Selalu Jadi Sorotan, Aturan Pembebasan Wamil Bagi Grup K-Pop Bakal Kembali Dievaluasi

Foto: Selalu Jadi Sorotan, Aturan Pembebasan Wamil Bagi Grup K-Pop Bakal Kembali Dievaluasi Twitter
WowKeren dan Kanal247


Sudah banyak penggemar BTS yang berharap idolanya dibebaskan dari wajib militer. Hal ini karena BTS dianggap sudah mengharumkan negara Korea Selatan dengan prestasi lewat seni.

Kanal247.com - Topik pembebasan wajib militer bagi grup K-Pop sudah dibicarakan pemerintah Korea sejak tahun 2018 lalu.. Semua berawal dari para penggemar grup Bangtan Boys yang berharap agar idolanya dibebaskan dari tugas negara tersebut.


Baca juga ...

Bukan tanpa alasan, hal ini karena BTS dianggap sudah memberikan banyak prestasi dan keuntungan untuk negara dengan seni yang ditunjukkan. Namun topik ini tak memiliki proses kemajuan dengan alasan bahwa hanya pemain seni tradisional Korea berprestasi yang bisa lolos dari wajib militer.

Baru-baru ini Inspeksi Parlemen dari Komite Urusan Negara telah berlangsung. Ketua Eksekutif Kabinet, Noh Hyung Wook berujar bahwa pihaknya tampaknya harus kembali evaluasi pembebasan wajib militer bagi grup K-Pop.

"Kami tak punya pilihan lain tapi harus evaluasi kembali bagaimana pembebasan wajib militer bisa diterapkan untuk bintang K-Pop." ujarnya. "Kami harus memeriksa kembali jika seni yang dimasukkan hanya seni tradisional, atau harus memasukkan K-Pop karena situasi yang ada sekarang ini."

Anggota kongres Kim Byung Wook dari Partai Demokratis menyetujui hal tersebut. Ia menyebut bahwa aturan bisa diubah sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung.

"Pembebasan wajib militer harus diubah sesuai dengan waktu. BTS belakangan ini menuai tempat pertama di chart Billboard, dan berdasarkan laporan, mereka kontribusi terhadap ekonomi negara sekitar 5,3 triliun Won atau sekitar Rp 55 triliun," sahut Kim Byung Wook.

"Kalian pasti mengetahui grup K-Pop seperti BTS meningkatkan reputasi negara kami," lanjutnya. "Sebelumnya, Korea dikenal karena kimchi, bulgogi, atau Pergerakan Saemaeul kepada orang-orang asing. Tapi sekarang K-Pop menjadi industri paling berpengaruh."

Pihaknya mengaku telah mengetahui petisi yang dibuat netizen terkait pembebasan wajib militer bagi grup K-Pop. Selama ini, aturan pembebasan wamil diberikan kepada pekerja seni tradisional hingga atlet yang meraih medali emas di pertandingan olimpiade.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...