Senasib Dibully Soal Nasionalisme, Anggun Pakai Cara Cerdas Ini 'Bela' Agnes Monica

Foto: Senasib Dibully Soal Nasionalisme, Anggun Pakai Cara Cerdas Ini 'Bela' Agnes Monica Instagram
WowKeren dan Kanal247


Anggun C. Sasmi ikut menceritakan tentang pengalamannya dibully karena menjadi warga negara Perancis, serta menyinggung soal kontroversi 'darah Indonesia' yang melibatkan Agnez Mo.

Kanal247.com - Kontroversi pengakuan Agnes Monica pada wawancaranya di Amerika Serikat, masih menjadi buah bibir hingga saat ini. Seperti yang telah diketahui, beredar video potongan wawancara dimana Agnez Mo menyebutkan bahwa ia sebenarnya tak memiliki darah Indonesia. Agnez lalu menjelaskan dirinya merupakan keturunan Jerman, Jepang dan China pada wawancara tersebut.


Baca juga ...

Pernyataan ini lantas mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sejumlah masyarakat menghujat Agnez dan mempertanyakan rasa nasionalismenya. Namun tak sedikit juga yang membela Agnez menilai agar wawancara itu dipahami secara keseluruhan.

Begitu juga dengan sejumlah publik figur Tanah Air yang memiliki reaksi beragam terkait pernyataan Agnez tersebut. Salah satu selebriti yang tampaknya ikut angkat bicara terkait kontroversi ini adalah Anggun. Meski tak menyebutkan nama Agnez secara langsung, Anggun menyebutkan tentang pro dan kontra "darah Indonesia" yang tengah hangat dibicarakan.

Melalui akun Twitter miliknya, Anggun menceritakan bagaimana ia sering dibully dan disebut sebagai "orang Perancis". Penyanyi yang juga dikenal dengan nama Anggun C. Sasmi itu memang sempat dibully karena pindah menjadi warga negara Perancis.

"Saya dibilang: Jangan ngaku2 orang Indonesia, elo tuh orang Prancis!" cuit Anggun pada Rabu (27/11). "Dia dibilang: Malu sama negara ya, sampai bilang enggak punya darah Indonesia sama sekali!"

Anggun kemudian memberikan pertanyaan bernada sindiran yang seolah ia tujukan untuk para haters. "Jadi yang penting apa dong, darah Indonesia atau paspor Indonesia?" tulis Anggun.

Penyanyi berusia 45 tahun ini kemudian menghimbau netizen agar tak buru-buru menghakimi seseorang hanya karena satu ucapan. "Yang paling penting adalah belajar "Tidak menghakimi orang". Gitu aja repot," lanjut Anggun.

Meski kini merupakan warga negara Perancis, Anggun memang tak pernah melupakan Indonesia dalam dirinya. Anggun kerap memperkenalkan diri berasal dari Indonesia dalam penampilannya. "Buat saya yang ganti kan cuma warna buku kecilnya (paspor). Tulang saya tetap putih dan darah saya merah. Saya tetap anak Indonesia," ujar Anggun dalam wawancaranya di masa lalu.

Sementara itu komentar Anggun tentang "darah dan paspor Indonesia" ini juga menuai banyak respon dari netizen. Sebagian besar netizen memuji tanggapan Anggun ini. Namun ada juga netizen yang menilai bahwa pernyataan Agnez memang kurang bijak diutarakan karena akan menimbulkan polemik di masyarakat.

"Cara setiap org mengekspresikan kecintaan pada negri ini berbeda beda...dan itu musti dihargai. Bhinneka itu jgn cuma lip service. Jadikan kenyataan...," komentar akun @GraceBinta***. "padahal mba Anggun kerap dibenturkan dengan #Agnezmo tapi bisa kasih komen bijak. Kejernihan berpikir seperti ini yg aku suka," komentar akun @filosofi***.

"Tapi ini justru jadi pembelajaran buat kita semua, mba Anggun. Kalo di Indonesia tuh sebetulnya sangat sangat sensitif klo ngomongin soal ras. Makanya isu seperti ini dgn sangat mudah membesar. Kita belum sepenuhnya dewasa sebagai bangsa yg besar & plural. So sad but it's TRUE!" komentar akun @transkri***. "kalau ke luar negeri dan di tanya sama orang sana dari mana mas? sy jawab Indonesia! sy nda perlu membawa bawa nenek moyang saya dari anu trus berimigrasi ke negara anu dan akhirnya ada anu dan anu...," komentar akun @AcchalR***.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel