Spotify Bakal Ekspansi ke Korea, Begini Reaksi Fans K-Pop

Foto: Spotify Bakal Ekspansi ke Korea, Begini Reaksi Fans K-Pop soompi



Terdapat lebih dari 60 juta lagu dan 4 miliar playlist. Belakangan ini, artis K-pop dan Korea telah menjadi pemain penting di platform musik tersebut. Namun, Spotify belum tersedia secara resmi di Korea Selatan.

Kanal247.com - Pada Februari lalu, media Sports Chosun melaporkan bahwa Spotify berencana meluncurkan layanannya di Korea Selatan pada 2020. Akhirnya, salah satu layanan streaming musik global ini telah mengumumkan niatnya untuk diluncurkan di Korea Selatan pada paruh pertama tahun 2021.

Diketahui, Spotify dibuat di Swedia pada tahun 2008 dan memiliki lebih dari 320 juta pengguna di 92 pasar hingga dikenal sebagai layanan streaming musik terbesar di dunia. Terdapat lebih dari 60 juta lagu dan 4 miliar playlist. Belakangan ini, artis K-pop dan Korea telah menjadi pemain penting di platform musik tersebut. Namun, Spotify belum tersedia secara resmi di Korea Selatan.

Akhirnya, pada Jumat (18/12) Alex Norström, Chief Freemium Business Officer Spotify, menyatakan, “Kami sangat senang bahwa Spotify akan segera diluncurkan di Korea, pusat musik, budaya, dan inovasi,” ujar Alex Norström yang dilansir dari Soompi pada Jumat (18/12).

“Selama bertahun-tahun, kami telah bermitra dengan industri musik Korea untuk menyebarkan musik artis mereka ke seluruh dunia, dari Asia hingga Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, dan Timur Tengah,” lanjutnya. “Saat peluncuran Korea kami semakin dekat, kami berharap dapat memperkenalkan artis Korea yang lebih beragam dan baru tidak hanya kepada penonton domestik tetapi juga seluruh dunia.”

Baca juga ...

Alex Norström kemudian menjelaskan alasan Spotify berekspansi ke Korea Selatan. “Korea dikenal sebagai salah satu dari enam pasar musik teratas di dunia, serta salah satu pasar dengan pertumbuhan paling cepat. Hasilnya, Korea menjadi wilayah penting untuk mewujudkan visi Spotify dalam memberikan artis di seluruh dunia kesempatan untuk mencari nafkah dari upaya kreatif mereka, serta memberikan musik dan inspirasi yang bagus kepada penggemar,” tuturnya.

Mereka kemudian menjelaskan tujuannya meluncurkan layanan streaming musik itu di Korea Selatan. “Dalam peluncurannya di Korea, Spotify bermaksud membantu mempercepat seluruh ekosistem streaming musik Korea untuk memberi manfaat bagi semua pengguna, penggemar musik, artis, pembuat, label, dan distributor,” pungkasnya.

Mengetahui hal ini, sejumlah fans K-Pop bertanya-tanya dan meragukan Spotify bisa berjaya di Negara Ginseng itu. Hal ini karena Korea Selatan telah memiliki banyak aplikasi streaming musik yang berpengaruh pada ajang penghargaan. Namun, sebagian berpikir bahwa orang Korea yang menyukai musik internasional mungkin akan menyukainya. “Apakah itu akan menguntungkan? Orang Korea sudah memiliki dan menggunakan banyak aplikasi streaming musik (Melon, Genie, Vibe, Flo, dll.) Bagaimana Spotify akan menarik mereka?” ujar seorang netizen.

Streaming di aplikasi Korea digunakan untuk nominasi/pemenang acara penghargaan akhir tahun.. Bagaimana Spotify akan menarik pelanggan, berdasarkan apa yang akan mereka tarik?” tanya netizen lain. “Sepengetahuan saya, streaming Spotify diperhitungkan untuk pasar musik yang lebih besar; seperti Billboard. Grafik berdasarkan negara juga tersedia dan saya kira untuk pengguna yang menyukai musisi barat, Spotify akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk genre yang lebih luas,” jawab netizen lainnya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel