Komentar Anji Soal KPI Diminta Tegur Artis di TV yang Pakai Face Shield Tanpa Masker

Foto: Komentar Anji Soal KPI Diminta Tegur Artis di TV yang Pakai Face Shield Tanpa Masker Instagram



Satgas COVID-19 meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menegur para artis di TV yang tampil hanya menggunakan face shield saja tanpa masker, begini tanggapan Anji.

Kanal247.com - Pandemi COVID-19 di Tanah Air belum juga berakhir. Bahkan mulai hari Senin ini, PSBB kembali dilakukan sampai tanggal 25 Januari 2021 mendatang.

Terkait hal itu, Satgas COVID-19 rupanya semakin memperketat peraturan. Salah satunya adalah meminta para artis yang tampil di TV untuk menggunakan face shield sekaligus masker. Satgas COVID-19 pun meminta bantuan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menegur para artis yang hanya mengenakan face shield saat tampil di TV.

Peraturan tersebut rupanya telah sampai ke telinga Anji. Anji pun memberikan tanggapan terkait peraturan tersebut.

"DEAR TEMAN-TEMAN ARTIS YANG TAMPIL DI TV, sekarang sudah ada hal seperti ini. Artinya, kita bisa ditegur oleh @kpipusat berdasarkan arahan @satgascovid19.id jika mengenakan faceshield tanpa masker," tulis Anji.

"Saya sangat mengerti, kadang seorang Artis merasa bingung menolak ketika diminta tim kreatif/manajemen TV. Atau merasa ya sudah lah, gak papa kok pake faceshield toh bisa sebagai aksesoris," sambung Anji. "Tapi bisa berikan artikel ini. Karena yang ditegor adalah Artisnya. Bukan TV-nya, bukan programnya. Tapi Artisnya."

Baca juga ...

Selain memberikan tanggapan, pelantun lagu "Bidadari Tak Bersayap" ini rupanya juga memberikan masukan. Terlebih ia sendiri masih sering tampil di TV.

"Masukan dari saya untuk @kpipusat & @satgascovid19.id , yang harus diedukasi tentang ini adalah pihak TV-nya. Saya memakai faceshield karena alasan yang saya tulis sebelum postingan ini. Tapi banyak Teman Artis di TV yang karena diminta pihak TV demi hal-hal yang juga saya sebutkan. Tolong jika ada yang ditegur, tidak sampai mengakibatkan pekerjaannya di-stop," tulis Anji.

"Lalu di aturan (ada di slide sebelah), ada kalimat 'MENGGUNAKAN MASKER DAN/ATAU PELINDUNG WAJAH'. Sebaiknya diubah, karena di situ pelindung wajah/faceshield diperbolehkan. Jadi hal ini masih ambigu," lanjut Anji.

"Oke, jadi sekarang jika tampil di TV bisa didiskusikan dengan baik dengan tim kreatif, untuk tidak mengenakan faceshield tanpa masker. Atau memakai masker di awal dan akhir sebelum bicara/tampil. Atau sekalian tidak pakai masker, tapi dengan edukasi bahwa semua di lokasi shooting sudah aman secara kesehatan. Ribet ya? Iya," tulis Anji. "Tapi kita memang sudah ribet sejak bulan Maret. Hal-hal seperti ini harusnya seperti remahan rengginang di dalam kaleng biskuit," tutupnya.

Tanggapan sekaligus masukan dari Anji tersebut rupanya ditanggapi beragam oleh para netter. Pasalnya jika ada beberapa pihak yang setuju, sebagian lagi justru kontra. Apalagi mengingat hal tersebut bisa memperumit proses syuting di TV.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel