BTS Buat Sejarah Gaon Berkat Angka Penjualan Album Fantastisnya

Foto: BTS Buat Sejarah Gaon  Berkat Angka Penjualan Album Fantastisnya
WowKeren dan Kanal247


Gaon Chart sekarang mengesahkan sertifikat platinum setelah sebuah album mencapai 250.000 penjualan. Sementara itu, untuk album yang telah terjual hingga jutaan kopi akan menerima sertifikasi ‘million’ atau ‘juta’.

Kanal247.com - Pada tahun 2018, Asosiasi Industri Konten Musik Korea menerapkan sistem sertifikasi baru untuk penjualan album, unduhan lagu, dan streaming online. Dimulai dengan musik yang dirilis pada atau setelah 1 Januari 2018, Gaon Chart sekarang mengesahkan album platinum setelah sebuah album mencapai 250.000 penjualan. Sementara itu, untuk album yang telah terjual hingga jutaan kopi akan menerima sertifikasi "million" atau “juta”.


Baca juga ...

Menariknya, baru-baru ini Gaon Chart mengumumkan bahwa album terbaru BTS (Bangtan Boys) yang bertajuk "Map of the Soul: 7" telah terjual lebih dari 4 juta kopi. Ini menjadikan grup tersebut sebagai artis pertama dan sejauh ini merupakan satu-satunya dalam sejarah Gaon yang menerima sertifikasi quadruple-million.

Di sisi lain, album full-length pertama IZ*ONE yang bertajuk "BLOOM*IZ" menerima sertifikasi platinum resmi setelah menjual lebih dari 250.000 kopi. Selain itu, "Bad Boy" Red Velvet juga menerima sertifikat platinum dalam kategori unduhan setelah lagu tersebut melampaui 2,5 juta unduhan. Sementara itu, untuk kategori streaming, "Unspoken Words" Davichi secara resmi mendapatkan platinum setelah mencapai 100 juta streaming.

Sebelumnya grup besutan Big Hit Entertainment ini juga meraih sertifikasi Platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ), yang berarti bahwa album tersebut telah terjual lebih dari 250.000 kopi di dalam negeri (tidak termasuk yang diimpor). Ini adalah album Platinum pertama BTS sejak "Face Yourself" yang dirilis pada bulan April 2018. Selain itu, ini merupakan album Korea pertama mereka yang mendapatkan sertifikasi tersebut. Sebelumnya, album "Love Yourself: Tear", "Love Yourself: Answer", dan "Map of The Soul: Persona" telah mendapatkan sertifikasi Gold dari RIAJ.

"Map of The Soul: 7" sendiri baru-baru ini menduduki puncak tangga lagu album Oricon, situs musik terbesar di Jepang dengan penjualan sebanyak 377.000 kopi. Ini menjadikan "Map of The Soul" sebagai album studio terlaris di Jepang, dan juga merupakan album terlaris di Jepang sejauh ini.

BTS juga sempat menduduki peringkat ke-45 di bagan Album Resmi Inggris. Selain itu, mereka juga berhasil memasuki Top 50 di tangga lagu album Belgia. “Map of the Soul: 7” juga berhasil berada di Top 50 tangga lagu Eropa selama lima minggu berturut-turut.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel