Tuai Protes, Maia Estianty Balas Begini Usai Dianggap Bandingkan Seniman dengan Buruh Soal Gaji

Foto: Tuai Protes, Maia Estianty Balas Begini Usai Dianggap Bandingkan Seniman dengan Buruh Soal Gaji Instagram



Maia Estianty menuai banyak protes dari warganet usai dianggap membandingkan seniman dengan buruh. Mulai dari gaji hingga pesangon yang dinilai tak seimbang.

Kanal247.com - Maia Estianty mendadak membahas soal pekerjaan yang ia tekuni. Yaitu pekerja seni atau seniman. Ibu dari tiga anak ini bahkan menyinggung soal gaji, pesangon hingga urusan pajak.

Maia tampaknya membandingkan pekerjaan seniman dengan karyawan. Ia pun terlihat menuliskan keluhan yang cukup sering dialami oleh beberapa seniman.

"Seniman atau pekerja seni.. (kata seniman itu yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik, dll). Semuanya itu nggak pernah dapet pesangon, gaji juga bukan gaji bulanan, bayar asuransi juga bayar sendiri (nggak ditanggung perusahaan), pajak terus bayar juga," tulis Maia.

"Kalau sakit, ya nggak dapet apa-apa. Kadang ada seniman yang masa tuanya sakit pun kudu disumbang rame2," lanjut Maia. "Tapi kebanyakan hanya bisa menjadi pekerja seni aja. Memberikan karya yang terbaik untuk bangsa. Belum lagi ada karya yang di download gratis...ppffff."

Terakhir, Maia memberikan pesan agar terus bersyukur di tengah kondisi saat ini. Apalagi menurutnya, semua sektor terkena imbas dari pandemi COVID-19.

Baca juga ...

"Mari kita selalu bersyukur dalam pandemi ini. Bukan hanya kamu yang susah, kita semua ini sedang dalam kondisi drop. Mari kita lakukan segala sesuatu semua karena Allah, bukan karena manusia...Alhamdulillah," tutup Maia.

Mengejutkannya, Maia yang biasanya mendapatkan sambutan hangat dan pujian, kali ini menuai komentar yang berbanding terbalik. Pasalnya banyak netter justru melayangkan protesnya lantaran menganggap Maia membandingkan seniman dengan buruh yang dinilai tak seimbang.

"Waduh kalo artis walau bukan gaji bulanan, sekali manggung atau 1 film aja udah gaji buruh setahun atau bertahun tahun bun. Gak bisa dibandingin," tulis akun @an******rc. "Ya gaji artis jgn disamai dg buruh makkk...beda jauh klo sama jg ngk bklan para buruh protes," sambung akun @ar******ta.

"Andaikan dirimu jd buruh deh...pasti akan berlaku hal yg sama," timpal akun @nu******43. "Kadang manusia itu hnya bisa berucap, mreka akan mengerti ktika sudah ad di posisi yg sama," imbuh akun @si******90.

Sadar akan banyaknya protes yang dilayangkan oleh para netter, Maia akhirnya memberikan tanggapannya. "Seniman itu mencakup, orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik. Artis bagian dari pekerja seni, tapi tidak semua seniman jadi artis," tulis Maia.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel