebut secara tidak jujur. Bahkan ia dengan tegas meminta pemerintah untuk mempertimbangkan langkah lockdown.

"Dan dari formulir yang gue isi doang. Kalau gue isi formulirnya nggak jujur gimana? Misalnya aja deh, gue isi formulisnya kemarin nggak jujur atau selama seminggu ini gue tidak lapor balik ke RSUD, dan nggak ada lockdown atau isolasi, gimana caranya mau memetakan gue dan penyakit?" kata Melanie. "Terus andai nih amait-amit yah, hari ke-8 misalnya gue demam. Terus cek rumah sakit beneran gue positif. Gimana cara periksa dan cari tau siapa aja yang papasan sama gue selama 14 hari lalu?."

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel