Tak Selalu Lebih Murah , 7 Hal yang Cuma Ada di Aplikasi Belanja Online Ini Malah Bakal Kuras Dompet

Foto: Tak Selalu Lebih Murah , 7 Hal yang Cuma Ada di Aplikasi Belanja Online Ini Malah Bakal Kuras Dompet
WowKeren dan Kanal247


Belanja melalui aplikasi online tidak selalu murah, beberapa hal yang akan ditemui ini justru akan membuat dompet terkuras lebih cepat. Berani membuktikan?

Kanal247.com - Belanja secara online melalui aplikasi memang memudahkan kita untuk mendapatkan barang-barang secara cepat tanpa harus keluar rumah. Banyaknya diskon yang kerap dibuat oleh aplikasi-aplikasi belanja online pun tentu sangat menggoda.

Baca juga ...

Namun, ternyata belanja secara online tidak selalu mendapatkan harga lebih murah lho. Hal-hal yang cuma kamu temui di aplikasi belanja online ini justru sebenarnya lebih menguras dompet.


Penasaran apa saja dan bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu di sini.

1. Gratis Ongkir Sebenarnya Trik Agar Beli Lebih Banyak

Gratis Ongkir Sebenarnya Trik Agar Beli Lebih Banyak unsplash

Hampir semua aplikasi belanja online selalu menawarkan "free ongkir". Namun, sadarkah kamu ternyata ini hanya trik agar membeli lebih banyak? Pasalnya, biasanya mendapatkan gratis ongkos kirim pasti mempunyai minimal pembelian tertentu.

Sehingga, niat awalmu membeli satu barang akan gagal dan menambah lebih banyak demi gratis ongkir. Untuk menghindarinya, pilih tanggal-tanggal tertentu tanpa minimal pembelian saja. Kuncinya cukup sabar, kok hehe.

2. Flash Sale untuk Barang-barang Tertentu Bikin Buru-buru Beli

Flash Sale untuk Barang-barang Tertentu Bikin Buru-buru Beli unsplash

Siapa yang sering tergoda dengan flash sale di jam-jam tertentu di aplikasi belanja online? Potongan harga yang kerap ditunjukkan memang suka "menggoda iman", nih.

Namun, bisa jadi ini juga taktik menaikkan harga terlebih dulu kemudian diskon. Lebih baik cek di toko sebelah, apakah benar-benar lebih murah atau tidak. Jika harganya tak terlalu jauh kenapa harus buru-buru beli lewat flash sale?

3. Embel-embel Barang Limited Selalu Menarik Perhatian

Embel-embel Barang Limited Selalu Menarik Perhatian unsplash

Beberapa barang di aplikasi belanja online terkadang juga dilabeli "limited edition", nih. Hal itu tentu cukup menggoda lantaran memberikan kesan kamu mempunyai barang-barang yang jarang dipunya orang.

Tapi, pastikan dulu dong apakah barang-barang itu memang benar-benar hanya sedikit atau sekadar "label". Kalau barang terbatas pasti penjualnya sedikit, jika banyak berarti kamu kembaran dengan ratusan bahkan jutaan orang deh.

4. Beli Banyak, Dapat Diskon Lebih Besar

Beli Banyak, Dapat Diskon Lebih Besar unsplash

Taktik ini hampir mirip dengan bebas ongkir, nih. Biasanya ada beberapa toko di aplikasi belanja yang mempunyai penawaran beli lebih banyak mendapatkan diskon tambahan. Duh, ini hanya trik agar kamu mengeluarkan banyak uang.

Niat awal yang hanya beli barang-barang sesuai kebutuhan justru akan bergeser, bukan? Jadi lebih baik tutup mata saja dengan promosi semacam ini.

5. Barang Rekomendasi selalu Bikin Tergoda

Barang Rekomendasi selalu Bikin Tergoda unsplash

Biasanya di aplikasi belanja akan mempunyai nilai dari pembeli. Bahkan beberapa mempunyai daftar barang-barang paling sering dibeli.

Ini tentu akan membuat pikiran untuk membeli barang-barang tertentu mencuat, nih. Jika barangnya tidak terlalu dibutuhkan bukannya justru akan buang-buang uang? Duh, gagal deh buat irit. Mau?

6. Iklan Barang yang Pernah Dicari Muncul Terus-terusan

Iklan Barang yang Pernah Dicari Muncul Terus-terusan unsplash

Pernah merasa jika iklan di ponselmu adalah barang-barang yang pernah kamu cari di aplikasi belanja online? Ini juga taktik agar kamu semakin tergoda untuk beli, nih.

Ketika kamu menulis barang tertentu lewat aplikasi belanja, secara otomatis iklan akan memunculkannya. Jadi, lebih baik hanya melakukan pencarian ketika benar-benar akan beli. Agar menghindari "tergoda" beli padahal niat sebelumnya hanya kepo.

7. Pembayaran Via Mini Market

Pembayaran Via Mini Market unsplash

Pembayaran semakin mudah di aplikasi belanja online memang menjadi daya tarik utama, nih. Bahkan pembayaran via mini market bisa dilakukan untuk aplikasi belanja tertentu.

Memang tak terkesan mahal, tapi ketika bayarnya via mini market tentu mempunyai tambahan biaya admin. Kalau harga barang yang kamu beli secara online hanya murah beberapa ribu saja, tidak ada bedanya dong dengan toko?

Beli barang-barang tidak terlalu dibutuhkan di aplikasi belanja online juga akan membuatmu sulit menabung nih. Selain memikirkan masak-masak buat belanja online, ada taktik sederhana untuk melancarkan menyimpan uang kok. Coba deh praktikan tips di sini.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel