Anang Hermansyah & Ashanty Minta Maaf Usai Dianggap Lecehkan Bahasa Isyarat

Foto:  Anang Hermansyah & Ashanty Minta Maaf Usai Dianggap Lecehkan Bahasa Isyarat Instagram



Protes itu dilayangkan karena menganggap tindakan Anang dalam salah satu konten YouTube yang melecehkan bahasa isyarat sebagai alat komunikasi kaum tuna rungu.

Kanal247.com - Setelah sempat menjadi viral, Anang Hermansyah dan Ashanty akhirnya meminta maaf usai dituding melecehkan bahasa isyarat. Ucapan permintaan maaf itu dilakukan Anang dan Ashanty setelah tidak berapa lama dari protes untuk mereka itu dilayangkan.

Ceritanya, dalam salah satu konten video YouTube di kanal keluarga, Ashanty terlihat sedang marah. Anang kemudian membuat gerakan tangan seperti bahasa isyarat dan menjadikannya sebagai bahan bercandaan. Bahasa isyarat sendiri digunakan sebagai alat komunikasi oleh kaum tuna rungu.

Gerakan Anang itu lantas diprotes oleh kelompok disabilitas, terutama komunitas tuli. Mereka mengaku kecewa dengan apa yang dilakukan Anang di video tersebut. Akun Instagram @cbudidharma menyebut Anang telah menghina kaum tuli dan meminta agar mantan anggota DPR RI itu lebih menghormati kaum tuli.

Baca juga ...

"Cek 'Paraah!! Ashanty dan Aurel Memalukan Dirinya Sendiri Saat Lomba 17an' di YouTube (1:55 - 2:18). Ini tidak diperlukan, dan ini sangat menghina kaum tuli. Lucu boleh, tetapi memperagakan bahasa isyarat?," tulisnya. "Anda seorang artis dan terkenal, sikap Anda akan mempengaruhi orang lain yang masih awam tentang ini (oh dia memperagakan bahasa isyarat seperti ini berarti gak apa-apa ya?). Jika tidak mau disebut tuna isyarat, maka hormatilah kami tuli."

Melalui sebuah video, Anang akhirnya meminta maaf. "Halo, nama saya Anang. Saya mau minta maaf. Terima kasih," kata Anang menggunakan bahasa isyarat dalam video yang diunggahnya. Ashanty juga membantu menjelaskan bahwa tidak ada niatan melecehkan siapapun.

"Jadi ceritanya dari video yang diedit kita sedikit cekcok karena ketika mas Anang ngobrol ke kamera, terus-terus ngobrol sama saya. Saya gak dengerin. Saya sibuk lomba, sampai 'hey aku lagi ngomong loh'," kata Ashanty. "Nah, akhirnya mas Anang pas saya yang lagi ngobrol ke kamera, dia itu mau ngasih isyarat tapi bukan mau ngejek temen-temen tuli tapi dia kayak 'Nih cewek nyinyir banget nih banyak omong banyak omong, pusing gak mau dengerin'," pungkasnya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel