Terinspirasi dari Angkatan 2020, Wanda Hamidah Ceritakan Masa Sulit Tak Ikut Wisuda Usai Lulus S2

Foto: Terinspirasi dari Angkatan 2020, Wanda Hamidah Ceritakan Masa Sulit Tak Ikut Wisuda Usai Lulus S2 Instagram



Melihat ramainya soal kelulusan 2020, Wanda Hamidah jadi mengenang masa lalu. Wanda mengaku sempat tidak bisa ikut wisuda karena ekonomi yang tak memadai kala itu.

Kanal247.com - Aktris Wanda Hamidah mencurahkan isi hatinya di media sosial belum lama ini. Wanda mengungkapkan dirinya yang tidak bisa ikut wisuda saat lulus S2. Ia mengaku menceritakan soal ini karena terinspirasi dari lulusan 2020 yang juga tidak bisa ikut wisuda.

"Gw mau cerita nih tentang wisuda, gw belum pernah ceritain siapa2, termasuk anak2, teman2 dan orang tua," ujar Wanda dalam caption unggahannya di akun Instagram pribadi pada Rabu (10/6). "Mau cerita krn terinspirasi dari kalian angkatan 2020 yang tidak bisa wisuda."

Wanda kemudian mengatakan bahwa sebenarnya ia tidak terbiasa berbagi cerita soal kesusahan dan kesedihannya lantaran tak ingin membuat orang lain ikut sedih. Namun, ia memutuskan untuk menceritakan masalah yang dialaminya saat ini.

"Gw engga biasa menceritakan kesusahan dan kesedihan, bukan malu ya lebih karena engga mau orang ikut sedih juga," ucap Wanda. "But this one worth to tell, semoga membesarkan hati kalian yg engga bisa wisuda tahun ini."

Pada 2006 silam, Wanda telah berhasil lulus S2 dari Universitas Indonesia. Namun, ada satu momen yang hingga kini masih terngiang di dalam benaknya. Ia mengaku tidak ikut wisuda kala itu karena tak memiliki uang.

Baca juga ...

"Tahun 2006 gw lulus S2 Universitas Indonesia, Universitas prestigious dambaan semua insan. Gw engga ikut wisudanya," cerita Wanda. "Kenapa ? Gw engga punya uang 600rb.. untuk bayar tetek bengek wisuda. Ekonomi memang lagi sulit , engga tega bebani suami (pada saat itu), atau bilang ke orang tua, gw tau kalau gw bilang nyokap, nyokap gw pasti dng segala cara mengusahakan nya."

Wanita berusia 42 tahun ini memang tak ingin menyusahkan orang lain. Terlebih lagi, Wanda beranggapan bahwa ada hal lain yang lebih penting dibanding mengikuti wisuda.

"Anyway.. I pretend that wisuda day, just any other of my days.." kata Wanda. "Gw besarkan sendiri hati gw, banyak yang lebih penting dari sekedar perayaan serimonial wisuda.."

Selain itu, Wanda lebih mementingkan bagaimana gelar yang ia peroleh bisa bermanfaat buat banyak orang. Wanda beranggapan jika uang Rp 600 ribu itu bisa digunakan untuk keperluan yang lebih penting dari perayaan wisuda.

"Apakah gelar kita akan bermanfaat buat orang banyak lebih penting, 600rb pada saat itu juga lebih penting buat makan dan imunisasi anak gw. Wisuda engga wisuda kan tetap ada sertifikat," pungkas Wanda. "Anyway.. 2 tahun setelah itu gw punya kantor notaris sendiri, punya anak ketiga, duduk sebagai wakil rakyat di Kebon Sirih, dan sejuta hal baik lainnya. Happy graduation class of 2020."

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel