7 Kebohongan Ini Justru Baik Diucapkan untuk Kesehatan Mental, Berani Buktikan?

Foto: 7 Kebohongan Ini Justru Baik Diucapkan untuk Kesehatan Mental, Berani Buktikan? unsplash



Beberapa pikiran untuk diri sendiri ini ternyata bisa membuat kesehatan mental memburuk dan patut untuk dihentikan jika ingin terhindar dari stres hingga depresi.

Kanal247.com - Kesehatan mental memang paling penting untuk dijaga setiap orang. Pasalnya, jika kesehatan mental terganggu akan memunculkan penyakit-penyakit fisik yang akan menghambat kehidupan.

Baca juga ...

Beberapa cara sederhana ternyata bisa dilakukan untuk membuat kesehatan mental tetap terjaga. Bahkan mengucapkan beberapa "kebohongan" bisa dilakukan, lho.


Beberapa "kebohongan" di bawah ini terbukti sanggup untuk membuat kesehatan mental menjadi kuat. Yuk coba!

1. 'Aku Bisa Malakukannya dengan Baik"

'Aku Bisa Malakukannya dengan Baik unsplash

Ketika kamu berpikir "aku tidak cukup pintar", "aku tidak bisa melakukannya" justru akan merusak kinerjamu. Ketika sejak awal sudah pesimis tidak bisa melakukan sesuatu, itu akan menjadi hambatan setiap langkah yang diambil.

Jika kamu merasa tidak akan bisa melakukannya, maka kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang baik dari apa yang ingin dicoba juga mustahil. Hal terpenting adalah berusaha untuk mewujudkan apa yang kita inginkan.

2. 'Orang Lain Akan Memberiku Semangat'

'Orang Lain Akan Memberiku Semangat' unsplash

Terkadang, kita suka berpikir jika orang lain adalah musuh. Misalnya saja di tempat kerja, kita berpikir rekan kerja kita adalah saingan sehingga tidak bisa saling mendukung satu sama lain.

Pikiran ini justru akan membuat kita merasa terpuruk, apalagi jika merasa rekan kerja jauh lebih baik. Lebih baik memikirkan jika rekanmu tersebut akan memberimu semangat dan memberikan pujian atas prestasimu. Memikirkan ada orang lain memberi kita semangat akan membuat apa yang dikerjakan lebih menyenangkan bukan?

3. 'Aku akan Bertahan'

'Aku akan Bertahan' unsplash

Ketika berpikir jika tidak tahan dengan kondisi atau orang-orang yang ada di sekitarmu, hal itu justru membuatmu yakin jika ketidaknyamanan yang dirasakan tidak bisa ditolerir.

Lebih baik berusaha untuk berpikir alasan mengenai kemungkinan untuk bertahan di tengah situasi yang tidak nyaman tersebut. Hal tersebut akan memunculkan rasa nyaman karena menyadari banyak alasan yang membuatmu harus bertahan.

4. 'Aku Tak Miliki Masalah dengan Kesehatan Mental'

'Aku Tak Miliki Masalah dengan Kesehatan Mental' unsplash

Saat ini, banyak sekali orang-orang yang justru merasa jika kesehatan mentalnya terganggu karena mudah stres hingga merasa depresi. Namun, ketika kita berpikir sebaliknya hal tersebut justru membantu lho.

Mengingatkan diri sendiri jika akan berusaha mendapatkan kesehatan mental yang baik akan membuat hal tersebut terwujud. Tentunya pikiran tersebut juga harus diimbangi dengan tak terlalu larut dalam masalah tertentu. Cari solusi dari setiap masalah akan membantu diri kita menjadi lebih baik.

5. 'Aku Punya Bakat' atau 'Aku Punya Tekat'

'Aku Punya Bakat' atau 'Aku Punya Tekat' unsplash

Setiap orang selalu mempunyai bakat dan tekat, jika kamu berpikir sebaliknya hal tersebut akan membuatmu tidak berusaha mencari apa yang "diciptakan" untukmu. Berpikir jika mempunyai bakat dalam hal-hal tertentu akan membuatkita berusaha maksimal dan tidak mudah menyerah. Ingat, hasil tidak akan pernah menghianati hasil. Misalnya saja, kamu ingin kurus. Hal tersebut tentu akan berhasil jika kamu berusaha diet dengan tepat dengan pikiran akan berhasil.

6. 'Aku Tidak Terluka' atau 'Aku Tidak Sedih'

'Aku Tidak Terluka' atau 'Aku Tidak Sedih' unsplash

Perasaan terluka atau sedih atas pengalaman hidup memang dirasakan oleh semua orang. Namun, terlalu larut dengan perasaan tersebut adalah hal yang tidak patut dilakukan. Jika memang perasaan terluka tersebut tak kunjung hilang meski sudah berusaha, maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain atau psikolog. Curhat ke orang lain itu membantu, lho.

7. 'Aku Sama Seperti Orang Lain' atau 'Aku Tidak Aneh'

'Aku Sama Seperti Orang Lain' atau 'Aku Tidak Aneh' unsplash

Pernah merasa jika kamu berbeda dengan orang lain? Setiap orang memang diciptakan berbeda dengan lainnya. Namun, jika hal tersebut justru membuatmu merasa berbeda maka pikirkan kamu sama seperti orang lain. Pikirkan jika apa yang kamu lalui juga dirasakan orang lain, hanya saja mungkin mereka menyembunyikan.

Selalu belajar menyesuaikan perbedaan yang dimiliki dengan orang lain akan membantu di kehidupan, lho. Ingat, setiap manusia tidak bisa hidup sendiri. Bisa jadi perbedaan itu justru membuat pertemanan dengan orang lain lebih menyenangkan, bukan?

Gimana? Sudah siap mencoba untuk memikirkan kalimat-kalimat di atas? Ada pula lho cara yang patut kamu lakukan setiap pagi untuk menjaga kesehatan mental, coba ikuti caranya di sini ya! Dan, jangan sampai kamu justru menghina orang yang merasa kesehatan mental tidak baik. Lebih baik beri semangat dengan cara-cara yang ada di sini deh.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel