Waspada, 7 Benda Sehari-hari Ini Wajib Sering Diganti Demi Kesehatan

Foto: Waspada, 7 Benda Sehari-hari Ini Wajib Sering Diganti Demi Kesehatan pinterest
WowKeren dan Kanal247


Benda-benda yang kerap dipakai setiap hari ternyata harus diganti secara rutin lantaran tidak baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya bahkan harus diganti sesering mungkin, apa saja?

Kanal247.com - Benda-benda mati yang tidak dikonsumi memang terkadang dikira tak memiliki masa kadaluwarsa. Namun, ternyata anggapan itu salah besar. Pasalnya, setiap barang ternyata mempunyai batas waktu pemakaian.

Baca juga ...

Barang-barang ini harus sering diganti lantaran banyak menyimpan kuman yang bisa jadi membawa banyak penyakit. Sehingga, akan lebih baik jika diganti secara rutin.


Rutin pergantian barang-barang ini dianggap sebagai sebuah bentuk usaha terhindar dari penyakit. Apa saja barang-barang itu? Cari tahu di sini.

1. Sikat Gigi Maksimal Digunakan 3 Bulan

Sikat Gigi Maksimal Digunakan 3 Bulan pinterest

Sudah bukan rahasia lagi jika sikat gigi memiliki batas pemakaian maksimal 3 bulan. Melihat dari fungsi sikat gigi pun menunjukkan jika banyak kuman yang akan bersarang di dalamnya.

Meski terlihat bersih, bukan berarti kuman-kuman di sikat gigi sudah hilang sepenuhnya. Lebih baik sering mengganti sikat gigi, setidaknya 3 bulan sekali. Atau jika terlihat sudah "mekar" maka, segera ganti.

2. Handuk Tempat Bersarangnya Kuman

Handuk Tempat Bersarangnya Kuman pinterest

Jika sikat gigi berbahaya karena menyimpan kuman dari dalam mulut, maka handuk tentu sama. Handuk akan menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman dari tubuh kita. Mencucinya dengan rutin pun bukan berarti akan menghindarkan kuman-kuman itu.

Ciri-ciri handuk harus diganti adalah ketika tidak lagi dapat menyerap air, itu berarti akan lebih banyak bakteri yang tumbuh pada permukaannya. Ganti handukmu ketika itu terjadi atau 1 hingga 3 tahun.

3. Spons Cuci Piring Usahakan Ganti Setiap Minggu

Spons Cuci Piring Usahakan Ganti Setiap Minggu pinterest

Spons cuci piring tentu memiliki bakteri dan kuman yang sangat banyak, mengingat benda itu berhubungan dengan makanan. Sehingga, alat pencuci ini harus diganti lebih sering agar terhindar dari kuman serta bakteri akibat makanan "sisa" itu.

Banyak sekali bakteri yang mudah tumbuh dari makanan-makanan sisa. Jika spons untuk mencuci piring jadi bersarangnya bakteri, bukan tidak mungkin akan menempel ke alat makan kita bukan? Seram!

4. Sisir Harus Dicuci Bersih dan Diganti Rutin

Sisir Harus Dicuci Bersih dan Diganti Rutin pinterest

Sisir juga menjadi salah satu benda wajib yang harus dibersihkan dan juga diganti. Sisir yang kotor bisa membuat rambut rusak, lho. Sehingga, akan lebih baik jika langsung membersihkannya dengan air dan sabun usai pemakaian.

Seorang penata rambut pun menyebutkan jika sisir setidaknya harus diganti 1 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit dari kuman yang tak bisa hilang meski sisir rutin dibersihkan.

5. Wadah Plastik yang Tergores Usahakan Diganti

Wadah Plastik yang Tergores Usahakan Diganti pinterest

Saat ini pemakaian wadah plastik memang semakin meningkat. Tidak mengherankan mengingat harganya yang lebih murah serta ringan dibawa bepergian. Namun, wadah plastik khususnya untuk makanan jika terkena goresan maka harus secepatnya diganti.

Goresan di benda plastik akan membuat makanan terkena racun yang berbahaya. Sehingga, usahakan untuk tidak membuat goresan sekecil apa pun di wadah plastik dan lebih baik menggantinya ketika sudah dipakai sekitar 6 bulan.

6. Sandal Bisa Membuat Kaki Infeksi

Sandal Bisa Membuat Kaki Infeksi pinterest

Sandal memang akan menghindarkan kita dari kuman yang terdapat di tanah atau alas yang diinjak. Namun, bukan berarti sandal tidak memiliki kuman sama sekali. Ingat, segala sesuatu yang dipakai oleh tubuh harus benar-benar dijaga kebersihannya.

Sandal harus dicuci secara teratur untuk mengurangi risiko infeksi. Selain itu, sandal sebaiknya diganti setiap 6 bulan sekali.

7. Semua Benda-benda yang Dipakai Tidur Punya Tanggal Kadaluwarsa

Semua Benda-benda yang Dipakai Tidur Punya Tanggal Kadaluwarsa pinterest

Siapa yang mengira jika benda-benda yang dipakai untuk tidur harus rutin diganti juga? Mulai dari bantal, guling, selimut, seprai, bahkan kasur, semuanya memiliki tanggal kadaluwarsa.

Pasalnya, ketika kita tidur organ-organ tubuh masih bekerja. Misalnya saja mengeluarkan keringat, inilah yang membuat benda-benda di dalam tempat tidur harus dibersihkan serta diganti. Kuman-kuman yang disebarkan lewat udara pun juga menjadi salah satu faktor.

Tenang, tak harus diganti dalam waktu dekat kok. Bantal, guling, dan seprai diganti sekitar 3 tahun, sedangkan kasur ketika berusia 8-10 tahun.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...