Ternyata Mudah, Ini 5 Langkah Bikin Es Kopi Susu Gula Aren Ala Kafe

Foto: Ternyata Mudah, Ini 5 Langkah Bikin Es Kopi Susu Gula Aren Ala Kafe



Ternyata membuat es kopi susu gula aren seperti yang dijual di kafe sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Cukup mengikuti 5 langkah saja dan tidak perlu menghabiskan banyak uang. Yuk, ikuti!

Kanal247.com - Saat ini coffee shop memang sedang menjamur di Tanah Air. Meski menu-menu di dalamnya hampir sama, para pecinta kopi kekinian tampaknya berusaha untuk mencoba setiap menu di coffee shop ternama.

Baca juga ...

Salah satu menu utama paling terkenal yakni "Es Kopi Susu Gula Aren". Biasanya minuman ini dibandrol dengan harga sekitar 20 ribu rupiah per gelasnya. Rasanya enak dan tentu manisnya pas, bukan?


Nah, ternyata es kopi susu gula aren bisa kamu bikin sendiri di rumah dengan harga yang jauh lebih murah. Ingin coba? Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Perhatikan 5 Bahan Utama Sebelum Mulai

Perhatikan 5 Bahan Utama Sebelum Mulai unsplash

Es kopi susu gula aren hanya mempunyai 5 bahan yang harus disiapkan, lho. Pertama tentu kopi, kopi yang digunakan adalah kopi bubuk hitam. Jika punya kopi hitam yang digiling langsung lebih baik, jika tidak ada kamu bisa pilih kopi Nescafe classic.

Bahan selanjutnya yakni susu cair, ini suka-suka banget. Susu sapi boleh, susu full cream yang bisa dibeli di supermaket juga tidak masalah. Lalu, siapkan gula aren juga. Jika tidak ada kamu bisa menggantinya dengan gula jawa. Dua bahan terakhir yakni es batu dan air. Nah, gampang kan bahannya!

2. Seduh Kopi dengan Takaran Pas

Seduh Kopi dengan Takaran Pas unsplash

Seduh 40 gram kopi bubuk atau setara dengan 3 sendok teh ke air panas 100 ml. Pastikan air panas benar-benar sudah mendidih sebelum dipakai menyeduh kopi, ya.

Jika kamu menggunakan Nescafe classic, kopi yang digunakan sekitar 2 sendok makan. Setelah kopi terseduh sempurna, sisihkan terlebih dahulu agar dingin.

3. Panaskan Susu Cair Hingga Agak Kental atau Berbusa

Panaskan Susu Cair Hingga Agak Kental atau Berbusa unsplash

Siapkan susu cair yang kamu pilih sebelumnya dengan takaran 200 ml. Panaskan hingga berubah menjadi 100 ml. Biasanya susu akan terlihat agak kental dibandingkan sebelumnya.

Menurut tips beberapa orang, susu cair rasa coconut yang bisa ditemui di supermarket membuat rasa makin mirip di coffee shop. Namun, jika tidak suka rasa tersebut cukup pilih susu full cream atau susu sapi saja. Usai dipanaskan, tunggu hingga dingin.

4. Cairkan Gula Aren, Jangan Sampai Gosong

Cairkan Gula Aren, Jangan Sampai Gosong unsplash

Langkah selanjutnya yakni mencairkan gula aren atau gula jawa. Aduk-aduk ketika mencairkan agar gula aren tidak gosong. Boleh memberikan tambahan air sedikit agar lebih mudah larut.

Proses penyeduhan kopi hingga mencairkan gula aren bisa dilakukan secara bersamaan atau dengan urutan dibolak-balik tidak masalah. Lalu, dinginkan gula aren cair.

5. Mulai Racik Semua Bahan di Gelas dengan Urutan

Mulai Racik Semua Bahan di Gelas dengan Urutan unsplash

Jika proses menyiapkan bahan-bahan boleh tidak beraturan, maka untuk racikan es kopi susu gula aren di gelas usahakan urut. Pertama, masukkan dulu gula aren cair sekitar 2 sendok teh atau sesuai dengan selera. Gula aren diletakkan paling awal agar bisa menikmati kopi susu sebelum diaduk hehe.

Selanjutnya masukkan es batu sesuai selera, baru deh susu masuk. Terakhir baru masukkan kopi. Ingat, pastikan semua bahan sudah dingin ketika diracik ya. Nah, es kopi susu gula aren siap dinikmati!

Eiiits... jika sedang ingin yang hangat kamu juga bisa membuatnya. Cukup buang es batu saja. Semua prosesnya sama, kok. Jika ingin hangat, kopi biarkan panas atau seduh ketika bahan-bahan lainnya beres.

Namun, susu cair tetap harus dingin agar racikan rasanya tidak rusak. Selamat mencoba! Ah ya, bikin minuman boba kekinian juga bisa dilakukan di rumah lho. Ikuti tipsnya di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel