Bisa Sebabkan Kemandulan, Dokter Boyke Beber Bahaya Menstrual Cup di YouTube Sabrina Chairunnisa

Foto: Bisa Sebabkan Kemandulan, Dokter Boyke Beber Bahaya Menstrual Cup di YouTube Sabrina Chairunnisa youtube



Menstrual cup saat ini diketahui menjadi salah satu yang banyak menarik perhatian para wanita lantaran dianggap lebih hemat dan bisa digunakan berkali-kali. Namun, dr. Boyke mengungkapkan jika mempunyai dampak berbahaya melalui kanal YouTube Sabrina

Kanal247.com - Saat ini menstrual cup atau alat untuk menampung darah haid memang tengah banyak digunakan oleh para wanita. Alat tersebut dianggap lebih hemat lantaran bisa digunakan dalam waktu jangka panjang.

Bahkan beberapa selebgram ternama pun tampak menggunakan menstrual cup ini ketika tengah haid, salah satunya yakni Rachel Vennya. Rachel pun terlihat membuat Highlight di Instagram Story akun pribadinya, @rachelvennya mengenai menstrual cup.

Namun, ternyata menstrual cup ini tidak hanya mempunyai kelebihan saja. Kelemahan alat tersebut juga cukup banyak bahkan mempunyai dampak mengerikan. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS selaku dokter kandungan sekaligus seksolog melalui kanal YouTube Sabrina Chairunnisa.

Dokter Boyke mengungkapkan jika pembalut justru lebih sehat dibandingkan dengan menstrual cup. Pasalnya, fungsi menstrual cup hanya untuk menampung bukan menyerap. Sehingga, dikhawatirkan selaput lendir tersebut akan kembali ketika sudah dikeluarkan sebagai darah haid.

Baca juga ...

"Saya lebih prefer ke pembalut. Ingat, darah mens itu pelepasan selaput lendir rahim dan ketiga dia keluar dari vagina, dengan pembalut itu dia diserap. Kalau cup kan itu berarti ditahan. Ditahan, darah mens yang banyak itu bisa berbalik," terang dr. Boyke dalam video yang dibagikan kemarin, Selasa (3/3).

Dampak tersebut akan menimbulkan penyakit-penyakit kewanitaan. Bahkan bisa menjadi salah satu sebab kemandulan. Sehingga, dr. Boyke tidak menyarankan menggunakan menstrual cup.

"Bisa menyebabkan penyakit kewanitaan yang disebut endometriosis yaitu pertumbuhan selaput lendir rahim di luar tempatnya. Itu bisa mengakibatkan kemandulan dan sebagainya Saya tidak setuju, saya tidak recommended. Lebih sehat pembalut," ucap dr. Boyke.

Video tersebut sontak langsung dibanjiri oleh komentar. Para kaum hawa terlihat ramai mengucapkan terima kasih atas informasi yang disebarkan Sabrina melalui kanal YouTube miliknya.

"Suka banget nonton vidio kak sabrina kali ini, banyak banget informasi yang di depetin, terkhususnya untuk para cewek2. Apalgi masalah menstrual cup yang lagi ngetrend banget di sosial media, karna lagi banyak di review sama para influencer," ucap salah seorang warganet. "Klo ngobrol bareng Dr. Boyke selalu menarik dan banyak ilmu yg bermanfaat," terang lainnya. "Wow hampir aku mau pake menstrual cup, untung masih mikir2 thanks ilmunya," ucap lainnya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel