Tepis Berita Hoax, Simak Tips Ini Dari Tasya Kamila

Foto: Tepis Berita Hoax, Simak Tips Ini Dari Tasya Kamila Instagram
WowKeren dan Kanal247


Tasya Kamila ternyata punya cara sendiri dalam menghadapi berita bohong atau hoax. Simak yuk!

Kanal247.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini sebuah informasi memang sangat mudah didapat dengan pesatnya perkembangan teknologi. Namun hal itu tak hanya membawa dampak positive, namun juga dampak negative. Salah satunya adalah mudahnya penyebaran berita bohong atau yang lebih dikenal dengan sebutan hoax.


Baca juga ...

Artis Tasya Kamila mengaku menjadi salah satu korban berita palsu itu. Ia menuturkan bahwa dirinya pernah mendapat kabar hoax lebih dari satu kali. Berita-berita itu sangat mudah didapatkan karena tersebar luas melalui media sosial. “Waduh banyak banget (berita hoax), misalnya di-share di grup keluarga, sosial media atau yang bikin heboh judulnya, kayak jangan lakukan seperti ini kalau tak mau seperti ini,” ujarnya kepada tim Kompas, Jumat (15/3).

Wanita kelahiran Jakarta ini menyadari maraknya penyebaran berita hoax terutama pada generasi muda. Bukan hanya kabar mengenai selebriti Tanah Air, tapi berbagai aspek kehidupan sudah menjadi topik sasaran penulisan berita bohong. Sehingga memang diakuinya tidak mudah untuk membedakan mana berita yang benar dan yang salah.

Namun ternyata Tasya memiliki cara sendiri dalam menghadapi masalah tersebut. Penyanyi kelahiran Pasuruan ini menghimbau masyarakat untuk bisa lebih berhati-hati lagi. Tidak mudah percaya menjadi kunci utama bagi Tasya dalam memilah informasi.

“Entah itu tentang politik, figur publik, banyak banget aku temukan (berita hoax),” ungkap pemain film “Rumah Kentang” ini. “Jadi kalau kita jadi netizen yang smart,, jadi orang-orang yang memiliki literasi edukasi, kita enggak bakal langsung percaya dengan sumber yang meragukan itu, apakah valid atau enggak.”

Host acara “Pildacil” ini juga menegaskan bahwa masyarakat harus pandai memilah sumber berita. Cara tersebut diakui Tasya sebagai langkah dasar dalam menepis berita hoax.

“Pastinya kalau sumber itu yang valid, dari media-media yang mainstream yang memang sudah besar namanya, dan sudah terdaftar. Dan juga siapa kira kalau dari vlog itu kontributornya siapa, apakah dia valid atau punya graduation yang tepat untuk menulis dan membuat artikel,” imbuhnya.

Loading...

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...