Agensi K-Pop Buka-Bukaan Soal Cara Tangani Masalah Kesehatan Mental Idol

Foto: Agensi K-Pop Buka-Bukaan Soal Cara Tangani Masalah Kesehatan Mental Idol Allkpop



Akhirnya, berbagai perwakilan agensi tersebut sepakat bahwa industri K-Pop harus terus bergerak maju menuju perubahan positif di bidang yang berkaitan dengan kesehatan mental para idol.

Kanal247.com - Industri musik K-Pop saat ini sedang bertumbuh dan mulai memiliki banyak peminat. Beberapa lagu K-Pop bahkan memasuki tangga lagu dengan menempati posisi tinggi di Billboard. Namun, kesuksesan K-Pop ini juga ternyata memiliki hal pahit di dalamnya, yakni masalah kesehatan mental para idol.


Baca juga ...

Tak jarang sejumlah idol yang memutuskan untuk hiatus sementara karena isu kesehatan mental ini. Sejumlah idol yang baru saja memutuskan untuk hiatus karena masalah kesehatan mental ini di antaranya adalah Kang Daniel, Joohoney Monsta X, hingga DAY6 yang beberapa waktu lalu memutuskan untuk menunda promosi comeback-nya.

Outlet media hiburan Xsports News baru-baru ini duduk dengan berbagai perwakilan dari agensi manajemen idolaK-Pop untuk melihat bagaimana para idol yang sedang berpromosi diperlakukan dalam masalah kesehatan mental mereka. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak perusahaan menggunakan program profesional untuk menjaga kesejahteraan mental, artis K-Pop juga sering menderita masalah kesehatan mental karena sifat karier mereka.

Menurut berbagai perwakilan agen manajemen, agensi sering meminta artis mereka untuk menjalani program kesehatan mental secara teratur atau bahkan menyarankan agar mereka mengunjungi dokter. “Kami memiliki departemen khusus yang bekerja dekat dengan tim manajemen artis untuk melakukan sesi diskusi reguler. Kami juga mengadakan kuliah dengan instruktur tamu,” ujar seorang perwakilan agensi.

Namun, ada juga sejumlah agensi kecil yang merasa berat untuk melakukan hal itu sehingga memilih cara lain. "Karena kami adalah perusahaan kecil, secara realistis sulit untuk membuat program terpisah yang didedikasikan untuk kesehatan mental. Tim manajemen bertemu secara teratur dengan para seniman, memeriksa kondisi mental mereka melalui percakapan,” ujar perwakilah itu yang dilansir dari Allkpop pada Sabtu (27/6).

Akhirnya, berbagai perwakilan agensi tersebut sepakat bahwa industri K-Pop harus terus bergerak maju menuju perubahan positif di bidang yang berkaitan dengan kesehatan mental. "Ada banyak masalah dalam sistem keseluruhan mengelola idola K-Pop. Cara idola saat ini berpromosi, tidak mungkin untuk menghindari tekanan berat baik secara fisik maupun mental karena jadwal yang luar biasa padat," ungkap seorang sumber.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel