Pernah Jadi 'Korban' Clickbait, Rachel Vennya Miris Kematian Sulli Turut Jadi Sasaran

Foto: Pernah Jadi 'Korban' Clickbait, Rachel Vennya Miris Kematian Sulli Turut Jadi Sasaran Instagram
WowKeren dan Kanal247


Berawal dari salah satu portal berita online yang dianggap clickbait terkait kabar kematian Sulli, Rachel Vennya mengungkapkan kemirisannya yang juga pernah menjadi 'korban' lewat postingan di Instagram Story.

Kanal247.com - Selebgram sekaligus pengusaha Rachel Vennya baru-baru ini dibuat miris dan tak habis pikir oleh beberapa portal media online. Ia mengungkapkan kemirisannya ini lewat postingan di laman Instagram Story pribadi.


Baca juga ...

Usut punya usut, hal ini bermula lantaran beberapa judul dari salah satu portal media online terkait kabar kematian aktris Korea Selatan, Sulli. Disebut dalam satu judul, portal media online ini lebih menyinggung perihal penampilan mendiang Sulli yang pada Senin (14/10) kemarin tewas bunuh diri.

Bukan cuma berita Sulli, Rachel pun pernah diberitakan dengan tajuk yang cukup tidak sesuai. Ia memberikan contoh dari beberapa portal yang menurutnya tidak sama dengan kejadian sebenarnya.

"Blak-blakan, Rachel Vennya Mengaku Dialah yang Biayai Liburan Suaminya" begitu bunyi tajuk berita terkait Rachel Vennya sendiri. "Liat judul dari article ini, dibilang 'salah' ya engga, permainan kata aja yang ngebuat netizen berfikiran lain tanpa ngebaca atau dengerin dulu semua perkataan aku," tulis Rachel Vennya menyertai unggahannya.

"Kadang kalau ada article yang dari judul sampe isi bener2 bagus banget, mengapresiasi aku. Jujur aku terharu monangis. Kenapa? Karna SEJARANG itu," tulis Rachel di postingan lain. "Sampe hal ini yang bikin aku insecure, 'apa aku seburuk itu ya sampe kalau ditulis media tuh selalu jelek?'. Even aku lagi ngomongin hal positif, selalu ambil kata2 yang berdampak negatif ke aku."

"Banyak dari jurnalis yang ga mikirin hati atau keluarga dari yang lagi diberitakan. contohnya actress yang dibilang 'sombong' karena ga mau diwawancara. Padahal kedengeran nanyanya gini, 'kalau ga dijawab sombong ih'. Coba deh kamu yang digituin, udah termasuk sabar tuh aktris kaga meledak2," timpal Rachel.

Kendati begitu, Rachel mengungkapkan rasa syukurnya. Ia juga mengapresiasi portal media online yang lebih menjunjung kode etik jurnalistik ketimbang jumlah pembaca.

"Aku bersyukur di era digital ini kita punya platform sendiri untuk klarifikasi dan berpendapat, jadi gak melulu pakai pers untuk klarifikasi. Karena bisa aja kalimat kita diplintir. Tapi aku tetep apresiasi temen2 jurnalis yang ngebawa berita jujur tanpa melintir kata, aku yakin susah banget dpt berita yang dicintai masyarakat, tapi tetep pegang prinsip bagaimana jurnalis seharusnya. Semoga aja kasus Sully ini jadi pelajaran buat kita semua," tutup Rachel.

Komentar demi komentar pun dalam sekejap langsung memenuhi postingan akun @igtainment11. Tak disangka, banyak pihak berseru setuju dengan pendapat Rachel Vennya yang dituliskan di Instagram Story di atas.

"Bener jg ini," tulis akun @ra*****ka. "Setuju.. dulu klo baca berita liat judulnya udah tau garis besarnya, sekarang boro2," komentar akun @siti*****43.

"Panutanqueee @rachelvennya (emotikon hati)," celetuk akun @shofi*****. "Makanya gue gamau baca berita web2 org indo... Apalg yg terkenal dr dulu suka klik bait, lebih baik ntn berita langsung," timpal akun @me*****fan.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel