Reza Rahadian Sampaikan Pesan untuk Pemerintah di Masa New Normal Soal Industri Film Indonesia

Foto: Reza Rahadian Sampaikan Pesan untuk Pemerintah di Masa New Normal Soal Industri Film Indonesia Instagram



Reza Rahadian ikut menanggapi soal kebijakan baru pemerintah, yakni new normal. Reza pun menyampaikan pesan untuk para pelaku seni dan pemerintah Indonesia.

Kanal247.com - Pandemi virus corona rupanya tidak membuat Reza Rahadian untuk berhenti berkaya. Reza justru berhasil membuat sebuah serial bertajuk "Sementara Selamanya" yang akan rilis di layanan streaming Vidio. Lebih hebatnya lagi, Reza juga bertugas sebagai sutradara.


Baca juga ...

Bintang film "My Stupid Boss" ini lantas beranggapan bahwa semua pelaku industri film juga pasti bisa membuat karya di masa pandemi ini. Apalagi, kebijakan new normal yang mulai berlaku. Meski begitu, ada beberapa penyesuaian dan pertimbangan yang harus dilakukan.

"Menurut saya, yang paling bisa dilakukan adalah saling percaya bahwa semua sehat," kata Reza seperti dilansir Kumparan pada Kamis (11/6). "Sudah karantina diri, enggak kontak fisik sama siapa-siapa, dan mau juga menjaga kesehatan secara bersama sama selama 21 hari syuting."

"Jadi, anggap saja syuting itu karantina diri. Apa bedanya gitu?" lanjut Reza. "Apa bedanya sama orang yang WFO (work from office) atau mal yang cuma boleh dimasukin kapasitas 50 persen? Intinya, jaga jarak kan?"

Reza lalu mengimbau para produser film di Indonesia agar lebih fokus memperhatikan protokol kesehatan di lokasi syuting ketimbang kecepatan produksi. Pasalnya, Reza mengaku mempunyai pengalaman saat menggarap "Sementara Selamanya" dan akhirnya berani memberikan imbauan itu.

"Yang jelas, work flow pasti akan melambat. Pasti. Saya yang bikin tiga hari di satu tempat aja, flow-nya lambat kok," ujar Reza. "Karena kan, untuk masuk ke lokasi syuting, semua harus gantian, enggak bisa ngumpul ramai-ramai, seperti biasanya."

Selain itu, para aktor dan aktris juga harus diperhatikan. Pasalnya, mereka pasti melakukan kotak fisik ketika syuting. Oleh sebab itu, kesehatan mereka harus jadi perhatian utama.

"Ya, biar pemain sehat, jangan cuma dikasih vitamin atau suplemen, tapi biarkan pemain beristirahat dengan cukup," tutur Reza. "Karena, itu perlu untuk menjaga imunitas tetap baik."

Menutup perbincangan, Reza juga menitipkan pesan untuk pemerintah. Ia berharap ada langkah signifikan yang bisa diambil agar sesegera mungkin industri film Indonesia hidup kembali seperti sedia kala.

"Saya harap, pemerintah bisa membuat peraturan yang di konsultasikan pada stakeholder film," pungkas Reza. "Jadi, semua harus dimintai pendapat, gimana pola yang bisa kita lakukan untuk bisa menjaga keamanan bersama. Karena, industri ini harus tetap jalan kan."

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel