Harap Keringanan untuk Vanessa Angel, AIMI Surati Menkumham Yasonna Laoly

Foto: Harap Keringanan untuk Vanessa Angel, AIMI Surati Menkumham Yasonna Laoly Instagram



Usai sebelumnya Bibi Ardiansyah, kini giliran Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang melayangkan surat untuk Menkumham Yasonna Laoly untuk mendapatkan keringanan ini.

Kanal247.com - Vanessa Angel kini tengah dipenjara terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Selama menjalani masa tahanan, Vanessa harus terpisah dengan suaminya, Bibi Ardiansyah dan putra semata wayangnya yang masih berusia empat bulan, Gala Sky Andriansyah.

Lantaran hal tersebut, segala upaya dilakukan oleh Bibi Ardiansyah. Terlebih mengingat sang buah hati seharusnya mendapatkan ASI ekslusif dari Vanessa. Namun karena beberapa alasan, Vanessa tidak bisa dengan mudah memberikan ASI-nya pada bayi Gala.

Kesulitan tersebut pernah Bibi Ardiansyah sampaikan pada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly lewat media sosial. Namun sampai saat ini belum juga mendapatkan respons.

Hal yang sama rupanya ikut dilakukan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). AIMI melayangkan surat permohonan pada Yasonna Laoly agar memberikan keringanan pada Vanessa terkait haknya menyusui sang buah hati.

Tanggal 27 November 2020 lalu AIMI sudah melayangkan surat ke Kementerian Hukum dan HAM RI @kemenkumhamri yang juga ditembuskan ke Kementerian Kesehatan RI @kemenkes_ri terkait pertimbangan penerapan hukuman bagi ibu yang sedang dalam tahap menyusui bayinya, dalam hal ini terkait juga dengan kasus yg menimpa Vanessa Angel (VA),” tulis akun resmi AIMI, @aimi_asi.

Baca juga ...

Besar harapan AIMI agar surat yang mereka layangkan bisa menjadi pertimbangan. Begitu juga ke depannya bisa diharapkan berlaku untuk kasus-kasus lain.

Semoga surat ini dapat memberikan pertimbangan wacana baru yang juga berlaku untuk kasus-kasus lainnya yang melibatkan narapidana perempuan yang memiliki bayi yang sedang dalam periode menyusui,” sambung akun @aimi_asi. “ Ibu menyusui dan bayinya, di manapun mereka berada dan dalam situasi apapun (bahkan di berbagai kondisi krisis seperti bencana, perang atau dlm status sebagai tahanan), berhak untuk mendapatkan dukungan dan perlindungan menyusui yang sebaik baiknya dengan tetap mempertimbangkan aspek hukum yang berlaku. Infografis oleh @hidayatrahmat dari @id_ayahasi. #advokASImenyusui #advokASIAIMI #hakmenyusui #dukunganmenyusui.

Postingan tersebut rupanya langsung mendapatkan respons dari Bibi Ardiansyah. Ia menyematkan ucapan terima kasih pada AIMI lantaran ikut peduli pada nasib Vanessa maupun buah hatinya, Gala.

Ucapan terima kasih rupanya juga datang dari para netizen. Mereka pun ramai berharap agar Vanessa segera memperoleh keringanan terkait hak menyusui buah hatinya.

Yesss ini yg ditunggu2. Terima kasih AIMI, kalian the besttttt.. hak anak gak bs tergantikan oleh apapun,” komentar akun @li******ng. “Keren sekali, apapun kesalahan ibu, anak tetap memiliki haknya utk mendapatkan asi. Tx AIMI,” sambung akun @ik*****ia.

Terimakasih aimi asi ikut menyuarakan hati nuraninya, sy sbg ibu menyusui jg sedih. Mana masih 4bln.. asix pasti butuh ibunya banget,” timpal akun @iy*****dy. “Aamiin. Semoga niat mulianya tercapai,” tambah akun @ca*****ia.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel