Pakai Sikat Gigi Bambu, Andien Ajari Anak Bersih-Bersih Pantai

Foto: Pakai Sikat Gigi Bambu, Andien Ajari Anak Bersih-Bersih Pantai Instagram
WowKeren dan Kanal247


Andien mengungkapkan alasannya mengapa ia mengajak putranya Askara Biru atau Kawa untuk membersihkan pantai. Menurutnya ini juga bisa menjadi kegiatan keluarga yang cukup seru.

Kanal247.com - Andien rupanya tengah bersemangat mengajarkan tentang kepedulian lingkungan kepada anaknya, Askara Biru atau Kawa. Menurut Andien, anak suka mencontoh apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekelilingnya. Karena itulah ia berusaha menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan kepada putranya tersebut.


Baca juga ...

"Jadi, anak itu merupakan imitator yang sangat ulung. Anak itu kalau dibilangin enggak akan bener (ngerti)," ujar Andien di kawasan Senayan, Jakarta Pusat belum lama ini. "Tapi, jika dipraktikkan dalam bentuk kegiatan, mereka akan mencontohkannya."

"Kita ini yang dewasa adalah agen perubahan yang amat krusial," tambah Andien. "Bagaimana kita bisa mencontohkan dan benar-benar melakukan perbuatan yang konkrit."

Salah satunya, penyanyi berusia 34 tahun itu mengajarkan putranya untuk membersihkan pantai. Menurut Andien, membersihkan pantai bisa menjadi kegiatan yang seru untuk menumbuhkan rasa peduli lingkungan bagi anak-anak.

"Yang paling penting adalah membuat itu (peduli lingkungan) menjadi hal yang seru," ungkap Andien. "Aku tuh sampai bilang gini, 'Ini tuh sebenarnya bisa jadi referensi kayak bagaimana sebuah keluarga menghabiskan waktu pada saat weekend gitu'."

Selain menanamkan rasa peduli lingkungan, aktifitas tersebut juga bisa menjadi momen yang spesial bagi keluarga. Apalagi Andien menilai anak-anak juga perlu diajak untuk menghabiskan waktu di alam luar.

"Ini tuh bisa jadi kegiatan yang menyenangkan banget dan pasti quality time-nya dapat," tutur Andien. "Terus kami juga bisa mengajarkan banyak sekali nilai, mencontohkan bagaimana yang baik (ke anak)."

"Sebenarnya, membawa anak ke alam itu sangat penting," lanjutnya. "Mereka harus melihat, alam yang ada di buku dan di kenyataan sangat berbeda. Banyak sampah."

Selain membersihkan sampah di pantai, sikap kepedulian lingkungan lainnya juga ditunjukkan Andien dengan memakai sikat gigi dari bambu. Andien rupanya sudah memakai sikat gigi berbahan bambu sejak 2017.

"Dari waktu aku kali pertama tahu sih (isu soal lingkungan)," ungkap Andien. "Ya sudah aku belum ganti sikat gigi lagi dari waktu itu."

Ia lalu mengungkapkan alasannya memilih menggunakan sikat gigi dari bambu. Andien melakukan hal ini karena rasa kepeduliannya terhadap banyaknya sampah di laut.

"Karena memang pada kenyataannya sikat gigi yang kali pertama kita pakai itu masih ada di laut loh. Entah di mana ini," pungkas Andien. "Jadi, bayangkan ada berapa kali kita ganti sikat gigi. Terus sedotan yang ada sekarang kan sekitar 93 juta ton per hari."

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel