ICJR Kritik Polisi Soal Tempatkan Millendaru di Sel Pria, Ditakutkan Alami Pelecehan dan Kekerasan

Foto: ICJR Kritik Polisi Soal Tempatkan Millendaru di Sel Pria, Ditakutkan Alami Pelecehan dan Kekerasan Instagram



Millendaru ditempatkan di sel tahanan pria usai resmi ditetapkan jadi tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba, ICJR layangkan kritik tegas pada pihak berwajib.

Kanal247.com - Millendaru alias Millen kini tengah ditahan oleh pihak kepolisian di Polres Pelabuhan Tanjung Priuk. Pasalnya, selebgram sekaligus model ini tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Millen terbukti positif mengonsumsi obat-obatan terlarang. Karena itu, ia ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba. Ia pun telah ditahan dalam sel tahanan pria.

Akan tetapi, ditahannya Millen dalam sel tahanan pria menuai kritik dari peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR). Seorang perwakilan yakni Maidina Rahmawati menganggap jika tindakan kepolisian menempatkan Millen di sel tahanan pria berisiko cukup tinggi.

”Menahan M di tempat laki-laki jelas memberikan risiko keamanan pada M. Risiko terjadinya stigma, pelecehan hingga kekerasan, potensi pelanggaran Hak Asasi Manusia yang tidak terhindarkan,” kata Maidina Rahmawati pada Senin (23/11).

Baca juga ...

Polisi pun dianggap mengabaikan ekspresi gender Millen. Pihak ICJR lantas berharap agar kepolisian memamahami kebutuhan Millen sebagai sosok yang kini tampil layaknya perempuan.

Kritik dari ICJR rupanya disetujui oleh banyak netter. Mereka sepakat jika seharusnya Millen ditempatkan di sel tahanan wanita demi menghindari terjadinya pelecehan dan kekerasan terhadap keponakan Ashanty itu.

Dr sudut pandang hak asasi manusia dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik di taro di tahanan wanita,” tulis akun @kr******ga. “Aku setuju dengan statement di atas. Bagaimanapun dia cwo tapi bentuk tubuh kelakuan dan hati sdh menyerupai perempuan, sangat rawan akan pelecehan,” sambung akun @lo******96. “Iyah sih biar cowo jugakan wujud ny tetep cewe takut di apa2in kasian juga,” timpal akun @in*******na.

Namun ada pun beberapa pihak yang tidak sepakat. Pasalnya mereka justru mendukung keputusan pihak kepolisian menempatkan Millen di sel tahanan pria.

Millen kan memang laki2.. Jd pak polisi nya udh tepat dong,” komentar akun @mi******re. “Ya gk salah polisi, indonesia cuma mengakui dua identitas gender. Jd polisi udah tepat menempatkan dia sesuai dengan gender yg ada di ktp nya,” akun @zi******ia. “Salah sendiri kan nyalahin kodrat.. Kan jelas cuma ada laki2 dan perempuan.. Udah taruh aja di tempat laki2 biar doi bs sembuh dan ga mau melenceng lagi,” imbuh akun @ra******ni.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel